Untuk Keselamatan, Baca Tips Agar Perjalanan Aman Saat Musim Hujan

19/12/2019

Musim hujan tiba, pengendara diharapkan untuk berhati-hati selama perjalanan. Resiko terjadi kecelakaan saat turun hujan menjadi semakin besar. Pada kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tips supaya perjalanan aman saat musim hujan.

Berikut ini merupakan tips supaya perjalanan aman saat musim hujan:

Adapun hal pertama yang perlu diperhatikan adalah saat ingin bepergian sebaiknya perlengkapan pada mobil bisa berfungsi dengan semestinya. Periksalah mulai dari lampu-lampu meliputi lampu depan, belakang, rem, sein dan fog lamp jika ada. Pastikan semuanya bekerja dengan semestinya sehingga meningkatkan keamanan selama berkendara dengan mobil kesayangan. Disamping itu, periksa juga ban mobil mulai dari tekanan angin sampai permukaannya apakah masih bagus atau sudah botak.

Gambar ini menunjukkan mobil melaju tampak depan

Cek sebelum menempuh perjalanan terutama saat musim hujan

>>> Baca Juga, Musim Penghujan Telah Tiba, Begini Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Pada saat musim hujan resiko hydroplaning dapat dialami oleh pengendara jadi semakin besar. Untuk mencegahnya adalah dengan membatasi kecepatan kendaraan. Hydroplaning bisa membuat ban mobil kehilangan daya cengkram terhadap jalanan dan bisa sulit dikendalikan saat hal tersebut terjadi.

Agar perjalanan aman saat musim hujan, tips selanjutnya adalah dengan menghindari genangan air karena beresiko tergelincir dan terjadi hydroplaning. Hindari juga melaju di bahu jalan karena juga mempunyai resiko.

Wiper kaca depan menjadi salah satu bagian yang sangat penting saat musim hujan. Hal tersebut dikarenakan fungsinya untuk menyapu air sehingga visibilitas pengendara saat musim hujan lebih maksimal. Jika bagian ini bermasalah maka visibilitas pengendara jadi distorsi.

Jarak dengan mobil didepan juga perlu diperhatikan, dengan jarak yang aman maka akan terhindar dari terjadinya kecelakaan. Jadi pada saat mobil depan melakukan pengereman mendadak maka Sobat bisa mengambil langkah antisipasi. Jika terlalu dekat maka resiko kecelakaan jadi besar dan bisa berakibat menjadi tabrakan beruntun.

>>> Baca juga, Tetap Waspada Saat Berkendara Di Jalan Tergenang!

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di musim hujan

Utamakan keselamatan dan jangan ngebut saat hujan

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Soal parkir juga perlu diperhatikan, jadi ketika perlu melakukan parkir secara mendadak tidak boleh sembarangan. Meskipun dirasa sudah aman tapi untuk pengendara lain belum tentu apabila sedang hilang kendali. Apabila diharuskan untuk melakukan parkir secara singkat karena dalam keadaan darurat maka sebaiknya lampu darurat dinyalakan.

Dengan mengandalkan radio bisa digunakan untuk mengetahui informasi tentang kondisi cuaca dan juga lainnya. Namun sebaiknya menghindari kegiatan lain selain mengemudi seperti makan, telepon dan juga aktivitas lain yang beresiko mengganggu konsentrasi berkendara. Saat konsentrasi terganggu maka dalam mengendalikan mobil jadi kurang maksimal.

Sebaiknya menghindari melakukan pengereman secara mendadak. Karena jika melakukannya maka bisa membuat mobil kehilangan kontrol dan meluncur ke arah depan. Apabila di depan ada kendaraan lain maka bisa beresiko menabrak.

Cruise control memang dapat digunakan namun sebaiknya jangan menggunakanya. Meskipun dapat mempertahankan kecepatan namun sebaiknya tidak menggunakannya, karena resikonya bisa terjadi hydroplaning. Oleh sebab itulah kendalikan mobil secara manual supaya lebih aman.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di musim hujan dengan lampu belakang menyala

Saat hujan mengemudi harus lebih fokus

Adapun tips terkahir supaya perjalanan aman saat musim hujan adalah selalu waspada dan tetap fokus. Apalagi saat musim hujan bisa menjadi pembelajar dalam pengemudian. Jadi mengemudi mobil ketika hujan bisa meningkatkan visibilitas dan juga membuat kemampuan berkendara mengalami peningkatan.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mau Membeli Mobil, Pikirkan Juga Garasinya Guys!

    Mau Membeli Mobil, Pikirkan Juga Garasinya Guys!

    Fatchur Sag

    Jangan asal punya mobil, Anda juga harus memikirkan garasinya saat berencana membeli mobil baru agar tidak jadi masalah di kemudian hari buat masyarakat umum.

  • Mengenal Perbedaan Mesin Hybrid Dan Plug-in Hybrid Pada Mobil Toyota

    Mengenal Perbedaan Mesin Hybrid Dan Plug-in Hybrid Pada Mobil Toyota

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil ternama yang memasarkan produknya ke berbagai negara di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Bahkan Toyota juga menjadi pionir mobil ramah lingkungan yang terus melakukan inovasi dalam menciptakan mesin yang mempunyai efisiensi cukup tinggi. Seperti misalnya Toyota Prius yang menggunakan mesin Hybrid. Pembahasan kali ini adalah perbedaan mesin Hybrid dan Plug-in Hybrid?

  • Mengetahui Gejala Power Steering Mobil Toyota Rusak

    Mengetahui Gejala Power Steering Mobil Toyota Rusak

    Abdul

    Di zaman sekarang mobil sudah menggunakan teknologi modern, begitupun pada mobil besutan Toyota. Salah satu teknologi yang terdapat pada kemudi mobil adalah Power Steering. Yang mana dengan adanya fitur ini dapat membantu pengendalian mobil. Namun ada gejala Power Steering mobil Toyota rusak yang perlu diperhatikan.