Tips Pemeriksaan Dinamo Ampere Pada Mobil Toyota Dengan Mudah

30/07/2018

Komponen mesin yang terbilang memiliki peranan cukup penting adalah dinamo ampere atau sering disebut dengan alternator. Fungsinya sendiri adalah untuk memberikan asupan listrik menuju aki dan juga komponen lain dalam Mobil seperti lampu dan lainnya. Bahkan kalau tidak ada komponen ini maka perputaran arus listrik tidak terjadi pada kendaraan.

Namun ternyata banyak yang tidak sadar tentang dinamo ampere pada Mobil yang tidak layak pakai karena sudah terdapat keausan pada beberapa komponen di dalamnya. Hal inilah yang kadang membuat daya listrik yang menuju aki tidak maksimal, sehingga membuat tekor dan bisa juga susah saat menyalakan mesin. Oleh sebab itu pemeriksaan alternator sangat perlu dilakukan. Dengan begitu dapat diketahui mana yang sudah aus dan segera dilakukan pergantian agar kembali dapat bekerja dengan optimal.

Dalam melakukan pengecekannya bisa dilakukan dengan mudah dan menggunakan alat sederhana yakni alat sejenis metal. Alat ini bisa menggunakan kunci panjang atau obeng, namun disarankan obeng karena terdapat pegangan yang tidak dapat menyalurkan daya listrik. Dalam pengecekannya terdapat 2 cara yang bisa dilakukan dengan memilih salah satu saja.

1. Pengecekan melalui dinamo ampere

Gambar ini menunjukkan dinamo ampere dan komponen lainnya dalam keadaan bersih

Pengecekan dinamo ampere atau alternator perlu dilakukan

Untuk pengecekan dinamo ampere pada Mobil Toyota, langkah pertama yang diperlukan adalah menyediakan obeng terlebih dahulu. Setelah itu, nyalakan mesin Mobil seperti biasanya. Selanjutnya Anda bisa menempelkan ujung obeng kebagian mesin yang letaknya tepat di bagian ujung putaran dinamo ampere. Apabila obeng ternyata menempel tertarik seperti magnet, berarti itu menandakan bahwa kondisinya masih baik. Begitu juga sebaliknya, apabila tidak ada daya tarik terhadap obeng tersebut, bisa jadi adanya masalah dan perlu dilakukan servis.

2. Pemeriksaan kabel masa

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegang kunci untuk melepas kabel yang terdapat pada terminal aki mobil

Mengecek alternator melalui kabel massa yang digesekkan kutb negatif pada aki terbilang cukup efektif

Untuk pemeriksaan dinamo ampere selanjutnya tidak memerlukan bantuan obeng. Jadi hanya dengan melakukan pemeriksaan pada bagian kabel massa yang menuju ke bagian terminal atau kepala aki. Langkahnya adalah dengan menyalakan mesin Mobil terlebih dahulu, setelah itu lepaskan baut kabel massa yang terdapat pada kepala aki. Setelah itu, cara mengeceknya adalah dengan menggesekkan kabel massa pada kepala aki pada kutub negatif (-).

Pada saat melakukan hal tersebut, jika muncul percikan api berarti kondisinya masih baik dan tidak sedang masalah. Namun ternyata saat menggesekkan kabel massa pada kutub negatif pada aki dan tidak ada percikan api, berarti dinamo ampere pada Mobil tidak bekerja dengan baik. Jika begitu segera dilakukan servis untuk lebih jelas mengetahui kerusakannya. Jika pada saat melakukan servis dan mekanik menunjukkan beberapa bagian yang perlu dilakukan pergantian, maka sebaiknya menggantinya dengan yang baru. Tujuannya adalah supaya Mobil dapat kembali prima dan siap untuk melakukan perjalanan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil Toyota yang diulas oleh Cintamobil.com

Selain itu, terdapat tanda yang muncul saat alternator mengalami kerusakan. Berikut ini adalah 5 tanda-tandanya.

1. Muncul bau terbakar

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang melihat mesin Mobil yang berasap

Saat muncul bau terbakar saat di dalam Mobil segera cari tahu dari mana asalnya

Apabila kerusakan terjadi pada bagian alternator, biasanya akan memunculkan bau yang terbakar. Biasanya bau tersebut timbul akibat kabel alternator yang terbakar karena gesekan dari belt yang tidak terpasang dengan tepat. Cek asal bau tersebut, jika ternyata dari alternator segeralah membawanya ke bengkel terdekat.

2. Muncul suara decitan

Gambar ini menunjukkan alternator dan belt yang menghubungkan komponen satu dengan lainnya

Saat belt terpelintir akan memunculkan bunyi decitan

Bunyi decitan yang datang dari mesin bisa dikarenakan oleh posisi pulley yang kurang sejajar. Dengan begitu dapat berakibat belt terpelintir dan mengeluarkan bunyi decitan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

3. Nyala lampu pada Mobil meredup

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil tampak depan dengan lampu yang menyala

Alternator yang tidak bekerja dengan maksimal juga berpengaruh terhadap lampu Mobil

Pada saat di malam hari akan terlihat jelas cahaya lampu yang terang. Apabila alternator mengalami kerusakan, maka lampu Mobil akan semakin meredup. Jadi Anda bisa melakukan pemeriksaan pada bagian ini jika mengalaminya.

4. Lampu indikator aki menyala

Gambar ini menunjukkan panel indikator aki yang biasanya terdapat di bagian dashboard

Lampu indikator aki pada dashboard akan menyala saat aki Mobil sedang bermasalah

Saat energi listrik dari aki menurun, maka akan ditandai dengan lampu indikator pada dashboard menyala. Biasanya panel tersebut memiliki gambar dengan bentuk aki atau baterai. Namun saat lampu menyala dan kondisi aki tidak ada masalah, maka bisa jadi penyebabnya adalah kerusakan pada bagian dinamo ampere.

>>> Mungkin tertarik, Tips Mencuci Mobil Toyota Bagian Luar Dengan Langkah Mudah

5. Aki tidak berfungsi dengan baik

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang penjepit dipasangkan pada kutub aki Mobil

Pemeriksaan secara berkala pada seluruh bagian kendaraan bisa dilakukan bersamaan dengan servis rutin

Saat energi listrik yang menuju komponen kelistrikan kendaraan melemah, banyak pemilik kendaraan menyimpulkan bahwa masalahnya adalah pada aki Mobil. Setelah itu dilakukan pengecasan dan juga pergantian. Namun apabila ternyata tidak ada perubahan, berarti kerusakan yang terjadi terletak di bagian dinamo ampere pada Mobil.

>> Ingin beli Mobil bekas dengan harga bagus, kunjungi situs jual beli Cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International