Tips Bersihkan Panel Di Kabin Mobil Bahan Kayu, Logam Dan Plastik

08/05/2020

Himbauan untuk tetap #DiRumahAja telah diberikan oleh pemerintah. Tujuannya adalah untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19). Pada saat masa tersebut Sobat bisa memanfaatkannya dengan melakukan kegiatan seperti bersihkan panel di kabin mobil.

Bersihkan panel di kabin mobil tentunya bisa menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan, apalagi dilakukan bersama anak tercinta. Namun antara bahan kayu, logam dan plastik terdapat sedikit perbedaan dalam proses pembersihan.

Mengetahui perbedaan ketiganya dalam proses pembersihan sangatlah diperlukan. Dengan begitu maka panel dalam kabin akan tetap terjaga semuanya dan awet.

Berikut ini tips bersihkan panel di kabin mobil dengan bahan loam, kayu dan plastik :

1. Panel Dengan Bahan Kayu

Gambar ini menunjukkan panel kayu di kabin mobil

Pembersihan panel kayu cukup mudah dan simpel

Pada umumnya untuk material bahan kayu finishingnya dilakukan coating sehingga permukaannya menjadi licin. Dengan begitu dari segi pembersihan terbilang simple dan cukup mudah. Hanya saja pada bagian ini sering terlihat kotor, bahkan saat disentuh dengan tangan terlalu sering membuatnya tampak terlihat kusam.

Untuk pembersihan bisa menggunakan kain microfiber saja untuk membersihkan kotoran yang ringan. Pada prosesnya dilakukan dengan cara melakukan penyekaan secara perlahan dengan menggunakan gerakan searah. Bila ternyata kotorannya sulit dihilangkan maka bisa mengandalkan cairan interior cleaner.

>>> Baca Juga, Tips Mencegah Penularan Virus Corona Buat Konsumen Ala Toyota Auto2000

2. Panel Dengan Bahan Logam

Gambar ini menunjukkan interior dashboard dan kemudi pada mobil

Panel bahan logam perlu gunakan bahan khusus untuk pembersihannya

Dengan menggunakan panel logam maka tampilannya jadi lebih berkelas dan sporty. Oleh sebab itulah mobil mewah kerap menggunakan panel dengan bahan logam. Untuk proses pembersihan tidaklah mudah seperti panel kayu. Namun saat panel ini menggunakan aksen warna krom maka perlu perawatan yang terbilang khusus. Bahannya mengandalkan formula metal polish, hal tersebut dikarenakan sifat material bahan yang tergolong mudah untuk terkena oksidasi.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

3. Panel Dengan Bahan Plastik

Gambar ini menunjukkan panel bahan plastik pada mobil

Membersihkan paling mudah adalah panel bahan plastik

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Di zaman sekarang sudah semakin canggih, beberapa teknologi memudahkan para penggunanya dalam mengoperasikan dan perawatan. Tidak ketinggalan pula teknologi dalam dunia otomotif, yang mana dengan panel bahan plastik dapat menciptakan berbagai motif yang sangat menarik seperti motif logam, panel kayu bahkan serat karbon.

Untuk tahapan akhir atau finishing biasanya panel plastik akan dilakukan coating mengkilap atau doff. Dalam proses bersihkan panel di kabin mobil bahan plastik cukup mudah. Caranya hanya dengan melakukan penyekaan sudah dapat kembali bersih, jika ada yang membandel bisa memakai interior cleaner. Sementara untuk panel plastik yang terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat menggunakan bahan conditioner. Bahan tersebut seperti bahan yang dipakai untuk membersihkan bahan kulit pada mobil agar panel bahan plastik tidak mudah kusam dan pecah-pecah.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips bersihkan panel kayu di kabin mobil yang berbahan plastik, kayu dan logam. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca