Tips Mengatur Posisi Duduk Yang Baik Saat Mengemudi

12/07/2019

Pengendara yang baik mempersiapkan semua yang diperlukan dalam mengemudi agar menghasilkan output yang baik pula, salah satunya mengatur posisi duduk yang baik. Berikut tipsnya buat Toyota lovers!

Mengemudi mobil tak hanya soal kemampuan pengendara mengoperasikan kendaraan dari posisi berhenti berjalan lalu berhenti lagi, tapi juga soal perilaku memprioritaskan keselamatan serta kenyamanan dari awal perjalanan hingga sampai di tujuan. Ada banyak yang harus dipersiapkan sebelum perjalanan dimulai, dari memastikan kondisi kendaraan benar-benar prima, mempersiapkan berbagai bekal, hingga berkendara dengan cara yang baik dan beretika.

Seorang wanita nampak sedang mengemudi

Mengemudi dengan nyaman berdampak pada keselamatan

Posisi duduk memberikan dampak besar terhadap kenyamanan dan keselamatan pengendara. Karenanya sebelum perjalanan dimulai, sebaiknya pengendara mengatur tempat duduknya dengan baik dan nyaman. Apa yang mesti dilakukan, berikut tips mengatur posisi duduk yang baik saat mengemudi!

1. Posisikan kaki, tangan dan tubuh Anda serileks mungkin

Atur kedekatan tubuh dan setir kemudi dengan memaju mundurkan kursi. Usahakan kaki bisa menginjak ketiga pedal (gas, rem dan kopling) dengan pas. Begitu juga dengan posisi tangan di setir kemudi atur senyaman mungkin dari jangkauan. Akan lebih mudah jika mobil dilengkapi driver seat yang adjustable serta setir yang sudah tilt dan teleskopik. Tinggal mengaturnya sesuai yang paling nyaman. Sandaran punggung juga harus diatur senyaman mungkin untuk menunjang kenyamanan mengemudi. Bila terlalu tegak tinggal rebahkan, kalau terlalu rebah tegakkan.

Penting, jangan mengatur kerebahan kursi saat mobil sedang berjalan karena bisa mengganggu konsentrasi dan fokus.

>>> Beberapa Penyakit Yang Dapat Mengganggu Ketika Mengemudi Perlu Diwaspadai

Foto menunjukkan pengemudi sedang mengenakan sabuk pengaman

Mengatur posisi duduk harus dilakukan dalam keadaan mobil berhenti

2. Usahakan tangan bisa bergerak dengan bebas ketika sedang mengemudi

Pastikan tangan yang memegang setir bisa bergerak dengan bebas, mudah dan nyaman tanpa terganggu. Tidak terlalu jauh sehingga nampak seperti tegang, atau terlalu dekat sehingga menyulitkan saat memutar kemudi.

3. Perhatikan posisi kepala senyaman mungkin agar konsentrasi tetap terjaga

Seperti poin pertama di atas, posisi kepala di headrest juga harus diatur sampai benar-benar nyaman. Bila terlalu membungkuk ke depan, tegakkan dengan cara sedikit merebahkan kursi. Akan lebih mudah jika kursi dilengkapi dengan headrest yang adjustable sehingga kenyamanan kepala dalam bersandar bisa disesuaikan tanpa harus mengubah posisi sandaran punggung.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Baca review mobil terbaru di sini

4. Menggenggam lingkar kemudi dengan benar

Foto menunjukkan posisi memegang setir mobil yang benar

Memegang kemudi dengan benar memberi kemudahan saat bermanuver

Cara yang benar menggenggam lingkar kemudi menurut para instruktur mengemudi yaitu dengan kedua tangan. Tangan yang satu berada di posisi jam 9, satunya lagi berada di posisi jam 3. Atau tangan yang satu berada di posisi jam 10 yang satunya lagi berada di posisi jam 2.

Penting, jangan memegang kemudi dengan satu tangan, lebih-lebih saat mobil melaju kencang. Hindari juga memegang kemudi di posisi jam 6 atau jam 12 sebab kedua posisi tersebut adalah paling tidak nyaman.

>>> Begini Mudahnya Menggunakan Pengaturan Audio Di Setir Toyota Agya TRD S AT

Foto menunjukkan posisi memegang kemudi yang salah

Sangat tidak disarankan memegang kemudi dengan satu tangan

Setelah mendapat settingan posisi duduk yang paling nyaman, atur spion samping kiri kanan dan tengah untuk mendapatkan visibilitas terbaik. 

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca