Terdapat Beberapa Cara Mereset Head Unit Mobil Yang Bisa Dilakukan

30/04/2021

Head unit menjadi salah satu bagian yang masuk dalam fitur hiburan mobil Toyota. Bahkan perkembangan juga terjadi di dalam head unit sehingga bisa semakin modern dan bisa digunakan untuk membuat di dalam mobil jadi lebih nyaman. Pada segmen kali ini kami akan berikan info mengenai mereset head unit mobil.

Mereset head unit mobil umumnya dilakukan pada saat head unit mengalami beberapa masalah. Dalam hal ini bisa dikarenakan Bluetooth tidak terbaca,tidak mau hidup,suara kurang jernih dan lainnya. Dengan melakukan reset diharapkan pengaturan dan head unit menyala seperti saat dalam kondisi baru. Untuk lebih jelasnya berikut informasinya:

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Toyota

Head unit mobil menjadi fitur hiburan pada kendaraan

Cara Untuk Mereset Head Unit Mobil

Dalam melakukan reset pada head unit ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Jika dengan melakukan reset sudah bisa mengatasi masalah yang terjadi pada head unit, maka tidak perlu membawa ke bengkel lagi. Dengan begitu biaya juga tidak perlu dikeluarkan oleh pemilik mobil. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah, penggunaan cara di bawah ini juga perlu disesuaikan dengan head unit kendaraan dilansir dari laman Auto2000.

>>> Baca Juga, Cara Menghubungkan Head Unit Toyota Yaris Dengan Smartphone Via Bluetooth & Weblink

1. Melepaskan Kabel Semuanya

Adapun cara yang pertama adalah dengan melepas semua kabel yang terdapat pada head unit. Dalam hal ini alat yang dibutuhkan juga harus siap seperti senter, obeng plus dan obeng minus. Jika sudah siap dilanjutkan dengan membuka panel head unit pada mobil dengan perlahan.Lepaskan kabel soket yang terhubung ke bagian panel dan melepaskan baut yang terpasang di bagian head unit mobil. Ketika sudah terlepas semua maka tinggal mengangkat head unit dan melepaskan kabel soket yang masih terhubung. Dengan melepaskan semua kabel, di beberapa head unit sudah melakukan reset.

Gambar ini menunjukkan head unit yang sudah dilepas dari kendaraan

Untuk mereset head unit ada beberapa cara yang dapat dilakukan

2. Melepas Switch

Adapun cara selanjutnya yang bisa dilakukan dalam mereset head unit mobil adalah dengan melepaskan semua switch pada head unit dari dudukannya. Masih sama untuk alat yang digunakan, tinggal prosesnya adalah dengan melepaskan head unit dari dudukannya. Setelah itu dilanjutkan dengan mengangkat dan melepaskan semua switch yang dipasangkan pada sisi belakang head unit mobil. Tunggulah sebentar dalam waktu beberapa saat dan pasang kembali switchnya. Lakukan percobaan dengan menyalakan head unit untuk mengecek apakah masalah yang sebelumnya dialami sudah diatasi atau belum.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

3. Mereset Dengan Memakai Pin

Cara selanjutnya adalah mengandalkan pin. Jadi ada beberapa head unit yang proses resetnya bisa mengandalkan pin. Jika Head unit Sobat bisa memakainya maka untuk caranya adalah dengan menyiapkan pin yang umumnya digunakan. Bisa juga menggunakan pin yang biasanya dipakai untuk mengeluarkan kartu SIM pada ponsel model saat ini. Langkah selanjutnya adalah dengan menyalakan head unit dan dilanjutkan dengan memasukkan pin dengan melalui lubang kecil yang telah disediakan, biasanya posisinya di atas lubang jack output. Setelah ditekan kemudian ditahan sampai layar pada head unit mobil mengalami reset.

Gambar ini menunjukkan head unit pada mobil Toyota

Head unit bermasalah ganggu kenyamanan di mobil

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam  mereset head unit mobil. Semoga dapat memberikan manfaat dan tetap jaga selalu kesehatan diri sendiri dan kendaraan yang dimiliki dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Abdul

    Mobil transmisi otomatis mempunyai banyak penggemar karena kemudahan yang ditawarkan. Dimana dalam perpindahan transmisi tidak perlu menggunakan pedal kopling dan juga hal lainnya. Bila dibandingkan dengan transmisi manual tentunya terdapat perbedaan dalam pengoperasian. Pada mobil transmisi otomatis terdapat tombol perseneling mobil matic yang tentunya mempunyai fungsi sendiri pada kendaraan.

  • Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Abdul

    Pada sejumlah kendaraan akan ditemui mesin turbo mini. Jadi untuk saat ini mesin turbo tidak hanya ditujukan untuk kendaraan dengan mobil yang memiliki kapasitas besar ataupun performa tinggi. Dengan menggunakan perangkat turbo dapat membuat efisiensi bahan bakar bisa meningkat dan performanya disetarakan.

  • Beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota

    Beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota

    Abdul

    Mobil SUV siap menerjang segala medan dengan membawa kesan gagah dan juga tangguh. Selain itu, penggunaan transmisi CVT menjadi keuntungan tersendiri yang dirasakan oleh pemiliknya. Jadi terdapat beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota yang bisa didapatkan.

International