Tips Mengatasi Mobil Toyota Avanza Yang Limbung

02/01/2019

Toyota Avanza merupakan salah satu mobil yang banyak diminati, baik kalangan perkotaan ataupun pedesaan. Beberapa keluhan datang dari para penggunanya seperti mobil limbung saat diajak melaju dalam kecepatan cukup tinggi. Walaupun tidak semua pemilik mengalaminya, namun jika terjadi bisa berakibat tidak nyaman baik untuk pengemudi ataupun penumpang. Lantas bagaimana cara mengatasi Toyota Avanza yang limbung.

Sebelum berlanjut untuk cara mengatasi mobil Toyota Avanza yang limbung, terlebih dahulu diketahui penyebabnya. Dengan begitu akan lebih mudah dalam mengambil langkah yang tepat. Dari kebanyakan mekanik menjelaskan, bahwa untuk masalah Toyota Avanza yang limbung ketika dalam putaran tinggi adalah berasal dari kaki-kaki kendaraan. Untuk masalah ini sebenarnya tertuju ke bagian shockbreaker yang kondisinya sudah tidak baik. Adapun bagian shock Avanza ini memiliki ukuran yang terbilang cukup lebar, akan tetapi jika tidak dalam kondisi baik untuk menopang beban pada kendaraan kurang maksimal.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza warna putih dalam sebuah pameran

Toyota Avanza merupakan mobil MPV keluarga sejuta umat

Namun disamping hal tersebut, masalah Avanza yang limbung bisa dikarenakan oleh faktor lain. Jadi ketika barang bawaan terlalu banyak ataupun tekanan angin ban yang tidak ideal bisa juga menjadi salah satu penyebabnya. Memang terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya, akan tetapi yang paling sering dialami adalah bagian shockbreakernya yang sudah tidak maksimal.

Untuk cara mengatasi mobil Toyota Avanza yang limbung dapat dilakukan dengan mudah. Akan tetapi untuk melakukannya membutuhkan biaya yang  tidak sedikit. Adapun cara yang disarankan adalah dengan mengganti shockbreaker dengan yang baru dan lebih baik dari standarnya. Dengan begitu mobil akan lebih stabil dan terhindar dari masalah limbung saat putaran tinggi.

>>> Baca Juga, Beberapa Masalah Pada Toyota Avanza Yang Kerap Terjadi

Shockbreaker sendiri banyak dijual di pasaran, sobat bisa menggunakan produk aftermarket. Namun jika bingung untuk memilih maka sobat bisa menggunakan shock merk King Spring. Para pemilik Toyota Avanza yang sudah menggunakannya telah memberikan respon positif. Ditambah lagi banyak yang merasa puas karena selain mengatasi masalah limbung juga dapat memberikan kenyamanan yang lebih. Jadi saat melakukan perjalanan sudah tidak limbung baik dalam kecepatan rendah ataupun tinggi.

Gambar ini menunjukkan bagian roda mobil Toyota Avanza dan terdapat shockbreake

Mobil Avanza limbung bisa karena ada masalah pada kaki-kaki kendaraan

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Jika sobat penasaran dengan harganya berkisar Rp. 2 jutaan, bisa kurang atau lebih tergantung di daerah sobat. Dengan uang tersebut mendapatkan 4 buah untuk dipasangkan pada kendaraan Avanza sobat. Akan tetapi bukan itu saja, dengan harga segitu belum termasuk pemasangannya. Untuk melakukan pemasangan membutuhkan dana yang berkisar antara Rp. 100 ribu sampai Rp 200 ribuan. Namun hal tersebut juga bukan patokan, tinggal dimana sobat memasangnya. Memang terlihat simpel, namun hanya saja membutuhkan uang yang terbilang cukup banyak untuk mengatasi masalah tersebut.

Meskipun begitu, jangan lupakan untuk selalu memeriksa tekanan angin pada ban mobil. Karena bisa saja  permasalah datang dari tekanan angin ban yang kurang ideal. Untuk mengetahui tekanan angin yang pas bisa melihat buku panduan pemilik yang biasanya didapat saat membeli mobil baru. Tiap merk mobil mempunyai tekanan yang berbeda, jadi harap diperhatikan dengan benar.

>>> Baca Juga, Tips Membuat Suspensi Toyota Avanza Menjadi Lebih Empuk

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza warna biru melaju di jalanan

Biasanya masalah limbung pada Toyota Avanza saat putaran tinggi

Namun tidak semua pemilik mengeluhkan masalah Toyota Avanza yang limbung. Kadang mereka sudah merasa puas dan nyaman dengan Toyota Avanza kesayangannya. Nah bagi sobat yang merasa mobilnya limbung bisa mencoba cara yang telah disebutkan di atas.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi Toyota Avanza yang limbung. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ini Dia Caranya Merawat Panel Interior Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

    Ini Dia Caranya Merawat Panel Interior Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

    Hafizh Fauzan

    Untuk bisa merawat panel interior mobil Toyota dengan baik dan benar ternyata tidak sulit, dan inilah cara-caranya.

  • Tips Mudik Dengan Toyota Calya, Ini Hal Yang Harus Anda Tahu

    Tips Mudik Dengan Toyota Calya, Ini Hal Yang Harus Anda Tahu

    Franky Pratama

    Mudik dengan Toyota Calya? Siapa takut? Itulah kesan yang harus disimpan dalam ingatan teman-teman semua, mengenai ketangguhan mobil Low Cost Green Car (LCGC) ini. Toyota Calya adalah salah satu mobil keluarga yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Namun, masih saja ada yang mempertanyakan apakah Toyota Calya bisa diajak untuk mudik dalam perjalanan jauh. Berikut hal-hal yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Waspadalah, Ini Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Wajib Diketahui

    Waspadalah, Ini Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Wajib Diketahui

    Fatchur Sag

    Aki mobil tekor bisa membuat jengkel dan 'menderita'. Karenanya pemilik mobil perlu melakukan antisipasi sejak jauh-jauh hari agar hal ini tidak terjadi. Berikut beberapa penyebab aki mobil tekor yang wajib diketahui!