Ternyata Memberi Pelumas Karet Support Toyota Yaris Itu Penting!

13/12/2018

Beberapa masalah pada kendaraan tentu ada penyebabnya. Seperti misalnya pada ban kempes, itu bisa disebabkan karena ada kebocoran baik lubang yang kecil atau besar. Bisa juga karena lama tidak digunakan sehingga angin pada ban menjadi hilang sedikit demi sedikit. Seperti halnya pada mobil hatchback satu ini, yang mana karet support Toyota Yaris mengalami masalah.

Masalah karet support Toyota Yaris bisa ditandai dengan munculnya bunyi yang dirasa kurang normal dari arah bagian roda depan. Mungkin kalau dalam keadaan lurus kurang terdengar dan seperti tidak ada suara. Namun pada saat membelok baru akan terdengar bunyi yang terasa mengganggu.

Gambar ini menunjukkan Toyota Yaris keluaran tahun 2010 warna silver

Toyota Yaris mobil Hatchback cocok digunakan untuk wilayah perkotaan

Jika mengalami masalah ini umumnya akan menyimpulkan bahwa bearing pada roda telah aus. Namun bisa jadi karena masalah tersebut, karena saat karet support Toyota Yaris mengalami kekurangan pelumas bisa menimbulkan suara seperti kletek-kletek yang tergolong cukup keras. Bahkan hal ini tidak hanya terjadi pada mobil lama saja, akan tetapi mobil yang belum genap 3 tahun bisa juga mengalaminya.

Karet suport ini terdapat pada shockbreaker yang diharapkan selalu dilakukan pengecekan pada pelumasnya. Jika kekurangan maka beresiko menimbulkan bunyi yang cukup mengganggu saat membelokkan kemudi. Pada mobil keluaran terbaru pada umumnya bagian pegangan ataupun support shockbreaker telah dilengkapi dengan bearing. Untuk posisinya sendiri dipisah dengan karet support.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Melakukan pengecekan pada karet support Toyota Yaris dan juga bearing shockbreaker memang sangat diperlukan. Apalagi harganya terbilang cukup mahal sehingga diperlukan perawatan. Jadi dalam pengecekannya bisa dilihat di bagian supportnya yakno bearing dan karet setiap 6 bulan apabila mobil sering digunakan. Apabila kondisinya ternyata terlihat kering sebaiknya dilakukan pelumasan baik bagian luar maupun dalamnya.

Gambar ini menunjukkan karet support Toyota Yaris dalam kondisi baru

Karet support yang terlalu kering dan minim pelumas akan muncul bunyi yang mengganggu

>>> Lihat Juga, Beberapa Tips Safety Driving Dari Para Pengguna Toyota Yaris

Melakukan pelumasan pada bagian tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kinerjanya. Karena saat bagian tersebut terlalu minim pelumasan bahkan sampai mengering, maka dapat mengganggu fleksibilitas gerakan  menjadi terganggu saat memutar kemudi ke kanan ataupun ke kiri. Jadi seakan roda depan seret atau tersendat ketika membelok.

Jika tidak dilakukan dan bagian karet support Toyota Yaris sampai mengering maka akan menimbulkan bunyi yang tidak normal. Selain kinerjanya yang tidak maksimal, bunyi tersebut dapat mengganggu kenyamanan selama perjalanan.

Apabila dibiarkan mengering pada bagian supportnya dalam jangka yang lama, maka resiko yang didapat adalah karet menjadi lebih cepat getas. Jika begitu akan gawat, karena dengan begitu shockbreaker akan menerima benturan yang cukup keras ketika melintasi jalanan berlubang. Hal tersebut dikarenakan karet support yang tidak bekerja dengan semestinya untuk menahan benturan yang terjadi dengan bodi. Kondisinya yang sudah tidak kenyal karena kurangnya pelumasan menjadikannya tidak dapat bekerja dengan optimal.

>>> Baca juga, Inilah Beberapa Pilihan Ban Yang Cocok Untuk Toyota Yaris

Gambar ini menunjukkan ball joint yang sudah aus dan perlu dilakukan penggantian

Saat kerusakan komponen terlalu parah tentu membutuhkan biaya yang lebih besar

Selain itu ada efek samping yang dirasakan saat minim pelumasan, jadi karet menjadi lebih mudah sobek. Jika sudah sobek peredaman pada bagian suspensi menjadi menurun sehingga gejala road noise menjadi ikut bertambah. Hal tersebut dikarenakan  tidak adanya penahan getaran yang terdapat pada bagian suspensi depan.

Jadi bagi pemilik mobil Yaris sebaiknya melakukan pengecekan pada karet support Toyota Yaris. Pemberian pelumas ini sangat penting untuk menjaga kondisinya tetap maksimal dan peredaman getaran jadi lebih baik. Tidak hanya itu, dengan melakukannya menghindari pengeluaran biaya yang cukup mahal untuk melakukan penggantian bagian tersebut.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca