Tips Memilih Oli Mesin Mobil Toyota Avanza Yang Sesuai

14/05/2018

Oli mesin merupakan salah satu hal yang dibutuhkan kendaraan. Fungsinya adalah untuk melumasi tiap komponen dalam mesin Mobil. menentukan oli tidak boleh sembarangan supaya kondisi mesin tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Salah satu Mobil yang digemari oleh masyarakat adalah Toyota Avanza. Jadi menentukan oli mesin Mobil Toyota Avanza harus diperhatikan dan sesuai rekomendasi.

Pemakaian oli mesin Mobil Toyota Avanza yang tidak tepat dapat beresiko menurunkan performa Mobil. Efeknya juga terjadi dalam jangka panjang, oleh sebab itu sebelum melakukan pergantian harus mengetahui oli yang direkomendasikan supaya performa dapat terjaga.

Untuk tipe oli Mobil dibedakan berdasarkan tingkat kekentalannya yang biasa dinyatakan dengan unit SAE (Society of Automotive Engineers). Jadi ketika melakukan pembelian Mobil sebaiknya menanyakan apa oli mesinnya, dengan begitu Anda tidak akan bingung mengenai oli yang tepat pada Avanza milik Anda. Selain itu, Anda juga bisa melihat di buku panduan pemilik mengenai masalah tersebut.

Gambar ini menunjukkan Mobil Toyota Avanza Warna silver tampak depan

Toyota Avanza merupakan Mobil keluarga yang memiliki banyak peminat

Meskipun pada Mobil generasi terbaru ataupun yang lama, tetap membutuhkan oli untuk melumasi tiap komponen. Salah satu oli yang dipandang adalah Fastron Techno, yang dimana pelumas tersebut sangat cocok untuk Mobil keluaran terbaru. Toyota Avanza juga merupakan salah satu kendaraan yang cocok menggunakan pelumas ini. Oli tersebut memiliki kekentalan ganda serta stabil, ditambah lagi pelumas tersebut dapat menjadikan mesin mampu bekerja dengan optimal ketika start up ataupun saat beroperasi dalam temperatur tinggi. Ketahanan terhadap oksidasi panas juga cukup tinggi yang membuat masa pakai pelumas lebih panjang.

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga tebaru Mobil Toyota

Penggunaan Fastron Techno untuk oli mesin Mobil Toyota Avanza juga mempunyai penguapan pelumas yang rendah. Pembentukan deposit juga dapat dicegah sehingga mesin dapat terjaga kehandalannya. Kelebihan lainnya adalah menjaga kebersihan pada mesin serta melindungi komponen dengan maksimal dari kontaminan dan juga keausan.

Pemilihan oli mesin Mobil Toyota Avanza yang tepat memang kadang dapat menjadikan bingung. Namun sebenarnya tidaklah susah untuk mendapatkannya, karena pada dasarnya hal tersebut telah terdapat pada buku manual kendaraan yang biasanya diberikan ketika membeli kendaraan. Dari segi mesin Toyota Avanza memiliki 2 dapur pacu, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc.

>>> Jika paham cara memilih oli mesin mobil, mari memulai perjalanan dengan saran menarik di sini

gambar ini menunjukkan beberapa macam oli mesin Mobil dengan berbagai merek

Pemilihan oli mesin sebaiknya mengikuti rekomendasi pihak pabrikan

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi terbaru mengenai harga Mobil

Apabila dilihat dari segi spek olinya memiliki perbedaan, seperti Toyota Avanza yang memerlukan 4 liter ketika akan melakukan pergantian oli mesin. apabila filter oli dilakukan pergantian maka olinya bisa menjadi 4,5 liter. Dengan begitu maka untuk melakukan pergantian tinggal melihat spek dari olinya. Sesuaikanlah SAE yang telah dianjurkan oleh pihak pabrikan, yaitu SAE 10 w – 40 w.

Oli mesin dengan SAE yang semakin kecil maka olinya akan semakin encer. Dengan begitu pelumasan pada komponen mesin akan lebih baik dan kerja mesin menjadi lebih ringan. Dampak yang didapat bisa terjadi pada konsumsi bahan bakarnya yang lebih hemat. Namun masalahnya adalah oli dengan tingkat SAE yang kecil biasanya harganya lebih mahal dan sangat jarang dipasaran.

>>>  Mungkin tertarik, Hal Yang Harus Dilakukan Agar Kopling Mobil Toyota Bertahan lama

Untuk penggunaan oli menurut standar pabrikan pada Mobil keluaran tahun 2000 sampai 2001 dianjurkan untuk menggunakan pelumas dengan SAE 5 w - 40 w atau bisa juga 10 w – 40 w. Dengan penggunaan oli yang semakin encer juga dipengaruhi dengan beberapa faktor seperti teknologi yang digunakan pada kendaraan semakin canggih.

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik sedang mengisi oli mesin mobil toyota

Mengganti oli mesin Mobil dilakukan secara berkala untuk menjaga performa

Dengan melihat ulasan di atas dapat disimpulkan, bahwa dalam mengganti oli mesin Mobil Toyota Avanza harus benar-benar sesuai. Ikuti saran pihak pabrikan  dan pilihlah oli yang sudah terjamin kualitasnya. Jangan sampai tertipu dengan harga yang murah namun kualitasnya tidak sesuai. Selain itu, lakukan pergantian  oli dan juga filternya sesuai yang telah direkomendasikan oleh pihak pabrikan.

>>>  Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Abdul Kosim
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • 3 Hal Saat Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan

    3 Hal Saat Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Mengendarai Mobil memang bukan perkara yang sulit apabila sudah terbiasa. Namun bagi ibu hamil mungkin ini bisa jadi pikiran, apakah boleh atau tidak. Pada standar keamanan dalam mengemudi Mobil, sebenarnya tidak jauh berbeda antara ibu hamil dan tidak. Akan tetapi saat mengandung tentu ada rasa kekhawatiran jika harus mengemudi Mobil. Lantas sebenarnya boleh tidak sih mengemudi Mobil bagi ibu hamil?

  • Beberapa Teknik Parkir Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Beberapa Teknik Parkir Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Dalam mengemudi Mobil dituntut supaya mahir dalam mengendalikannya dalam segala situasi. Dengan begitu akan tercipta rasa nyaman saat berkendara, baik bagi diri sendiri dan pengendara lain. Begitu juga teknik parkir Mobil yang perlu diketahui, supaya dapat menempatkan kendaraan dengan baik dan aman. Mengingat saat parkir kadang berada di tempat yang sempit karena penuh.

  • Beberapa Tips Berkendara Yang Aman Di Jalan Perlu Diperhatikan

    Beberapa Tips Berkendara Yang Aman Di Jalan Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Berkendara menggunakan Mobil memang menyenangkan dan nyaman. Namun jangan sampai lupa untuk berkendara yang aman di jalan. Apalagi di jaman sekarang banyak kendaraan yang berada di jalanan, sehingga memerlukan daya konsentrasi dan kewaspadaan tinggi ketika berkendara.