Tips Mencuci Mobil Toyota Bagian Luar Dengan Langkah Mudah

23/07/2018

Mencuci Mobil merupakan salah satu hal yang kerap dilakukan pemilik kendaraan untuk menjaga tampilan tetap baik. Selain itu Mobil juga lebih terawat dan kebersihan terjaga, sehingga Mobil tampak lebih mengkilap dan tidak ada kotoran yang membandel karena terlalu lama menempel.

Dalam hal ini terdapat 2 hal yang perlu diperhatikan, yakni mencuci Mobil bagian luar dan dalam. Untuk bagian luar terbilang lebih mudah dibandingkan bagian dalam. Mengingat bagian dalam terdapat kolong sempit dan tempat tersembunyi yang kadang sulit dijangkau. Berbeda dengan bagian luar yang lebih mudah, hanya bagian kolongnya saja yang sulit dijangkau.

Berikut ini merupakan tips mencuci Mobil Toyota untuk bagian luar.

Sebelumnya memerlukan alat yang perlu dipersiapkan supaya pengerjaannya lebih mudah. Berikut alat yang dibutuhkan.

  • Selang air yang telah tersambung dengan sumber air
  • Pembersih khusus Mobil + Wax jika perlu
  • Ember
  • Spon
  • Kain lap Microfiber yang halus dan tidak berbulu (bisa juga kanebo)

1. Menyemprot air

Hal pertama yang dapat dilakukan dalam melakukan pencucian adalah dengan menyemprotnya terlebih dahulu dengan air bersih. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa bahan kimia dan juga kloring yang memiliki potensi untuk merusak cat. Namun perlu diingat, sebaiknya menutup pintu terlebih dahulu dengan rapat agar air tidak masuk ke dalam kabin Mobil.

Gambar ini menunjukkan seorang pria memegang alat semprot sedang menyemprotkan air pada Mobil

Dalam mencuci Mobil ada beberapa cara misalnya menyemprot atau menyiram dengan bantuan ember

Selain itu, penyemprotan ini juga dilakukan untuk membersihkan kotoran, debu atau pasir yang menempel pada bodi. Hal ini cukup penting, karena jika langsung digosok berpotensi menyebabkan goresan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

2. Mencuci serta memberikan cairan pembersih

Tahapan selanjutnya adalah mengisi ember dengan air yang dicampur dengan cairan pembersih. Setelah itu diaduk sampai rata dan masukkan spon yang nantinya digunakan untuk pembersihan. Setelah itu Anda bisa menggosok bodi Mobil dengan perlahan menggunakan spon yang telah terdapat campuran cairan pembersih tersebut. Bisa juga dengan menambahkan wax untuk tampilan lebih mengkilap.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang spon yang berbusa ditempelkan pada mobil

Dalam penggunaan spon pastikan tidak ada pasir dan debu menempel karena beresiko terjadi goresan

Dalam pencucian dimulai dari bagian atapnya terlebih dahulu, supaya pembersihan lebih maksimal. Karena apabila dilakukan dari bawah maka kotoran dari atas akan mengotori kembali bagian yang telah dibersihkan. Dalam tahapan ini dapat menggunakan botol semprot untuk cairan pembersihnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui beberapa informasi lengkap mengenai Mobil terbaru dan keluaran lama yang diulas oleh Cintamobil.com

3. Teliti dalam pencucian

Ketika mencuci Mobil diharuskan teliti, jangan sampai masih ada kotoran yang menempel pada bodi. Oleh sebab itu dalam proses menggunakan spon ini diharuskan secara merata. Untuk pembersihan bagian kolong Mobil, bisa dilakukan penyemprotan menggunakan air bertekanan. Namun jika ada kotoran yang menempel seperti tanah karena habis melintasi jalanan berlumpur, maka disarankan untuk masuk kolong dan menyikat atau menghilangkan kotoran menggunakan kain. Setelah itu baru disemprot menggunakan air bertekanan.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang alat semprot disemprotkan pada Mobil warna hitam

Saat mencuci Mobil sebaiknya di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung

Dalam melakukan pencucian, hindari terkena sinar matahari langsung. Carilah tempat teduh untuk menjaga cat Mobil. Karena saat terdapat sabun atau cairan pembersih yang berada di bodi dan terkena sinar matahari, akan cepat mengering dan meninggalkan flek.

4. Pembilasan

Setelah seluruh bodi Mobil dilakukan pencucian dan telah dilakukan penggosokan menggunakan spon secara merata, langkah selanjutnya adalah pembilasan. Bilaslah seluruh bodi Mobil menggunakan air bersih sampai benar-benar tidak ada sabun yang menempel. Karena apabila masih terdapat sabun atau cairan pembersih yang menempel bisa merusak cat. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan bahan kimia pada sabun atau cairan pembersih khusus Mobil.

Gambar ini menunjukkan seorang pria menyemprot mobil warna hitam yang berbusa

Tahap pembilasan pastikan jangan ada sisa sabun pada bodi Mobil

>>> Mungkin tertarik, Perhatikan Hal ini Saat Memilih Aksesori Untuk Mobil Toyota

5. Pengelapan dan pengeringan

Untuk langkah terakhir dalam mencuci Mobil bagian luar adalah melakukan pengelapan. Dalam tahapan ini disarankan menggunakan kain microfiber atau kanebo yang dapat menyerap air pada bodi dan tidak menimbulkan goresan. Pastikan juga bahwa tidak ada debu atau pasir pada kain yang berpotensi menyebabkan goresan.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang lap ditempelkan pada Mobil warna putih

Pengelapan dilakukan hingga kering menyeluruh agar hasilnya maksimal

Lakukan pengelapan secara menyeluruh kecuali bagian kolong Mobil. Karena sulit untuk masuk dan membutuhkan waktu lama jika melakukan pengelapan sampai masuk kolong Mobil. Pastikan sampai kering dalam tahapan ini, jangan sampai ada yang tertinggal agar hasil lebih maksimal.

Demikian cara mencuci Mobil bagian luar yang dapat dipraktekkan. Mungkin dari pembaca memiliki teknik tersendiri dalam melakukan pencucian kendaraan kesayangan. Jika tidak mau ribet atau tidak punya waktu luang, bisa mengambil alternatif yaitu membawanya ke salon Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ingin beli Mobil bekas dengan harga bagus, kunjungi situs jual beli Cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Makin Asyik, Ini Dia Fitur Toyota Voxy Buat Perjalanan Tambah Nyaman

    Makin Asyik, Ini Dia Fitur Toyota Voxy Buat Perjalanan Tambah Nyaman

    Abdul

    Perjalanan ke suatu tempat biasanya mementingkan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Dalam hal ini didukung oleh beragam fitur di dalam kendaraan. Semakin kesini fitur pada mobil telah menggunakan teknologi canggih dan modern. Salah satu kendaraan yang aman dan nyaman untuk dibuat bepergian adalah Voxy. Fitur Toyota Voxy cukup mumpuni sehingga perjalanan akan semakin asyik.

  • Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Ukuran Ban Toyota Avanza

    Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Ukuran Ban Toyota Avanza

    Franky Pratama

    Tips memilih ukuran ban Toyota Avanza berikut ini, lebih ditujukan pada mereka yang ingin memodifikasi bannya. Dalam artian, ingin mengganti dengan ukuran di luar versi pabrikan. Untuk selengkapnya, mari kita simak tips memilih ukuran ban Toyota Avanza.

  • Tips Memilih Lampu HID Mobil Toyota Yang Benar Dan Sesuai Kebutuhan

    Tips Memilih Lampu HID Mobil Toyota Yang Benar Dan Sesuai Kebutuhan

    Franky Pratama

    Merasa lampu kurang terang dan ingin ganti dengan yang baru? Maka tepatlah artikel kali ini yang membahas lengkap terkait tips memilih lampu HID mobil Toyota yang benar.