Tips Sederhana Merawat Toyota Avanza Supaya Tetap Prima

27/04/2018

Mungkin banyak yang sudah mengetahui dengan kendaraan keluarga Toyota Avanza. Bagaimana tidak, kendaraan yang dikenal sebagai Mobil sejuta umat ini telah banyak ditemui di jalanan baik perkotaan ataupun pedesaan. Selain itu peminatnya untuk masyarakat Indonesia juga cukup banyak. Dengan begitu pemiliknya harus mengetahui cara merawat Toyota Avanza supaya kondisinya tetap prima.

Toyota Avanza pertama kali diluncurkan pada acara Gaikindo Auto Expo pada tahun 2003. Pada saat peluncurannya Mobil ini terjual 100.000 unit di tahun tersebut. Dengan berkembangnya jaman berbagai penyegaran telah dilakukan pihak Toyota, mulai dari eksterior, interior dan juga mesinnya. Hal ini tentunya bertujuan untuk menarik hati para konsumen dan memberikan kenyamanan yang lebih.

Merawat Toyota Avanza sebenarnya cukup mudah, akan tetapi kadang pemilik tidak ada waktu atau malas untuk memperhatikan hal yang kecil. Akan tetapi ketika hal tersebut dibiarkan dapat berakibat kerusakan yang fatal. Perawatan Mobil besutan Toyota ini harus dilakukan secara berkala, selain itu langkahnya hampir sama dengan Mobil lain pada umumnya.

Setiap Mobil memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Dengan begitu sangat diperlukan untuk melihat kondisi Mobil sampai bagian mesin ataupun komponen lain, dengan begitu masalah yang dapat menimbulkan kerusakan dapat terdeteksi lebih awal dan bisa dihindari.

Gambar ini menunjukkan Mobil Toyota Avanza warna biru tampak depan

Toyota Avanza Mobil keluarga banyak diminati di Indonesia

Untuk Toyota Avanza yang telah digunakan lebih dari 5 tahun biasanya mengalami akselerasi seperti terhalang, penyebabnya adalah mesin yang tersendat ketika pengemudi menekan pedal gas. Hal tersebut terjadi karena adanya masalah pada injektor bahan bakar seperti terdapat kotoran ataupun kebocoran pada intake manifold. Penyebab lainnya adalah busi yang sudah mulai menurun performanya sehingga harus segera diganti. Faktor terakhir yang mengakibatkan akselerasi terhalang adalah penggunaan oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi pihak pabrikan.

Masalah lain yang kadang terjadi adalah lampu indikator menyala, padahal pemilik Mobil sudah melakukan pergantian oli secara teratur. Jika terjadi masalah ini biasanya saringan oli pada Avanza telah aus dan perlu dilakukan pergantian.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada Mobil kesayangannya, berikut ini cara merawat Toyota Avanza untuk keluaran terbaru atau yang lama supaya kondisinya tetap prima.

>>> Baca juga, Tips Merawat Toyota Calya Agar Tetap Dalam Kondisi Yang Baik

1. Perawatan mesin Toyota Avanza

Melakukan pemanasan Mobil di pagi hari atau sebelum melakukan perjalanan. Tujuannya adalah supaya oli Mobil dapat melumasi tiap komponen masin dengan maksimal sampai ke celah yang paling kecil. Apabila Mobil Avanza kesayangan Anda jarang digunakan, maka lakukanlah pemanasan 2 hari sekali.

Gambar ini menunjukkan beberapa komponen mesin dalam kap mobil toyota avanza

Mobil Toyota Avanza terbilang cukup hemat bahan bakar

Melakukan pergantian oli secara berkala dan menggunakan oli yang sesuai rekomendasi pihak pabrikan. Hal ini sangat berpengaruh dengan keawetan mesin Mobil. selain itu penggunaan oli yang berkualitas dan sesuai rekomendasi dapat menambah umur kendaraan.

Membersihkan filter udara secara berkala, lakukanlah hal tersebut dan jangan menunggu sampai kotoran menumpuk. Jika terlalu banyak kotoran dapat berakibat menurunnya performa Mobil. yang dikhawatirkan adalah, jika kotoran terhisap dan masuk ke dalam mesin yang menjadikannya cepat mengalami kerusakan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui review Mobil Toyota

Melakukan perawatan aki seperti mengisi cairan aki Mobil jika berkurang dan lakukan pengisian daya aki. Untuk aki kering cukup membersihkan tiap kutub jika kotor dan lakukan pergantian apabila sudah tidak bekerja dengan maksimal.

2. Perawatan eksterior Toyota Avanza

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang mencuci mobil toyota avanza

Toyota Avanza memiliki desain sporty serta elegan

Selain bagian mesin, merawat Toyota Avanza juga diberlakukan pada bagian eksteriornya. Menjaga kondisi cat bodi Mobil tetap bersih sangat disarankan supaya tetap kinclong dan tidak buram. Anda bisa melakukan pencucian di salon Mobil terpercaya atau mencucinya sendiri di rumah dengan cara yang benar.

>>> Mungkin Anda tertarik, inilah daftar Harga Mobil Toyota terbaru yang ditawarkan oleh Cintamobil.com

3. Merawat interior Toyota Avanza

Gambar ini menunjukkan jok mobil toyota avanza warna cokelat

Toyota Avanza Mobil kapasitas 7 penumpang yang nyaman

Dalam merawat Toyota Avanza yang terakhir adalah sektor interior. Supaya dalam perjalanan terasa nyaman maka kondisi interior harus bersih dan wangi. Lakukan pembersihan kotoran serta debu menggunakan vacum cleaner. Jika ada noda sebaiknya segera dilakukan, karena jika terlalu lama menempel biasanya sulit dibersihkan.

>>> Klik di sini jika anda berniat membeli Mobil bekas Toyota

Abdul Kosim
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International