Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

02/03/2021

Segmen mobil sedan cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dari segi tampilan memang sangat menarik dan juga sporty. Salah satu dalam segmen ini adalah mobil Toyota Corolla Altis. Mobil ini memiliki 2 pilihan mesin yakni mesin bensin dan hybrid. Nah kali ini kami akan membahas konsumsi BBM kedua varian mesin tersebut?

Kalau dari segi fitur dan performa, mobil Toyota Corolla Altis dengan mesin berbeda tidak terlalu banyak perbedaan. Pada versi hybrid mengandalkan motor listrik dalam meningkatkan performa yang dimiliki. Dengan begitu konsumsi bahan bakar jadi sangat irit. Oleh sebab itu timbul rasa penasaran terkait konsumsi bahan bakar dari versi bensin dan hybrid.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Corolla Altis

Perbedaan spesifikasi tidak terlalu jauh

>>> Baca Juga, Toyota Corolla Altis Hybrid, Fitur Lengkap Tingkatkan Kenyamanan Dan Keselamatan Berkendara

Konsumsi Bahan Bakar versi Bensin

Performa dan fitur yang dimiliki Corolla Altis memang sangat canggih. Sebagai sebuah kendaraan sedan yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas, mesin yang diberikan di dalamnya sangatlah tangguh. Meskipun begitu soal bahan bakar tergolong hemat BBM. Mesin yang digunakan adalah 4 silinder yang mempunyai kapasitas 1.798 cc dengan 16 katup yang memiliki tipe DOHC.

Teknologi yang disematkan di dalamnya adalah VVT-i yang terkenal ketangguhan dan dapat diandalkan performanya. Kapasitas tangki bahan bakar adalah 50 liter dan sudah dibekali sistem EFI di dalamnya. Tenaga maksimal yang bisa didapatkan adalah 140 Ps dan torsinya 17,5 Hgm berpadu dengan sistem transmisi CVT 7 speed untuk tipe V dan G.

Informasi tentang data dilansir dari laman Tunastoyota. Bahan bakar yang dibutuhkan adalah 19,6 km untuk per liternya. Angka tersebut didapatkan dengan mobil dikendarai dalam kecepatan 90 km/jam untuk rata-ratanya saat melintasi rute yang bebas hambatan. Sementara itu, untuk data rute dalam kota menunjukkan 14 km untuk per liternya dengan kecepatan rata-ratanya adalah 22 km/jam.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Corolla Altis versi bensin

Mobil sedan Toyota dengan fitur dan teknologi canggih

>>> Lihat Juga, Bersama Toyota Safety Sense, Ini Dia 4 Fitur Keselamatan Baru Toyota Corolla Altis 2019

Mobil sedan Toyota ini dapat melaku dari 0 km/jam sampai 100 km/jam dalam kurun waktu 10,9 detik saja. Melihat hal tersebut, mobil ini dapat digunakan untuk melakukan aktivitas keseharian.

Konsumsi BBM Versi Hybrid

Menuju ke mobil Toyota Corolla Altis Hybrid. Teknologi canggih diberikan di dalamnya dipadukan dengan ketangguhan performanya. Mengandalkan mesin ganda yakni motor listrik dan bensin tentunya sudah bisa diperkirakan bahwa mobil ini sangatlah irit. Dengan mengandalkan 2 mesin di dalamnya, saat mobil melaju di angka 20 km/jam keatas bahan bakar yang dikonsumsi tidak terlalu banyak saat digunakan dalam perjalanan jauh.

Mesin yang digunakan mobil versi hybrid ini berkode 2ZR-FXE 4 silinder dengan 16 katup. Kapasitas silindernya mencapai 1.798 cc dipadukan dengan teknologi VVT-i yang menggunakan transmisi otomatis CVT. Tangki bahan bakar yang digunakan dapat menampung 43 liter. Tenaga yang didapatkan oleh mesin tersebut adalah 95 Ps dan torsinya mencapai 14.47 Kgm.

Bahkan mobil ini menjadi salah satu kendaraan yang dimasukkan dalam daftar unit mobil yang mempunyai konsumsi bahan bakar paling irit diantara kendaraan yang dimiliki Toyota dengan mesin hybrid. Hal tersebut dibuktikan oleh Toyota Electrified Vehicle Journalist Test Drive.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Corolla Altis versi Hybrid

Mesin hybrid menggunakan 2 mesin yakni konvensional dan motor listrik

Mengandalkan tenaga yang besar membuat mobil Corolla Altis bisa mencatatkan penggunaan rata-rata BBM di angka 26 km untuk per liternya. Posisinya menjadi nomor dua, sementara yang pertama diduduki oleh mobil Toyota C-HR yang menjadi paling hemat.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Abdul

    Saat ini mobil sudah banyak digunakan untuk menjalankan segala aktivitas keseharian. Selain itu, bagi yang tidak memiliki mobil ketika ingin bepergian cukup jauh maka akan menyewa mobil supaya lebih nyaman. Mobil Toyota sendiri menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, begitupun oleh para wanita.

  • Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Abdul

    Toyota Yaris diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2006. Model tersebut menjadi generasi pertama dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Kala itu di Tanah Air, kendaraan dalam segmen yang sama yakni Hatchback didominasi oleh Honda Jazz. Lantas apa kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris generasi pertama.

  • Berniat Beli Suku Cadang Toyota? Berikut Cara Bedakan Asli Dan KW

    Berniat Beli Suku Cadang Toyota? Berikut Cara Bedakan Asli Dan KW

    Abdul

    Mobil Toyota menjadi salah satu jenis kendaraan yang diminati oleh banyak kalangan. Salah satu faktornya adalah suku cadangnya yang melimpah dengan harga terbilang murah. Hanya saja tidak sedikit juga sparepart Toyota palsu atau KW yang beredar di pasaran. Oleh sebab itulah perlu hati-hati saat beli suku cadang Toyota.

International