Tips Memilih Ban Mobil Untuk Musim Hujan Yang Perlu Diperhatikan

31/08/2018

Di beberapa daerah di Indonesia sudah mulai turun hujan, tanda-tanda datangnya musim penghujan telah tiba. Alangkah baiknya bagi pengendara Mobil segera melakukan persiapan dan meningkatkan kewaspadaan di jalan. Utamakanlah keselamatan karena itulah hal yang sangat penting. Bagi sobat yang berniat memilih ban Mobil untuk musim hujan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pada saat musim penghujan jalanan akan berubah menjadi agak licin, ditambah lagi jalanan yang berlubang akan sulit untuk melihat berapa kedalamannya. Melihat hal tersebut, tingkat bahaya di jalan menjadi lebih meningkat. Oleh sebab itu fokus dan hati-hati harus lebih ditingkatkan. Begitu juga dengan memilih ban Mobil untuk musim hujan tidak boleh sembarangan.

Ban Mobil juga merupakan salah satu bagian yang amat penting di kala hujan. Ditambah lagi, meskipun mendekati musim penghujan namun masih belum dapat diprediksi dimana akan ditemui dan kapan waktunya. Oleh sebab itu disarankan bagi sobat untuk menggunakan ban yang memiliki jenis all condition yang berarti mampu berjalan di musim panas ataupun hujan.

Berikut ini merupakan beberapa tips dalam memilih ban mobil untuk musim hujan yang perlu diperhatikan.

1. Melihat buku panduan pemilik

Gambar ini menunjukkan salah satu isi dari buku manual kendaraan

Buku manual kendaraan didapat saat membeli Mobil baru

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah melihat buku manual kendaraan yang biasanya didapat saat membeli Mobil. Didalamnya biasanya terdapat kejelasan mengenai segala sesuatunya yang berhubungan dengan kendaraan yang dimiliki. Pihak produsen Mobil biasanya telah memperhatikan segala sesuatunya dengan baik untuk keselamatan konsumennya. Dalam menggunakan ban Mobil disarankan mempunyai ketebalan diantara 55 hingga 75 persen dari lebarnya.

>>> Baca juga, Ingat! Buku Manual Kendaraan Tidak Boleh Dianggap Remeh

2. Motif yang sesuai

Gambar ini menunjukkan ban pada Mobil dalam keadaan kotor

Kembangan yang dimiliki ban Mobil terdapat banyak motif yang dapat dipilih

Ketika berkendara di jalanan yang basah sangat berbeda dengan yang kering. Pengemudi tidak boleh terlalu agresif dalam melakukan akselerasi karena beresiko tergelincir akibat licin. Dalam memilih ban Mobil untuk musim hujan juga perlu diperhatikan. Pastikan motifnya tepat dan sesuai dengan rekomendasi pihak pabrikan atau standarnya. Selain itu jangan terpaku dengan motif yang dibuat agar tampilan lebih menarik.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

3. Hindari ban dengan pola slick

Gambar ini menunjukkan ban mobil model slick dengan velg warna putih

Ban jenis slick tidak cocok untuk jalanan basah

Dalam memilih ban untuk musim penghujan sebaiknya menghindari jenis slick. Pada umumnya ban jenis ini tidak mempunyai pola dan sering disebut dengan ban gundul. Walaupun ketika sedang dalam jalanan kering akan lengket terhadap aspal dan bisa diandalkan, namun saat jalanan dalam kondisi basah akan sangat membahayakan.

>>> Baca juga, Ingin Mengganti Ban Baru! Berikut Strateginya Yang Disesuaikan Dengan Budget

4. Memperhatikan alur ban Mobil

Pada saat berniat membeli ban Mobil perhatikan pola atau alur telapak yang dimiliki oleh ban. Ada 2 jenis pola yang perlu diperhatikan yakni bidirectional dan unidirectional.

Gambar ini menunjukkan 3 ban Mobil dengan alur telapak ban yang sama

Pilihlah ban yang tepat saat musim penghujan

  • Ban bidirectional mempunyai pola simetris dan bisa digunakan dalam 2 arah.
  • Ban unidirectional hanya mempunyai satu arah saja, sehingga tidak dapat digunakan pada bagian roda lainnya.

Diantara kedua jenis alur ban tersebut, yang cocok untuk digunakan pada saat musim penghujan adalah ban jenis unidirectional. Selain itu ban ini juga sangat baik dalam memecah aliran air, oleh sebab itu saat ingin membeli sebaiknya pilih yang jenis ini.

Jika masih kebingungan mengenai memilih ban Mobil untuk musim hujan dapat bertanya ke pihak penjual yang sobat percaya atau sudah langganan. Dengan begitu akan dipilihkan ban yang tepat dan sesuai serta memiliki tingkat keamanan yang lebih maksimal.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai memilih ban Mobil untuk musim hujan. Mungkin sobat memiliki teknik tersendiri saat memilih ban untuk menghadapi musim penghujan. Semoga bermanfaat, hati-hati berkendara dan utamakan keselamatan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca