Waspada, Baca Tips Mencegah Pencurian Pelek Dan Ban Mobil Toyota Saat Parkir

04/02/2020

Mobil mempunyai bagian atau komponen yang harga jualnya cukup menggiurkan. Hal tersebut membuat seseorang mencoba mengambilnya untuk keuntungan pribadi. Baru-baru ini dikabarkan ada pencurian pelek yang berlangsung di salah satu rest area jalan tol. Dalam hal ini pemilik perlu waspada untuk mencegah pencurian pelek dan ban mobil.

Dilansir dari laman resmi Toyota, bahwasanya terdapat sebuah mobil yakni Toyota Rush warna hitam pelek dan ban sebelah kanan bagian belakang hilang. Pencurian ini dilakukan dengan mendongkrak mobil dan mengambil ban serta peleknya. Melihat kasus tersebut, tentunya banyak pemilik memikirkan cara mencegah pencurian pelek dan ban mobil yang tentunya meresahkan.

Yang membuat pemilik kesal adalah mobil yang sudah dicuri ban dan peleknya ditinggal dalam keadaan diganjal batu. Jika dilihat dari prosesnya, pencurian yang terjadi membutuhkan waktu dan juga tenaga, kisarannya adalah 5 sampai 10 menitan.

Para pemilik mobil Toyota diharapkan untuk selalu waspada. Apalagi saat pencuri mobil mengandalkan impact wrench untuk melakukan aksinya, tentu melepas ban merupakan perkara yang mudah.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah pencurian pelek dan ban mobil :

1. Ganti Kepala Nut

Gambar ini menunjukkan roda mobil dengan baut yang tidak lazim

Gunakan baut yang tidak biasa pada pelek mobil

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengganti kepala nut dengan bentuk yang tidak lazim. Sobat bisa memilih kembang ataupun kotak yang berada di dalam. Kalau soal harga memang beragam, akan tetapi biasanya penjual membanderolnya dengan harga mulai Rp. 30 ribu sampai Rp. 100 ribuan. Dengan mengeluarkan uang lebih bisa membuat mobil lebih aman tentu bukanlah masalah.

>>> Mau Modifikasi Pelek Toyota Calya? Ikuti Dulu Langkah Berikut Ini

2. Memakai Nut Terkunci

Gambar ini menunjukkan ban cadangan pada belakang mobil

Penggantian baut bisa jadi efektif untuk mencegah pencurian

Selanjutnya selain mengganti nut dengan model tidak lazim, tips mencegah pencurian pelek dan ban mobil Sobat juga bisa memakai model nut terkunci. Biasanya untuk model ini digunakan untuk mengunci ban cadangan di belakang mobil. Namun yang perlu diperhatikan adalah, saat menggunakannya akan ada sedikit vibrasi dan juga bunyi.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

3. Mengaktifkan Sensor Alarm Dan Getaran

Gambar ini menunjukkan kunci mobil yang  bisa digunakan untuk mengakifkan dan mematukan alarm

Saat alarm aktif maka akan ada bunyi saat mendeteksi guncangan pada mobil

Apabila mobil Sobat sudah mempunyai fitur alarm maka sebaiknya aktifkan kembali. Dengan melakukannya maka saat mobil berguncang maka alarm akan berbunyi dan menarik perhatian banyak orang disekitarnya. Sehingga saat ada yang akan berniat jahat tidak jadi melakukannya. Hanya saja saat parkir di tempat ramai maka sirine atau alarm akan mudah berbunyi.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

4. Memperhatikan Posisi Parkir

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil akan parkir

Parkirlah di tempat aman seperti dekat petugas parkir atau pos satpam

Saat melakukan parkir bisa menjadi penentu apakah mobil akan aman atau tidak. Jangan melakukan parkir di ujung atau tempat yang sekiranya sepi dan jauh dari penjaga parkir. Dengan melakukannya maka saat alarm berbunyi maka petugas bisa langsung mendatangi atau orang disekitar melihatnya. Selain itu, Sobat juga bisa melakukan parkir di tempat yang terpantau oleh CCTV. Pada area tersebut biasanya para pencuri tidak mau melakukannya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mencegah pencurian pelek dan ban mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Abdul

    Seiring berjalannya waktu permintaan mobil premium semakin meningkat. Saat ini mobil premium tidak hanya didominasi oleh mobil tipe sedan. Untuk menunjang jumlah penumpang yang lebih banyak, tak sedikit pabrikan meluncurkan kabin mobil yang lebih lapang, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan untuk segmentasi mobil premium. Kali ini pembahasan mengenai Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard.

  • Berisi Info Penting, Cara Cepat Baca Buku Manual Kendaraan Perlu Diperhatikan

    Berisi Info Penting, Cara Cepat Baca Buku Manual Kendaraan Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Buku manual kendaraan biasanya akan didapatkan saat membeli mobil dalam kondisi baru. Di dalamnya terdapat banyak informasi penting yang dibutuhkan pemilik kendaraan dari mulai soal garansi, perawatan sampai penggunaan fitur di dalam kendaraan.

  • Mengetahui Penyebab Harga Mobil Bekas Turun Supaya Tetap Terjaga

    Mengetahui Penyebab Harga Mobil Bekas Turun Supaya Tetap Terjaga

    Abdul

    Di tengah pandemi Covid-19 saat ini adalah waktu yang tepat membeli mobil bekas.Pasalnya, harga mobil bekas turun hingga 30 juta rupiah. Bahkan ada penjual yang mengklaim bahwa membeli mobil di kondisi sekarang bisa untung.

International