Ternyata Merawat AC Mobil Toyota Bisa Buat Bahan Bakar Lebih Hemat

07/04/2019

Mempunyai kendaraan yang hemat bahan bakar tentu banyak diinginkan banyak orang. Namun dalam hal ini pihak produsen telah memperhitungkannya sehingga sudah sesuai dengan yang diatur. Akan tetapi dari pihak pemilik bisa membuat lebih hemat bahan bakar dengan melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan perilaku berkendara. Salah satunya adalah dengan merawat AC mobil.

AC mobil atau sistem pendingin merupakan salah satu fitur yang tergolong wajib di jaman sekarang. Jika tidak ada fitur ini tentunya masyarakat akan lebih memilih kendaraan lain yang sudah diberikan. Terdapat beberapa manfaat yang dimiliki sistem pendingin yang dapat menambah kenyamanan. Selain itu juga berhubungan dengan aerodinamika kendaraan. Jadi saat AC dinyalakan maka semua kaca harus ditutup, jika dibuka maka akan memperbesar hambatan kendaraan saat melaju dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Oleh sebab itu merawat AC mobil diperlukan.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memutar knob untuk mengatur temperatur AC

Saat melaju kencang kurangi temperatur suhu AC dalam kabin mobil

>>> Baca Juga, Toyota Jelaskan Tips Menjaga AC Tetap Dingin untuk Mobil Toyota Anda

Sistem pendingin mobil merupakan salah satu sistem yang menyedot energi mesin cukup banyak. Apalagi kondisinya tidak  baik karena kurangnya perawatan.  Harga bahan bakar sedikit demi sedikit mengalami kenaikan, hal tersebut menjadikan setiap tetesnya menjadi berharga. Dengan melakukan perawatan pada AC mobil ternyata juga ikut berkontribusi dalam menghemat konsumsi bahan bakar.

Berikut ini merupakan beberapa tips merawat AC mobil supaya dapat bekerja dengan baik dan konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat.

>>> Mungkin Anda tertarik, inilah daftar Harga Mobil Toyota terbaru yang ditawarkan oleh Cintamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang cairan khusus disemprotkan pada kisi-kisi AC mobil

Lakukan pembersihan secara berkala dan bisa memakai cairan khusus

1. Melakukan pembersihan pada bagian kabin secara teratur supaya terhindar dari debu serta kotoran. Berikan perhatian lebih pada bagian floor mat yang letaknya di bagian kursi depan karena posisinya dekat dengan evaporator yang merupakan tempat udara masuk. Jadi apabila udara bercampur kotoran maka akan menjadi tempat yang ideal untuk ditumbuhi jamur atau spora yang tidak baik bagi kesehatan. Selain itu resiko muncul bau yang tidak sedap juga bisa saja terjadi saat pertama kali menghidupkan AC mobil. Sehingga membuat pemilik membuka jendela karena aroma yang dikeluarkan.

2. Melakukan pembersihan pada bagian kondensor agar kinerjanya tidak berat.

3. Dalam merawat AC mobil perilaku berkendara juga mempunyai peran yang penting. Seperti misalnya pada saat memarkirkan mobil di bawah terik matahari. Hal tersebut menjadikan pengendara menyalakan AC saat saat akan berkendara dan mendorong AC untuk bekerja maksimal supaya suhu kabin segera berubah jadi dingin. Hasilnya konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Untuk solusinya adalah dengan berjalan perlahan tanpa menyalakan AC, akan tetapi dengan membuka jendela. Apabila udara sudah berganti bisa menutup jendela dan menyalakan pendingin.

Kebiasaan lainnya yang bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros adalah menyalakan AC ketika parkir agar saat digunakan kondisi kabin sudah dingin. Pada kondisi tersebut sudah diaplikasikan pada Toyota Prius. Jadi dari pihak Toyota sudah memasang panel sel surya yang terdapat pada bagian atap Prius. Sehingga energi listrik yang terkumpul sehingga dapat digunakan untuk membuat sistem ventilasi jadi hidup dan suhu yang dapat pada interior dapat keluar dan tidak mengalami kenaikan.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

4. Pada saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi disarankan untuk mengurangi temperaturnya. Hal tersebut dikarenakan kinerja mesin menjadi lebih berat yang menjadikan konsumsi bahan bakar lebih banyak.

5. Jangan menghidupkan AC sebelum mesin dinyalakan dan dalam kondisi stabil. Begitu juga saat mematikan mesin mobil maka AC dimatikan terlebih dahulu.

6. Jika sudah muncul gejala seperti suhu AC yang kurang dingin maka sebaiknya dibawa ke bengkel untuk segera dilakukan penanganan.

Gambar ini menunjukkan indikator bahan bakar dengan jarum menunjukkan penuh

Bahan bakar jadi lebih hemat dengan AC mobil yang terawat

Selain itu, merawat AC mobil juga perlu dilakukan dengan membersihkan kerak, debu, karat, minyak pada coil, kotoran dan sirip AC maksimal satu bulan sekali. Sobat bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang telah diformulasikan untuk hasil yang lebih maksimal.

>>> Jangan lupa tips terlengkap dari konsultan mobil hanya di situs HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Freon AC Mobil Toyota Sudah Habis atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

    Freon AC Mobil Toyota Sudah Habis atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

    Padli Nurdin

    Sebagai salah satu komponen paling disukai di daerah perkotaan seperti Jakarta yang panasnya seringkali mendidih, AC mobil adalah kebutuhan paling penting bagi sebagian besar orang. Namun jika kesejukan mobil berkurang, bisa jadi freon AC mobil Toyota Anda mulai menipis.

  • Banyak Cara Buat Punya Mobil, Ini Kelebihan Membeli Mobil Bekas di Diler

    Banyak Cara Buat Punya Mobil, Ini Kelebihan Membeli Mobil Bekas di Diler

    Fatchur Sag

    Mobil bekas memang tak sempurna seperti mobil baru. Meski demikian Anda tak perlu risau sebab Anda masih bisa mendapatkan mobil-mobil bekas berkualitas baik dari penjual individu maupun di diler. Berbicara soal kelebihan dan kekurangan sudah pasti ada, yang penting harus berhati-hati saat menentukan pilihan. Lalu apa kelebihan membeli mobil bekas di diler?

  • Power Mode Di Toyota Bikin Boros BBM? Apa Iya?

    Power Mode Di Toyota Bikin Boros BBM? Apa Iya?

    Arfian Alamsyah

    Apa benar Power Mode di Toyota bikin boros BBM? Kami mencoba membuktikannya dengan melakukan serangkaian pengetesan.