Toyota Hiace Kurang Tenaga, Ini Penyebab Dan Solusinya!

22/12/2018

Mempunyai Toyota Hiace dalam kondisi maksimal tentunya akan lebih menyenangkan saat digunakan untuk bepergian. Namun jika bermasalah atau tenaganya kurang akan membuat perjalanan jadi membosankan dan kurang nyaman. Umumnya penyebab Toyota Hiace kurang tenaga adalah terjadinya kerusakan pada sektor mesin dan juga kualitas oli yang kurang baik.

Dalam mengetahui penyebab Toyota Hiace kurang tenaga secara menyeluruh, perlu dilakukan beberapa pengecekan. Dengan melakukannya nanti akan diketahui kejelasan dari masalah tersebut dan bisa diatasi dengan baik dan benar. Berikut  beberapa pengecekan yang dapat dilakukan.

1. Melakukan Pengecekan Pada Kondisi Toyota Hiace

Gambar ini menunjukkan Toyota Hiace warna putih tampak depan dan samping

Dengan pengecekan dan perawatan rutin menjadikan kondisinya tetap prima

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah cek pada bagian mesin Toyota Hiace. Apakah penyebabnya seperti pelumasan yang tidak maksimal atau terdapat part yang sudah aus dan perlu diganti. Jika sudah diketahui penyebabnya tentu akan mudah dalam perbaikan. Untuk langkah perbaikan dengan memperbaiki part yang rusak dan melakukan penggantian dengan yang lebih berkualitas.

2. Melakukan Servis

Pada umumnya mobil Toyota Hiace kurang tenaga diakibatkan oleh kelalaian pemiliknya dalam melakukan servis secara berkala. Jadi jangan sampai tidak melakukan perawatan rutin di bengkel resmi agar kondisinya tetap maksimal. Apabila sudah terlanjur, maka solusinya adalah dengan melakukan perawatan berikut ini:

>>> Baca juga, Begini Tips Merawat Mesin Toyota Hiace Agar Tetap Prima

a. Tune Up

Melakukan tune up menjadi pilihan tepat untuk mengembalikan performa Toyota Hiace. Untuk tune up sendiri nantinya akan dilakukan pengecekan menyeluruh dan penyetelan ulang serta pembersihan mesin dari karbon. Hasil Yang didapat adalah kendaraan seperti kembali menjadi baru.

Gambar ini menunjukkan bengkel resmi Toyota dan terdapat beberapa mekanik sedang melakukan pekerjaannya

Bengkel resmi Toyota mempunyai mekanik handal yang telah teruji

b. Pemasangan JS One

Adapun selanjutnya untuk mengembalikan performa Toyota Hiace kurang tenaga adalah dengan memasang JS One. JS One merupakan chip yang mempunyai fungsi untuk membantu pengendara dalam memaksimalkan penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien dan memberi bantuan agar akselerasi kendaraan jadi lebih tinggi. JS One telah terbukti akan menangani masalah tersebut dan sudah digunakan oleh banyak komunitas untuk menghemat bahan bakar.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga Mobil Toyota terbaru

c. Remap-Reflash-Tuning ECU Mobil

Perlu diketahui bahwa untuk ECU telah dilakukan penyetingan oleh pihak produsen mobil sedemikian rupa. Penyetingan dilakukan untuk mematuhi regulasi dengan range harga tertentu pada sebuah kendaraan. Dengan begitu tenaga yang dihasilkan dapat sesuai dengan yang telah ditentukan.

Sebagai contoh untuk kendaraan dengan harga kisaran Rp. 500 juta ,maka tenaga yang dimiliki (HP) harus berada pada kisaran 200 Hp. Akan tetapi dengan adanya penyetingan tersebut mobil terasa lebih berat dan lemah yang berakibat tarikan mesin kurang maksimal.

Sedangkan untuk reflash atau remap biasanya juga disebut tuning merupakan salah satu langkah untuk mengkalibrasi ulang yang nantinya menghilangkan batasan penyetelan pada ECU sehingga tenaga mesin dapat maksimal. Nah bagi sobat yang mengalami masalah Toyota Hiace kurang tenaga maka melakukan hal ini adalah solusinya.

>>> Baca Juga, Beberapa Tips Mencegah Kebocoran Radiator Pada Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil Toyota Hiace sedang terparkir di samping dinding tampak bagian depan

Segera lakukan pengecekan dan perbaikan jika merasa tenaga Toyota Hiace kurang maksimal

Terdapat beberapa manfaat yang didapat jika melakukan remap atau reflash pada Toyota Hiace. Apa sajakah itu? berikut manfaatnya:

  • Kecepatan mobil bertambah
  • Torsi mobil lebih nyaman untuk dikendarai
  • Efisiensi penggunaan bahan bakar
  • Tenaga mobil menjadi lebih besar
  • Tarikan mobil menjadi lebih enteng
  • Akselerasi mobil meningkat

Sebenarnya untuk mengatasi masalah Toyota Hiace kurang tenaga ada cara lain yang dapat dilakukan. Akan tetapi banyak pemilik yang memilih cara ini karena lebih efektif dan sudah banyak yang merasakan manfaatnya. Namun bagi sobat yang ingin melakukannya, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada mekanik bengkel terpercaya menurut sobat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Masalah Yang Sering Terjadi Pada Radiator Mobil

    Masalah Yang Sering Terjadi Pada Radiator Mobil

    Abdul

    Bagi yang akrab dengan otomotif pasti mengenal dengan yang namanya radiator mobil. Salah satu komponen yang terdapat di mobil ini memiliki fungsi sebagai pendingin mesin mobil. Komponen yang juga berbentuk kotak ini tetap menjaga suhu dalam mesin agar tetap stabil dan terhindar dari panas berlebih (​overheat).

  • Mencuci Kolong Mobil Saat #DiRumahAja, Jangan Lewatkan Bagian-Bagian Ini

    Mencuci Kolong Mobil Saat #DiRumahAja, Jangan Lewatkan Bagian-Bagian Ini

    Abdul

    Selama pandemi corona masih berlangsung, masyarakat diminta untuk mengurangi segala aktivitasnya. Selain itu, diharapkan tetap #DiRumahAja untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Salah satu hal yang dapat dilakukan ketika di rumah adalah mencuci kolong mobil.

  • Melihat Modifikasi Toyota Alphard, Tampilan Lebih Mewah Pada Eksterior & Interior

    Melihat Modifikasi Toyota Alphard, Tampilan Lebih Mewah Pada Eksterior & Interior

    Abdul

    Ketika membahas tentang dunia modifikasi, maka semua mobil dapat dilakukan perubahan sehingga tampil lebih menarik dan berbeda. Salah satunya adalah modifikasi Toyota Alphard, bawaannya saja sudah mewah apalagi kalau dimodifikasi, tentu lebih mewah lagi.