Waspadalah, Ini Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Wajib Diketahui

10/05/2019

Aki mobil tekor bisa membuat jengkel dan 'menderita'. Karenanya pemilik mobil perlu melakukan antisipasi sejak jauh-jauh hari agar hal ini tidak terjadi. Berikut beberapa penyebab aki mobil tekor yang wajib diketahui!

Jadi salah satu komponen vital pada mobil, keberadaan aki sering kali kurang diperhatikan bagi pemilik mobil. Baru mereka tersadar saat mobil tidak mau distarter, atau ada masalah pada kelistrikan, setelah dicek ternyata aki tekor. Untuk diketahui aki adalah sumber listrik pada kendaraan bermotor baik itu mobil maupun sepeda motor. Aki juga menstabilkan arus listrik dengan menyalurkannya sesuai kebutuhan.

Foto Interior Toyota Sienta, sederhana namun fungsional

Semua fitur elektrik pada mobil memerlukan daya listrik meski mesin mobil dalam kondisi dimatikan

>>> Ini Dia Caranya Memahami Kode Aki Mobil Toyota Anda

Saat aki mobil tekor alias kehabisan daya listrik semua komponen mobil yang operasionalnya membutuhkan daya listrik juga tidak berfungsi. Mobil tidak bisa distarter, lampu mobil tidak bisa menyala, AC tidak bisa hidup, fitur head unit dan berbagai fitur elektrik tidak berfungsi. Secara paling mudah saat aki mobil tekor mobil bakal mogok total, kecuali digelindingkan atau di dorong. Dalam situasi tertentu seperti di tengah perjalanan mengalami aki mobil tekor bikin 'menderita' dan menjengkelkan. Apalagi mobil mogok di lokasi yang jauh dari bengkel atau pemukiman penduduk.

Nah, karena aki mobil tekor bisa menimpa siapa saja, kapan saja dan dimana saja, dibutuhkan langkah antisipasi sejak jauh hari agar hal tersebut tidak terjadi termasuk mengetahui apa yang jadi penyebab aki mobil tekor. Secara garis besar, aki mobil tekor disebabkan tidak seimbangnya suplai daya dengan kebutuhan daya listrik. Mudahnya, antara pengisian dan pengeluaran tidak seimbang, lebih banyak daya yang keluar. Penyebabnya bermacam-macam seperti berikut:

1. Pemasangan aksesori

Dipaparkan salah satu pedagang aki, penyebab aki mobil tekor terbanyak adalah penggunaan aksesoris mobil berlebihan tanpa adanya penambahan daya. "Penyebab utamanya karena penggunaan aksesori mobil seperti upgrade sistem audio serta instalasi klakson dan lampu tambahan," tutur Sumarsih, pedagang aki dari Istana Motor, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

>>> Review mobil Toyota terlengkap dan terupdate hanya ada di sini

2. Mesin mobil lama tidak dihidupkan

Tampilan menarik All New Toyota Vios dari arah samping depan

Akan lebih baik jika mobil sering dipakai daripada nganggur

Mobil tidak dipakai dalam waktu lama dan tidak pernah dipanasi juga bisa membuat aki mobil tekor lebih cepat sebab dalam kondisi mesin mati pun aki masih mensuplai listrik ke berbagai komponen elektrik seperti GPS untuk mengetahui keberadaan mobil, pintu elektrik, jendela elektrik, immobilizer, keyless dan yang lain. "Mobil yang tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama juga bisa menyebabkan aki tekor," tambahnya.

>>> Ingin membeli mobil Toyota bekas dan terbaru, lihat daftar mobil dijual di sini

3. Kelalaian pengemudi

Kelalaian pengemudi juga bisa jadi salah satu penyebab aki mobil tekor karena listrik yang tersimpan terbuang secara percuma. Misalnya pengemudi lupa mematikan lampu utama saat mobil diparkir, menyalakan AC atau head unit dalam kondisi mesin mati

4. Alternator bermasalah

Alternator atau disebut juga dinamo ampere adalah komponen yang berfungsi mengubah energi gerak atau mekanis menjadi energi listrik arus bolak-balik. Alternator pula yang menjaga kondisi setrum pada aki tetap penuh pada saat mesin hidup hingga bisa menyuplai listrik ke berbagai komponen elektrik pada mobil. Saat Alternator bermasalah bisa dipastikan aki mobil tekor lebih cepat karena semua setrum yang tersimpan teralokasi ke komponen lain tanpa adanya 'isi ulang'.

>>> Tips Pemeriksaan Dinamo Ampere Pada Mobil Toyota Dengan Mudah

Foto komponen Alternator yang berfungsi mengubah energi gerak menjadi energi listrik pada mobil

Adanya Alternator membuat strum pada aki mobil selalu terisi

Sebagai kesimpulan, aki mobil memang memiliki usia standar pemakaian. Namun bisa jadi aki mobil tekor lebih cepat karena hal-hal di atas. Selain jangan pernah lalai, melakukan perawatan rutin ke bengkel resmi atau bengkel recommended jadi solusi paling mudah agar kondisi aki mobil selalu dalam pantauan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca