Tidak Bisa Asal, Berikut Tips Ganti Aki Mobil

01/06/2019

Tugas aki ialah sebagai cadangan listrik utama yang bekerja memenuhi semua kebutuhan listrik di mobil. Aki yang bermasalah tentu akan sangat menghambat mobilitias Anda saat hendak berkendara. Untuk menggantinya tidak bisa asal. Berikut ini tips ganti aki mobil.

Aki yang tidak berfungsi baik akan menimbulkan beberapa masalah, misalnya AC yang menjadi tidak sejuk, menurunnya performa mobil, mesin menjadi tidak stabil, bahkan menyebabkan mesin tidak dapat menyala. Semua permasalahan kelistrikan tersebut hanya dapat diatasi dengan mengganti aki lama dengan aki baru. Nah untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan 3 langkah ini ketika harus mengganti aki mobil tanpa bantuan montir.

>>> Baca juga : Waspadalah, Ini Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Wajib Diketahui

1. Cara Melepas Aki Lama

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah melepas aki dengan benar. Supaya lebih aman, lepaskan kabel, baut dan klem pada kutub negatifnya terlebih dahulu, baru kemudian dilanjutkan pada kutub positifnya. Setelah semua kabel dan klem terlepas, angkat aki tersebut secara tegak lurus agar cairan dalam aki tidak tumpah.

Melepas aki dari mesin mobil

Pastikan langkah melepas aki lama dengan benar

Mengapa harus kabel negatif terlebih dahulu ? Alasannya ialah, apabila Anda melepas kabel bagian positif terlebih dahulu apabila Anda menjatuhkan alat kerja ataupun benda lainnya jatuh ke terminal positif serta mengenai benda lainnya yang ada di mobil, maka akan memicu terjadinya hubungan pendek arus listrik.

>>> Ini Dia Caranya Memahami Kode Aki Mobil Toyota Anda

Sedangkan jika mencabut kabel negatif terlebih dahulu maka dengan sendirinya akan memutuskan hubungan arus listrik pada bodi mobil. Apabila terdapat benda logam ataupun benda lainnya jatuh pada kedua terminal sekalipun maka tidak akan mengalami masalah.

Membersihkan bagian berkarat

Bagian yang berkarat dibersihkan terlebih dahulu sebelum memasang aki baru

2. Pembersihan Bagian yang Berkarat

Langkah kedua adalah melakukan pemeriksaan pada kabel dan klem aki. Bila terdapat karat, gunakan cairan anti karat untuk membersihkannya atau Anda dapat menggosoknya agar karat hilang. Karat dan berbagai kotoran yang menempel pada klem dan ujung kabel akan menjadi isolator atau penghalang masuknya aliran listrik.

>>> Review mobil Toyota terlengkap dan terupdate hanya ada di sini

3. Cara Memasang Aki Baru

Langkah ketiga adalah memasang aki baru. Cara memasang aki baru berkebalikan dengan cara mencopot aki lama. Letakkan aki pada dudukannya secara tegak lurus, lalu pasang kabel positifnya terlebih dulu, baru kemudian dilanjutkan dengan memasang kabel negatif. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah timbulnya percikan api pada kutub positif. Pastikan bahwa semua kabel dan klem sudah terkunci dengan sempurna. Setelah itu coba nyalakan mesin mobil Anda, bila semua berjalan baik, maka Anda dapat menutup kap mobil dan melanjutkan perjalanan.

Pastikan pasang aki baru dengan benas

Saat memasang aki baru, dahulukan bagian positif

Setelah memasang kabel positif kemudian memasang kabel negatif pada terminal aki, pastinya akan muncul percikan api sewaktu didekatkan dengan terminal.  Anda tidak perlu merasa panik, sebab jika kepala aki sudah terpasang dengan sempurna maka percikan tersebut tidak akan muncul kembali. Kecuali terjadi korsleting maka akan muncul terus percikan api pada kutub negatif.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Mahmudi Restyanto
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Fatchur Sag

    Mobil sport dua pintu Toyota Supra generasi terbaru rupanya akan segera hadir dan meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Meskipun informasi dan harga masih belum terungkap, namun TAM sudah benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya seiring dengan sudah terdaftarnya mobil tersebut di Permendagri dan informasi resmi Samsat DKI Jakarta sejak awal 2019.

  • Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Fatchur Sag

    Menjual mobil bekas menjadi alternatif bagi pemilik mobil yang sudah tidak ingin menggunakan mobilnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menyebabkan pemilik menjual mobilnya ke pihak lain. Namun sebagian pemilik mobil masih bingung harus menjual mobilnya ke mana. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak pilihan tempat menjual mobil, baik di diler mobil bekas, jejaring sosial, dan penjualan online.

  • Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Arfian Alamsyah

    Untuk memperbesar ruang bagasi mobil dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa menambah roof box, hingga melipat bangku. Salah satunya yang paling mudah dilakukan adalah melipat bangku baris ketiga New Toyota Avanza ini. Ini dia caranya