Tips Merawat AC Toyota Alphard Agar Tetap Bekerja Dengan Maksimal

26/07/2018

Merawat Mobil merupakan salah satu yang harus dilakukan oleh pemiliknya, tujuannya agar kondisinya tetap prima dan tetap nyaman selama perjalanan. Dalam hal ini meliputi keseluruhan bagian kendaraan, seperti eksterior, interior dan juga fiturnya. Salah satunya adalah merawat AC Toyota Alphard. Yang mana jika kondisinya tidak maksimal maka kenyamanan saat perjalanan akan berkurang.

Toyota Alphard merupakan kendaraan MPV yang nyaman dan memiliki banyak fitur unggulan di dalamnya. Oleh sebab itu dengan melakukan perawatan yang baik dapat memberikan kenyamanan yang lebih. Dalam merawat AC Toyota Alphard sebenarnya sangat mudah jika mengetahui langkahnya.

Berikut ini merupakan beberapa cara merawat AC Toyota Alphard yang bisa dipraktekkan sendiri.

1. Membersihkan interior Mobil

Gambar ini menunjukkan seorang pria seng berada di belakang bagasi Toyota Alphard dengan pintu terbuka

Dengan melakukan pembersihan secara berkala membuat udara di dalam kabin tetap segar

Dalam perawatan AC yang pertama adalah melakukan pembersihan pada bagian dalam Mobil. Apabila tidak menginginkan kinerjanya terganggu, maka hal ini perlu dilakukan. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah 2 karpet di depan. Adapun alasan mengapa perawatan AC berhubungan dengan kebersihan kabin Mobil adalah karena apabila dibiarkan dalam keadaan kotor maka beresiko evaporator AC menyerap kotoran.

Masalah terserapnya kotoran oleh evaporator AC dapat menjadikan AC cepat mengalami kerusakan. Dengan membersihkannya secara berkala, maka performa AC milik Alphard akan tetap terjaga dan memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya dengan maksimal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

2. Membuka kap Mobil

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Alphard dan terdapat lingkaran menunjukkan penyangga kap mesin

Kondensor AC Mobil kerap terdapat debu dan kotoran sehingga perlu dibersihkan

Pada saat melakukan pencucian pada Toyota Alphard disarankan untuk membuka kap Mobil. Selain itu dapat dilakukan penyemprotan pada bagian kondensor AC Mobil. Yang mana pada bagian tersebut biasanya  terdapat debu dan juga kotoran yang menempel. Apabila dibiarkan dapat beresiko terjadi korosi yang jika dibiarkan juga dapat menjadikan kerusakan pada bagian AC Mobil.

3. Parkir di tempat yang teduh

Gambar ini menunjukkan Mobil Toyota Alphard warna hitam tampak depan samping dan terdapat beberapa Mobil di belakangnya

Melakukan parkir dan terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama dapat membuat cat Mobil cepat kusam

Selain untuk menjaga kondisi cat Mobil agar tidak mudah kusam, melakukan parkir di tempat teduh juga merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk merawat AC Toyota Alphard. Dalam hal ini bisa dilakukan jika berniat ingin meninggalkan kendaraan dengan waktu yang cukup lama. Hal tersebut dikarenakan saat terkena panas sinar matahari langsung dapat membuat mesin juga ikut panas. Dengan begitu AC Mobil akan memiliki beban yang lebih berat saat melakukan kinerjanya. Apabila AC bekerja dengan beban berat secara terus menerus bisa membuatnya cepat mengalami kerusakan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil Toyota yang diulas oleh Cintamobil.com

4. Cek kipas AC Mobil

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Alphard dan terlihat beberapa komponen di dalamnya

Beberapa komponen AC seperti kipas AC perlu dijaga agar pendinginan kabin lebih maksimal

Dalam merawat AC Toyota Alphard selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan pada bagian kipas yang terletak di depan kondensor. Pada saat AC dinyalakan, apakah kipas juga ikut menyala atau tidak. Akan tetapi jika tidak bekerja maka bisa jadi telah mengalami kerusakan dan perlu segera dilakukan pergantian, agar kerusakan tidak menjalar menuju bagian kompresor AC.

>>> Mungkin tertarik, Tips Membersihkan AC Mobil Toyota Avanza Supaya Tetap Prima

5. Hindari merokok di dalam Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang rokok dan terlihat ada asap di ujungnya

Merokok dalam Mobil dapat menimbulkan bau dalam kabin tidak sedap

Untuk tips yang terakhir adalah jangan merokok saat berada di dalam mobil, supaya kondisi AC tetap dalam keadaan baik. Hal tersebut dikarenakan bau nikotin yang berasal dari asap rokok dapat menyebar ke bagian kabin dan juga menempel di evaporator. Dengan begitu nikotin akan menumpuk serta menempel pada evaporator. Jika sudah begitu, maka berakibat munculnya bau tidak sedap dan juga lengket. Bahkan dalam menghilangkan bau rokok terbilang cukup sulit.

Tidak hanya itu saja, saat ingin menyalakan AC pada Toyota Alphard sebaiknya menunggu mesin stabil terlebih dahulu. Begitu juga saat ingin mematikan mesin, sebaiknya mematikan AC Mobil terlebih dahulu.

Demikianlah informasi mengenai tips merawat AC Toyota Alphard yang dapat dilakukan dengan mudah. Apakah Anda memiliki trik tersendiri dalam hal perawatan AC Mobil?  Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ingin beli Mobil bekas dengan harga bagus, kunjungi situs jual beli Cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Fatchur Sag

    Mobil sport dua pintu Toyota Supra generasi terbaru rupanya akan segera hadir dan meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Meskipun informasi dan harga masih belum terungkap, namun TAM sudah benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya seiring dengan sudah terdaftarnya mobil tersebut di Permendagri dan informasi resmi Samsat DKI Jakarta sejak awal 2019.

  • Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Fatchur Sag

    Menjual mobil bekas menjadi alternatif bagi pemilik mobil yang sudah tidak ingin menggunakan mobilnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menyebabkan pemilik menjual mobilnya ke pihak lain. Namun sebagian pemilik mobil masih bingung harus menjual mobilnya ke mana. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak pilihan tempat menjual mobil, baik di diler mobil bekas, jejaring sosial, dan penjualan online.

  • Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Arfian Alamsyah

    Untuk memperbesar ruang bagasi mobil dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa menambah roof box, hingga melipat bangku. Salah satunya yang paling mudah dilakukan adalah melipat bangku baris ketiga New Toyota Avanza ini. Ini dia caranya