Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

30/11/2019

Memasuki musim hujan tentu akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada saat kondisi tersebut akan ada potensi yang bisa membahayakan seperti pohon yang tumbang atau objek lain yang ukurannya besar. Apalagi kondisinya dibarengi dengan angin yang kencang, maka resikonya jadi semakin tinggi. Bagi pengendara mobil sebaiknya menghindari pohon tumbang untuk keamanan.

Tujuan menghindari pohon tumbang adalah sebagai salah satu langkah agar dapat selamat sampai tujuan. Mengingat hal tersebut bisa menimpa mobil yang dapat menyebabkan kerusakan dan membuat pengendara dan penumpang cedera. Bahkan resikonya tidak pada saat berhenti saja, namun ketika mobil sedang melaju tiba-tiba ada pohon yang tumbang ke jalan.

Melihat penjelasan di atas, lantas bagaimana langkah untuk menghindarinya?

1. Memantau Perkembangan Cuaca

Gambar ini menunjukkan 2 mobil dan yang satu tertimpa pohon tumbang

Cuaca tidak bisa diprediksi dan kita tidak tahu kapan pohon tua akan tumbang

Di zaman sekarang semuanya sudah modern, perkiraan cuaca suatu tempat dapat diakses melalui smartphone. Sehingga saat ingin pergi ke suatu tempat bisa diperkirakan apakah di lokasi tujuan akan turun hujan atau tidak. Jika ternyata perkiraannya akan turun hujan yang lebat dibarengi dengan angin yang kencang maka alangkah baiknya melakukan perjalanan di lain hari.

Selanjutnya dengan memanfaatkan peta digital dapat memilih rute yang aman dari potensi terjadinya kemacetan panjang atau daerah yang banyak pepohonan yang tua dan rawan tumbang. Pantau juga media sosial seperti akun resmi Polisi, pengelola jalan tol, media online dan akun lain karena biasanya akan ada kabar terbaru mengenai kondisi di suatu tempat.

>>> Baca Juga, Musim Penghujan Telah Tiba, Begini Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima

2. Selalu Waspada Dalam Perjalanan

Gambar ini menunjukkan 2 buah mobil tertimpa pohon tumbang

Ingat keselamatan yang paling utama, keluarga menunggu di rumah

Memang kondisi cuaca hanya bisa diperkirakan saja, tidak ada kepastian dalam prediksi. Hanya saja saat diprediksi cuaca akan cerah tapi ternyata turun hujan lebat maka sebaiknya selalu fokus terhadap jalan. Kewaspadaan juga perlu ditingkatkan dan yang terpenting kurangi kecepatan kendaraan. Dengan berjalan pelan maka saat ingin menghindari pohon tumbang atau ada objek yang akan jatuh seperti tiang listrik dan lainnya bisa mengetahui jika ada objek yang akan tumbang.

>>> Baca juga, Tetap Waspada Saat Berkendara Di Jalan Tergenang!

3. Jangan Panik Dan Tetap Fokus

Jangan terlalu panik tetap fokus, apabila jatuhnya menuju ke jalur yang akan dilalui lebih baik angkat kaki dari jalan tersebut atau melakukan pengereman jika tidak ada jalur lain sambil melihat kondisi sekeliling. Jangan lakukan manuver berlebih atau mengerem mendadak karena bisa menyebabkan resiko terjadinya kecelakaan.

Gambar ini menunjukkan 2 buah mobil dan ada pohn yang tumbang

Selalu waspada dan fokus agar bisa ambil langkah antisipasi saat ada pohon tumbang

Pada umumnya pengereman mendadak yang dilakukan oleh pengemudi saat obyek yang tumbang tepat berada di depan atau karena laju mobil terlalu cepat. Jika melaju perlahan maka sesuaikanlah daya pengereman dengan melihat situasi sekitar dan juga spion di belakang mobil.

Apabila ternyata pohon tumbang di dekat mobil maka pantau lewat spion. Apabila pohon yang tumbang di sebelah kanan maka sebaiknya lihat spion sebelah kiri begitu juga sebaliknya, sehingga saat dibutuhkan bisa melakukan manuver dengan aman. Namun ketika melakukannya sebaiknya jangan terlalu agresif, hal tersebut karena saat jalanan basah karena hujan akan berubah jadi licin. Apabila dirasa sudah aman sebaiknya tepikan kendaraan dan melihat kondisi mobil.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

4. Parkir Mobil

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil terparkir di dalam gedung

Di dalam gedung menjadi tempat aman saat parkir

Apabila ingin parkir dalam kondisi hujan lebat atau berpotensi akan turun hujan maka sebaiknya mencari tempat yang aman. Hindari parkir di tempat yang dekat dengan pohon tua, tiang listrik, billboard dan objek lain yang berpotensi roboh terkena angin kencang. Kalau ada lebih baik parkir di gedung parkir karena lebih aman. Jika memang terpaksa harus parkir di luar gedung sebaiknya memastikan tidak ada resiko kejatuhan objek.

Demikianlah informasi mengenai tips menghindari pohon tumbang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya hanya di Konsultan Mobil HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Abdul

    Di Indonesia pasar LSUV (Low Sport Utility Vehicle) sudah dimulai sejak tahun 1980. Hanya saja untuk Toyota Rush dihadirkan pertama kali pada tahun 2006. Sampai saat ini sudah dilakukan beberapa pembaruan sehingga tampil semakin modern dan juga menarik. Lantas apa yang baru pada Toyota Rush 2019?

  • Servis Berkala 1 Bulan Pertama Di Bengkel Resmi Toyota Pentingkah?, Ini Alasannya

    Servis Berkala 1 Bulan Pertama Di Bengkel Resmi Toyota Pentingkah?, Ini Alasannya

    Abdul

    Membeli mobil baru memang sesuatu yang membanggakan, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti servis berkala 1 bulan pertama. Kadang muncul sebuah pertanyaan mengenai hal tersebut, mobil baru kenapa harus servis di bulan pertama?

  • Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

    Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

    Franky Pratama

    Melihat penjualan mobil bekas yang kian meningkat, tentu pembaca setia juga harus tahu tips membeli mobil bekas supaya tidak tertipu. Akan dijelaskan banyak hal sehingga Anda tidak salah memilih dan merasa puas merasakannya. Untuk selengkapnya, berikut kita simak tips membeli mobil bekas.