Toyota Bagikan Tips Berkendara Ketika Puasa untuk Perjalanan Aman dan Nyaman

08/05/2019

Bulan Ramadan kembali datang. Dan sebagian besar penduduk Indonesia menjalankan ibadah puasa. Untuk membuat bulan yang berkah ini semakin indah, perhatikan tips berkendara ketika puasa oleh Toyota berikut ini.

Berpuasa selama satu bulan penuh memang berpengaruh pada jadwal makan dan istirahat. Tak jarang, kurangnya waktu tidur mempengaruhi pengendaraan. Terlebih saat berkendara ketika puasa, rasa haus dan lapar seakan menjadi momok menakutkan. Hilangnya konsentrasi ketika lapar melanda dapat berisiko mengakibatkan kecelakaan.

>>> Jangan Disepelekan, Pulsa Data Juga Penting Loh Saat Berkendara

Dijelaskan oleh Bintarto Agung selaku Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Center (IIDC), "Saat berpuasa, tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh selama lebih dari 12 jam, namun bukan berarti kita tidak boleh beraktifitas seperti menyetir mobil.”

pengemudi wanita yang mengantuk ketika menyetir

Mengantuk dan kelelahan adalah tantangan terbesar berkendara ketika puasa

Sore hari menjadi waktu paling rawan terjadinya kecelakaan di bulan puasa. Pasalnya, Bintarto mengungkapkan bahwa jam berkendara yang harus diwaspadai adalah ketika kita sudah lebih dari 10 jam tanpa asupan makanan. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya penurunan konsentrasi dan reflek mengemudi.

>>> Review mobil Toyota terlengkap dan terupdate hanya ada di sini

Untuk kondisi yang prima ketika berkendara, komposisi makanan saat sahur perlu diperhatikan. “Menerima makanan sahur yang seimbang dan tidak berlebihan sangat membantu dalam rasa makan yang baik,” jelas Bintarto. Sedangkan berangkat lebih awal untuk menghindari kemacetan bisa mengurangi kondisi fisik selama perjalanan.

Selain itu, persiapan yang diperlukan ketika Anda dipastikan berkendara di sore hari di jalanan yang padat adalah makanan dan minuman ketika berbuka. Anda akan terbantu ketika bedug maghrib sudah berkumandang ketika Anda masih berada di jalan karena terjebak macet. Pastinya, hindari memarkirkan kendaraan di pinggir jalan yang padat hanya untuk membeli jajanan di pinggir jalan.

>>> Baca juga: Ingin mobil hemat bahan bakar seperti Toyota Avanza? Simak harga selengkapnya di sini

pengendara yang sedang mengemudi ketika puasa

Sore hari menjadi waktu yang rawan saat berkendara diwaktu berpuasa

Yang paling penting ketika berpuasa adalah menahan hawa nafsu. Hal tersebut juga berlaku ketika Anda mengemudi. Kondisi lalu lintas yang penuh dengan kemacetan dan pengemudi yang terburu-buru bisa memacu emosi. Pastikan untuk selalu menjaga emosi dan tetap sabar selama berkendara ketika puasa. Selamat menunaikan ibadah puasa dari Harga Toyota!

>>> Kunjungi situs HargaToyota.com untuk informasi tips seputar mobil lainnya

Padli Nurdin
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca