Tips Mencuci Mobil Toyota Yang Terdampak Abu Vulkanik

08/03/2020

Hujan abu vulkanik biasanya akan terjadi saat ada Gunung Merapi yang sedang erupsi. Biasanya hembusannya akan mengikuti arah angin, bahkan bisa terbawa sampai jauh tergantung besar kecilnya hembusang angin. Hal tersebut dapat berdampak pada mobil disekitarnya. Lantas bagaimana mencuci mobil Toyota yang terdampak abu vulkanik.

Pada saat abu vulkanik menempel pada bodi mobil, terdapat perlakuan khusus dalam mencucinya. Begini cara mencuci mobil Toyota yang terdampak abu vulkanik:

1. Mencuci Dengan Segera

Adapun langkah pertama yang perlu dilakukan adalah segera melakukan pencucian. Hal tersebut dikarenakan abu vulkanik terbentuk oleh material batu kecil serta debu yang halus. Sehingga potensi bahaya terhadap mobil seperti pada bagian kaca, mesin ataupun bodi mobil.

Gambar ini menunjukkan mobil terkena abu vulkanik akan dicuci

Segera cuci mobil setelah terkena abu vulkanik

>>> Baca Juga, Hati-Hati, Beberapa Bagian Mobil Toyota Yang Rentan Serangan Abu Vulkanik Perlu Diperhatikan!

2. Memarkirkan Kendaraan Di Tempat Tertutup

Masih berhubungan dengan  tips pertama, pada saat melakukan pembersihan dan pencucian, sebaiknya dilakukan di area yang tertutup. Kemudian bersihkan tempat untuk memarkirkan kendaraan supaya debu tidak menempel kembali. Apabila ingin menggunakan kendaraan sebaiknya bilas dengan air bersih setelah selesai dan parkirkan kembali di dalam ruangan dengan segera.

3. Menggunakan Air Bertekanan

Pada saat mencuci mobil Toyota yang terdampak abu vulkanik, Sobat bisa mengandalkan air bertekanan, dengan begitu permukaan kaca dan bodi bisa terlepas dari debu vulkanik. Lakukan penyemprotan secara menyeluruh, dari mulai bagian atas sampai bawah kendaraan sampai sudah tidak ada debu yang tertinggal. Jadi lakukanlah sampai debu yang menempel pada mobil tidak terlihat lagi.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan mobil Honda putih melaju ndi jalan yang terdapat abu vulkanik

Jangan buka pintu atau jendela di kawasan terdampak abu vulkanik

>>> Baca juga: Inilah 3 Jenis Bahan Dasar Cat Mobil Toyota yang Perlu Diketahui

4. Saat Ada Abu Di Permukaan Mobil Jangan Langsung Diseka

Ketika pada permukaan bodi mobil masih terdapat abu maka melakukan penyekaan bisa membuat kaca dan bodi mobil jadi baret, oleh sebab itu tidak boleh melakukannya. Namun untuk melakukan pengelapan setelah pencucian bisa dengan menggunakan kain microfiber yang bersih.

5. Pengelapan Satu Arah

Selanjutnya dalam proses pengelapan tidak boleh menggunakan gerakan memutar, tapi caranya adalah dengan satu arah. Meskipun begitu, kadang ada pemilik yang melakukannya padahal hal tersebut tidaklah tepat. Jika melakukannya maka beresiko menimbulkan goresan atau swirl mark yang akan terlihat. Jadi harap diperhatikan yang Sobat.

6. Memastikan Kondisi Kolong Bersih

Selain bodi mobil, saat mencuci mobil Toyota yang terdampak abu vulkanik diharapkan untuk membersihkan kolong mobil. Sobat bisa mengandalkan air bertekanan supaya abu yang mempunyai sifat korosif bisa hilang dan tidak menimbulkan karat. Mengingat kolong mobil merupakan salah satu bagian yang rentan timbul karat.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan mobil sedang disemprot dengan air bertekanan

Lakukan penyemprotan supaya abu vulkanik pada permukaan mobil hilang

7. Membersihkan Bagian Interior

Meskipun kaca ditutup ketika melintasi wilayah yang terdampak abu vulkanik, akan tetapi bisa juga ada debu halus yang masuk ke dalam interior mobil. Karena dengan hanya membuka sebentar pintu ataupun jendela mobil maka debu bisa langsung masuk ke dalam kabin dengan cepat. Jadi membersihkan kabin mobil sangatlah diperlukan, Sobat bisa mengandalkan vacuum cleaner.

Yang perlu diperhatikan lainnya adalah saat membersihkan bagian interior jangan memukul karpet ataupun kursi karena beresiko debu halus akan beterbangan dan berdampak kurang baik untuk kesehatan pengemudi dan penumpang di dalam mobil. Untuk karpet bisa menyiram dengan air bersih.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci mobil Toyota yang terdampak abu vulkanik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Alasan Mobil Bekas Toyota Memiliki Harga Jual Tinggi, Pemilik Juga Berperan

    Alasan Mobil Bekas Toyota Memiliki Harga Jual Tinggi, Pemilik Juga Berperan

    Abdul

    Ketika membeli sebuah mobil kadang terpikir untuk menjualnya lagi. Dengan begitu maka seseorang akan memilih mobil dengan lebih teliti lagi. Salah satu brand mobil yang dapat dipilih adalah Toyota. Mobil bekas Toyota mempunyai harga jual yang terbilang sangat baik.

  • Mobil Terjadi Masalah Di Jalan Tol, Lakukan Hal Ini

    Mobil Terjadi Masalah Di Jalan Tol, Lakukan Hal Ini

    Abdul

    Jalan tol menjadi pilihan favorit masyarakat yang ingin bepergian dengan jarak cukup jauh. Selain bisa lebih cepat, kondisi jalan juga baik dan nyaman saat dilewati. Namun masalah di jalan tol kadang bisa terjadi tanpa diketahui kapan dan lokasi tepatnya, yang pasti kita harus lebih waspada.

  • Mengatur Rencana Keuangan, Tips Memasukkan Asuransi Mobil Di Dalamnya

    Mengatur Rencana Keuangan, Tips Memasukkan Asuransi Mobil Di Dalamnya

    Abdul

    Kebutuhan sehari-hari kadang menuntut kita untuk mengeluarkan setiap harinya. Hal tersebut terbilang wajar karena memang kebutuhan haruslah didahulukan. Namun yang perlu jadi pertimbangan adalah pengeluaran lain selain kebutuhan ekonomi keluarga. Jadi sebuah keluarga perlu mempunyai rencana keuangan supaya dapat teratur dan cukup untuk semua kebutuhan.