Tips Irit BBM Toyota Kijang Kapsul

22/11/2019

Meski sejujurnya hal ini agak sulit dilakukan, namun ternyata tips irit BBM ini dapat diterapkan pada Toyota Kijang Kapsul baik yang masih mengusung sistem pasokan bahan bakar karburator maupun yang sudah EFI.

Gambar menunjukkan Toyota Kijang LGX 1997 berwarna hijau

Toyota Kijang Kapsul yang masih karburator pun bisa irit

Sudah menjadi rahasia umum bila Toyota Kijang tidak irit dalam hal konsumsi BBM. Sebab teknologi mesinnya masih sederhana nan kuno, sehingga kerugian mekanisnya masih tinggi. Apalagi Toyota Kijang Kapsul yang masih menganut sistem pengabutan bahan bakar karburator. Namun, bukan berarti tips irit BBM Toyota Kijang Kapsul tidak dapat dilakukan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin tips irit BBM ini berhasil.

>>> Ingin ruang mesin Toyota Kijang Anda bersih? Ikuti tips dari penggemar Kijang ini

Gambar menunjukkan Toyota Kijang LGX 2.0 EFI 2001 berwarna silver

Kijang dengan Electronic Fuel Injection (EFI) akan memiliki konsumsi BBM lebih baik dari karburator

Yang pertama adalah Anda harus kenal terlebih dahulu mobil Kijang Kapsul yang Anda bawa. Toyota Kijang kapsul dengan sistem pasokan bahan bakar injeksi alias Electronic Fuel Injection (EFI) pasti akan punya kemampuan konsumsi BBM yang lebih ekonomis dari versi karburator. Sebab injeksi elektronik mampu mengatur debit bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin dengan diatur oleh sistem elektronik.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar menunjukkan Electronic Fuel Injection Toyota Kijang

Sistem injeksi lebih irit dari karburator dan settingannya tidak mudah berubah

Tips irit BBM Toyota Kijang Kapsul ini dapat dimulai dari cara Anda mengemudi mobil. Untuk Toyota Kijang Kapsul yang mesinnya masih mengusung 7K dengan karburator, ssahakan pindah gigi pada putaran mesin maksimum 2.800 rpm, karena torsi maksimum sebesar 139 Nm keluar di rentang putaran mesin itu. Sementara untuk Toyota Kijang yang sudah mengadopsi sistem injeksi berkode 7K-E maksimum gear up di 3.200 rpm.

>>> Inilah fitur-fitur Toyota Sienta yang kerap dilupakan pemiliknya

Gambar menunjukkan Karburator AISAN Toyota Kijang LGX 1997

Agar irit, pastikan setting karburator tepat

Tak kalah penting juga setup karburator. Untuk Toyota Kijang yang masih pakai karburator jangan lupa mengecek settingan karburator agar selalu optimal. Spuyer yang dipakai juga harus pas dengan kebutuhan. Sementara untuk Toyota Kijang yang sudah menganut injeksi Anda hanya perlu membiasakan diri eco driving agar konsumsi BBM Toyota Kijang Kapsul Anda selalu ekonomis.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya hanya di Konsultan Mobil HargaToyota.com

Arfian Alamsyah
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mau Membeli Mobil, Pikirkan Juga Garasinya Guys!

    Mau Membeli Mobil, Pikirkan Juga Garasinya Guys!

    Fatchur Sag

    Jangan asal punya mobil, Anda juga harus memikirkan garasinya saat berencana membeli mobil baru agar tidak jadi masalah di kemudian hari buat masyarakat umum.

  • Mengenal Perbedaan Mesin Hybrid Dan Plug-in Hybrid Pada Mobil Toyota

    Mengenal Perbedaan Mesin Hybrid Dan Plug-in Hybrid Pada Mobil Toyota

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil ternama yang memasarkan produknya ke berbagai negara di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Bahkan Toyota juga menjadi pionir mobil ramah lingkungan yang terus melakukan inovasi dalam menciptakan mesin yang mempunyai efisiensi cukup tinggi. Seperti misalnya Toyota Prius yang menggunakan mesin Hybrid. Pembahasan kali ini adalah perbedaan mesin Hybrid dan Plug-in Hybrid?

  • Mengetahui Gejala Power Steering Mobil Toyota Rusak

    Mengetahui Gejala Power Steering Mobil Toyota Rusak

    Abdul

    Di zaman sekarang mobil sudah menggunakan teknologi modern, begitupun pada mobil besutan Toyota. Salah satu teknologi yang terdapat pada kemudi mobil adalah Power Steering. Yang mana dengan adanya fitur ini dapat membantu pengendalian mobil. Namun ada gejala Power Steering mobil Toyota rusak yang perlu diperhatikan.