Toyota Rush Terbaru Punya Tombol Fitur TRC Off, Ini Fungsi Dan Penggunaannya

29/12/2020

Toyota Rush merupakan salah satu produk Toyota yang masuk dalam segmen SUV. Seperti yang kita ketahui bahwa segmen tersebut merupakan digandrungi oleh konsumen yang berjiwa petualang. Banyak fitur dan keunggulan yang dimiliki. Namun dalam pembahasan kali ini mengenai tombol fitur TRC Off.

Pemberian fitur mumpuni bertujuan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan serta keselamatan pengendara dan penumpang. Seseorang naik kendaraan tentu menginginkan selamat sampai tujuan dan tetap nyaman ketika di dalamnya. Lantas apa sebenarnya fungsi dan cara menggunakan tombol fitur TRC Off  pada mobil Toyota Rush?

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Rush terbaru

Toyota Rush mobil SUV segala medan

>>> Lihat Juga, Ingin Toyota Rush Lawas Anda Lebih Enak Suspensinya? Ganti Suspensinya Dengan Versi Ultimo!

Sebelumnya, adapun kepanjangan dari TRC Off yaitu Traction Control Off atau lebih mudahnya adalah Kontrol Traksi Mati. Jadi fungsi tombol tersebut adalah untuk menonaktifkan atau membuat tidak berfungsi fitur kontrol traksi yang terdapat pada mobil Toyota rush terbaru. Jadi bila sobat berniat untuk mematikan fitur kontrol traksi tinggal menekan tombol saja dalam waktu 2 detik.

Masih berhubungan dengan tombol Traction Control Off. Dengan adanya kontrol traksi maka traksi ban akan tetap terjaga ketika sedang berjalan. Sistem kerjanya mengandalkan sensor ABS yang terdapat pada rem mobil. Jika kondisinya selalu aktif maka akan menjaga traksi dalam segala medan dan kondisi jalanan. Meskipun begitu, di Toyota Rush terbaru dapat dimatikan dengan hanya menekan tombol saja. Lantas mengapa dimatikan?

Jadi terdapat alasan mengapa diberikan tombol untuk mematikan kontrol traksi. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kadang kala pengendara akan menemui jalanan tertentu atau tidak biasa yang membutuhkan tenaga penuh tanpa adanya intervensi yang berasal dari kontrol traksi.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan tombol fitur TRC Off Pada Toyota Rush terbaru

Hanya dengan menekan tombol saja fitur Traction Control sudah tidak aktif

>>> Baca Juga, Ini Keunggulan Yang Paling Dicari Dari Konsumen Toyota Rush Berkonde

Adapun contoh dimana tombol fitur TRC Off digunakan adalah pada saat melalui jalanan gravel, tanah atau salju. Bisa juga ketika melewati tanjakan yang licin dan curam serta saat roda terjebak di dalam lumpur.

Pada saat Kontrol Traksi aktif maka dalam kondisi di atas maka sensor akan membaca bahwa roda sedang hilang traksinya. Dengan begitu pengereman akan terjadi di bagian roda yang mengalami selip karena sistem ABS diperintah oleh komputer. Tidak hanya itu saja komputer juga bisa saja memutus pasukan BBM. Jika sudah begitu maka roda tidak dapat berputar dan mobil juga tidak dapat melaju meskipun Sobat menekan pedal gas sampai penuh.

Ketika jalanan tanah dan juga licin atau sedang terjebak di dalam lumpur maka ban yang selip kinerjanya sangat dibutuhkan supaya lumpur terbuang dan bisa dapat traksi.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur Traction Control System

Mematikan fitur Traction Control pada medan tertentu

Sekarang sudah tahu bukan mengapa ada tombol fitur TRC Off dan penggunaannya. Jadi dalam kondisi tertentu fitur tersebut bisa menjadi sangat berguna.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International