Tingkatkan Keamanan, Lihat Tips Mengemudi Mobil Di Malam Hari Supaya Aman Dan Nyaman

10/09/2018

Berkendara menggunakan Mobil biasanya dilakukan tidak hanya siang saja. Bahkan pada malam hari jika keadaan mendesak akan tetap dilakukan. Biasanya ketika akan menuju suatu tempat yang jaraknya cukup jauh dan membutuhkan waktu berhari-hari hal tersebut akan dilakukan. Mengemudi Mobil di malam hari memang lebih melelahkan, umumnya karena faktor kelelahan akibat aktivitas yang dilakukan di siang hari.

Mengemudi Mobil di malam hari ataupun siang hari, yang perlu diutamakan adalah keselamatan. Apabila tidak kuat sebaiknya beristirahat dan melanjutkannya saat pagi hari. Namun apabila dirasa kuat dan siap untuk melanjutkan perjalanan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut ini merupakan tips mengemudi di malam hari yang perlu diperhatikan supaya aman dan nyaman.

1. Sinar lampu Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil dengan lampu utama yang menyala

Pastikan semua lampu menyala dengan maksimal sebelum berkendara di malam hari

Cahaya yang dihasilkan lampu Mobil harus diperhatikan, umumnya untuk kendaraan terbaru sorot lampu utama menuju ke arah yang tidak sama atau terlalu rendah. Hal ini tentunya dapat mengganggu visibilitas pengendara saat melihat jalan. Untuk solusinya bisa dilakukan percobaan dengan mengaturnya sesuai yang disebutkan dalam buku manual kendaraan. Jadi mengatur sesuai kenyamanan pengemudi dapat dilakukan, dengan catatan tidak mengganggu lalu lintas atau kendaraan lain di depan atau yang berpapasan. Sebagai contoh sorot lampu Mobil tidak boleh menyinari mata dari pengendara lain.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

2. Membersihkan kaca Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kanebo untuk mengelap kaca luar Mobil

Kaca Mobil yang bersih akan lebih jelas pengemudi dalam melihat jalanan

Sebuah trik yang dapat dilakukan saat mengemudi Mobil di malam hari adalah membersihkan kaca Mobil dengan koran. Pasalnya, menggunakan bahan tersebut mampu mengurangi residu yang berasal dari kaca yang mengkilap karena pemolesan saat di siang hari. Tidak hanya itu saja, penggunaan koran juga dapat berfungsi untuk menghilangkan waterspot yang terdapat pada kaca Mobil (jika ada).

Dalam penggunaan koran tidak boleh sembarangan, caranya adalah:

  • Basahi Permukaan kaca
  • Membersihkan kotoran dengan arah yang beraturan
  • Semprot dengan cairan pembersih
  • Melakukan pengelapan

Dengan 4 langkah tersebut kotoran akan hilang dan kaca Mobil berubah menjadi bening seperti sedia kala.

>>> Baca juga, Masih Pakai Angin Biasa? Ketahui Manfaat Mengisi Angin Ban Dengan Nitrogen

3. Menyalakan lampu kabut (fog lamp)

Lampu kabut mempunyai fungsi untuk menembus kabut, maksudnya adalah pancaran sinarnya dapat terlihat meskipun terdapat kabut di jalan. Selain itu, lampu fog lamp juga digunakan ketika melintasi jalanan dalam kondisi hujan deras.

Gambar ini menunjukkan sebuah jalan yang disinari lampu fog lamp Mobil

Lampu fog lamp selain untuk menembus kabut juga berguna saat berkendara di malam hari

Meskipun begitu, ternyata lampu fog lamp ini juga dapat berguna saat berkendara di malam hari. Meskipun jalanan tidak disertai kabut, namun pencahayaan yang dihasilkan dapat membantu penerangan jalan. Cahaya yang dihasilkan oleh lampu kabut dapat menyebar lebih luas apabila dibandingkan dengan lampu biasa. Dengan begitu visibilitas pengendara dalam melihat jalan akan lebih luas.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Persiapan Pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh Yang Perlu Diperhatikan

4. Membersihkan kaca spion Mobil dan mengaktifkan spion auto dimming

Pada saat kaca spion Mobil dalam kondisi kotor dapat membuat cahaya yang dipantulkan akibat lampu kendaraan lain dibelakang dapat menyebar lebih luas. Dengan begitu beresiko silau terhadap mata. Jadi dengan melakukan pembersihan tentunya akan memperkecil pelebaran pantulan cahaya dan membuat pandangan untuk melihat kendaraan di belakang lebih jelas.

Gambar ini menunjukkan spion tengah Mobil dengan gantungan pohon warna biru di bawahnya

Pengaturan kaca yang benar dapat meningkatkan visibilitas pengemudi untuk melihat pengendara lain di belakang

Selain itu, saat mengemudi Mobil di malam hari jangan lupa untuk mengaktifkan fitur auto dimming. Bagi yang belum tahu mengenai fitur ini, jangan khawatir! Berikut penjelasannya.

Spion auto dimming merupakan salah satu fitur standar yang kerap digunakan pada Mobil Eropa. Untuk fungsinya sendiri adalah mereduksi cahaya dari lampu kendaraan di belakang yang terlalu tinggi sehingga tidak memantul pada mata.

Tentunya cukup bahaya apabila mata menjadi silau karena cahaya lampu kendaraan lain. Mengingat saat terjadi hal tersebut, maka mata pengendara akan mengalami blind dalam jangka 1,5 detik. Jadi dalam kurun waktu tersebut  Mobil terbilang tanpa kendali. Dalam waktu tersebut jika Mobil dalam kecepatan cukup tinggi bisa mencapai jarak sekitar 34 meter.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Hindari Hal Ini Saat Membersihkan Spion Mobil

    Hindari Hal Ini Saat Membersihkan Spion Mobil

    Abdul

    Mobil adalah salah satu tunggangan yang nyaman untuk menempuh perjalanan baik dekat ataupun jauh. Disamping hal tersebut merawat setiap bagian dan komponen Mobil sangatlah diperlukan. Salah satunya adalah dengan membersihkan spion Mobil.

  • Inilah Beberapa Pilihan Ban Yang Cocok Untuk Toyota Yaris

    Inilah Beberapa Pilihan Ban Yang Cocok Untuk Toyota Yaris

    Abdul

    Ban merupakan salah satu komponen pada Mobil yang mempunyai fungsi sangat penting. Yang mana kinerjanya berhubungan langsung dengan aspal, sehingga memastikan kondisinya maksimal sangat diperlukan. Salah satu Mobil yang digemari masyarakat di Indonesia adalah Toyota Yaris. Lantas apa saja ban yang cocok untuk Toyota Yaris?

  • Ini Mobil Yang Ditolak Asuransi! Tenang Ada Solusinya

    Ini Mobil Yang Ditolak Asuransi! Tenang Ada Solusinya

    Abdul

    Menggunakan jasa asuransi kendaraan sangat direkomendasikan untuk lebih menjaga keamanan. Akan tetapi perlu diketahui, bahwa tidak semua Mobil tidak bisa diasuransikan. Jadi ternyata, terdapat beberapa Mobil yang ditolak asuransi.