Toyota C-HR Hybrid Dan C-HR Biasa, Siapa Yang Biaya Perawatannya Lebih Hemat?

20/09/2019

Toyota C-HR Hybrid dan C-HR biasa harus bersaing dalam banyak hal, termasuk dalam biaya perawatan. Lalu, siapa yang lebih hemat diantara keduanya?

PT Toyota Astra Motor (TAM) memasukkan C-HR Hybrid sebagai line up mobil untuk model ramah lingkungan menemani model yang sudah dipasarkan lebih dulu, Alphard Hybrid dan Camry Hybrid. Dari sisi penampilan, luar hampir tidak berbeda antara C-HR Hybrid dengan versi biasa selain emblem hybrid di beberapa bagian dan logo yang memiliki sinar biru. Namun, untuk kecanggihan teknologi Toyota C-HR Hybrid lebih unggul. Selain lebih nyaman karena suara mesin nyaris tak terdengar, C-HR hybrid juga lebih hemat bahan bakar. Lalu bagaimana dengan biaya perawatan?

Foto menunjukkan Toyota C-HR Hybrid saat diluncurkan di Indonesia

Tampilan eksterior Toyota C-HR Hybrid bernuansa sejuk

Tak dipungkiri adanya perbedaan pada jantung mekanis Toyota C-HR Hybrid dengan yang versi biasa menimbulkan asumsi perawatan serta biayanya juga berbeda. Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, anggapan tersebut tidak salah. Namun perbedaan yang ada juga tak terlalu siginifikan, paling mendasar hanya di bagian baterai listrik

“Bedanya sebenarnya tidak terlalu besar, antara hybrid dan konvensional kalau dilihat paling mendasar hanya soal beterai saja. Namun untuk urusan cost perawatan berkala, relatif tak berbeda signifikan,” jelas Suparna seperti dikutip dari Auto2000.

Dijelaskan, saat konsumen membeli unit baru baik Toyota C-HR Hybrid maupun C-HR biasa, konsumen bakal mendapatkan paket perawatan yang sama meliputi jasa servis gratis beberapa kali dan penggantian komponen berbayar sesuai jarak tempuh mulai servis kedua sebelum 6 bulan. “Untuk yang ketiga, jasa masih gratis, biaya penggantian komponen seperti pelumas dan filter oli dan sebagainya sama dengan kedua Rp 679.000. Kalau ditotal setahun kepemilikan C-HR Hybrid itu hanya mengeluarkan dana Rp 1.358.000,” ucap Suparna.

>>> Beberapa Fitur Toyota C-HR Hybrid Bikin Pengemudi Lebih Aman & Nyaman

Foto menunjukkan Mesin Toyota C-HR Hybrid

Perawatan Toyota C-HR Hybrid tak terlalu berbeda dengan C-HR konvensional

Biaya tersebut tidak jauh berbeda dengan C-HR biasa karena komponen yang diganti juga tidak berbeda. “Perbedaan utama terletak pada baterai, tapi untuk mesin itu sama saja. Sama-sama ganti oli, filter oli, pengecekan kendaraan bila melakukan perawatan secara berkala. Letak perbedaannya hanya yang hybrid pakai baterai,” tambahnya.

Sedangkan untuk baterai juga tidak perlu dicemaskan. Selain ada garansi lima tahun, perawatan rutinnya hanya membersihkan filter dan area sekitar baterai dari debu dan itu sudah dilakukan para teknisi pada saat perawatan berkala, seperti prosedur yang sudah ditetapkan pihak diler. “Baterai Toyota C-HR Hybrid itu digaransi selama lima tahun, jadi tak perlu khawatir,” kata Suparna.

Jadi, siapa lebih hemat?

>>> Inilah Kinerja Mesin Hybrid Dari Toyota C-HR Terbaru

>>> Jangan lupa tips terlengkap dari konsultan mobil hanya di situs HargaToyota.com

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Makin Asyik, Ini Dia Fitur Toyota Voxy Buat Perjalanan Tambah Nyaman

    Makin Asyik, Ini Dia Fitur Toyota Voxy Buat Perjalanan Tambah Nyaman

    Abdul

    Perjalanan ke suatu tempat biasanya mementingkan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Dalam hal ini didukung oleh beragam fitur di dalam kendaraan. Semakin kesini fitur pada mobil telah menggunakan teknologi canggih dan modern. Salah satu kendaraan yang aman dan nyaman untuk dibuat bepergian adalah Voxy. Fitur Toyota Voxy cukup mumpuni sehingga perjalanan akan semakin asyik.

  • Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Ukuran Ban Toyota Avanza

    Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Ukuran Ban Toyota Avanza

    Franky Pratama

    Tips memilih ukuran ban Toyota Avanza berikut ini, lebih ditujukan pada mereka yang ingin memodifikasi bannya. Dalam artian, ingin mengganti dengan ukuran di luar versi pabrikan. Untuk selengkapnya, mari kita simak tips memilih ukuran ban Toyota Avanza.

  • Tips Memilih Lampu HID Mobil Toyota Yang Benar Dan Sesuai Kebutuhan

    Tips Memilih Lampu HID Mobil Toyota Yang Benar Dan Sesuai Kebutuhan

    Franky Pratama

    Merasa lampu kurang terang dan ingin ganti dengan yang baru? Maka tepatlah artikel kali ini yang membahas lengkap terkait tips memilih lampu HID mobil Toyota yang benar.