Teknik Toyota Pada Produk Oli TMO Agar Tidak Dipalsukan

08/09/2019

Merawat mobil menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan pemiliknya. Sangat disarankan untuk melakukan servis berkala dan juga penggantian beberapa cairan seperti oli mobil. Saat sobat melakukan servis di bengkel resmi Toyota, maka dari pihak Toyota akan mensyaratkan untuk menggunakan oli TMO (Toyota Motor Oil).

Tujuan dari hal tersebut adalah supaya kualitas dari pelumas pada mobil Toyota tetap terjaga. Dengan begitu mobil akan bekerja dengan lebih baik dan dapat terhindar dari masalah pemalsuan oli. Mengingat oli palsu dapat membuat kondisi mesin pada mobil Toyota bermasalah. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan oli TMO karena diklaim sulit untuk dipalsukan.

Gambar ini menunjukkan oli TMO dengan botol warna merah dan silver

Oli TMO disyaratkan saat servis di bengkel resmi Toyota

>>> Baca Juga, Ketahui 5 Jenis Oli Pada Mobil Toyota Yang Perlu Diperhatikan

Lantas bagaimana jika ingin mengganti oli sendiri di rumah?

Bisa saja asalkan sobat teliti dan mengetahui tata caranya. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah cara membuka tutup botolnya. Jadi upaya pencegahan memang dilakukan oleh Toyota untuk menghindari adanya pemalsuan oli miliknya. Beberapa inovasi dilakukan pada kemasan botol TMO 4 liter ataupun yang satu liter, baik untuk oli transmisi maupun mesin.

Inovasi tersebut berupa desain tutup botol yang diperbarui sehingga sulit untuk menduplikasinya. Jadi penjual nakal akan sulit untuk menirunya untuk membuat palsunya. Mengingat banyak beredar oli palsu yang sulit untuk dibedakan. Sehingga pihak Toyota melakukan langkah antisipasi tersebut agar para konsumennya lebih tenang.

Bagi Sobat yang ingin mengganti oli TMO pada mobil Toyota yang dimilikinya bukanlah perkara mudah. Hal tersebut dikarenakan dalam prosesnya perlu melakukan beberapa tahapan sehingga sedikit merepotkan. Adapun hal pertama yang perlu dilakukan saat ingin membukanya adalah dengan menarik kait pada tutup botolnya. Apabila terasa sulit dapat menggunakan obeng untuk melakukan pencungkilan.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Baca ulasan mobil terlengkap dan terupdate hanya ada di sini

Gambar ini menunjukkan Oli TMO dengan tutup warna biru

Tutup oli TMO memiliki warna berbeda dengan kegunaan berbeda pula

>>> Mungkin tertarik, Tips Memilih Oli Mesin Mobil Toyota Avanza Yang Sesuai

Pada proses tersebut juga menjadikan segel yang terdapat pada tutup botol oli mengalami kerusakan. Dengan begitu bisa dijadikan tanda bahwa botol sudah pernah dibuka sehingga untuk memalsukannya tergolong sulit. Di bawahnya lagi masih terdapat lapisan plastik  yang dibuat transparan dan menjadi penutup hologram. Saat ingin mengganti oli perlu melakukan pembukaan kembali.

Apabila sudah terbuka barulah lapisan hologram akan nampak dan perlu dirobek. Barulah Sobat bisa mengisikan oli pada tempatnya di dalam mesin mobil. Jadi tutup botol dari oli TMO ini memang dibuat untuk digunakan sekali pakai, dengan begitu tutup akan rusak dan tidak dapat digunakan kembali. Tentunya hal tersebut tidak masalah, karena setelah oli habis dituang maka tidak akan terpakai kembali.

Tujuan pihak Toyota melakukan hal tersebut adalah untuk memastikan bahwa kemasan tidak dapat digunakan kembali  ataupun diisikan ulang dengan menggunakan produk lain kemudian dijual lagi. Namun bila ternyata masih terdapat oli yang tersisa, maka bisa ditutup kembali dengan cara memposisikan tutup terbalik. Teknik tersebut juga merupakan sebuah tanda bahwa kemasan sudah dibuka.

>>> Ingin membeli mobil buatan Toyota, jangan abaikan daftar mobil dijual hanya ada di Hargatoyota.com

Gambar ini menunjukkan tutup botol TMO dengan beragam warna

Kemasan oli produk Toyota dibuat untuk menghindari pemalsuan

Dari pihak Toyota memang tidak memfokuskan pada hologram. Karena fakta yang terjadi adalah hologram bisa ditiru. Konsumen pun akan merasa kesulitan untuk membedakan mana hologram pada kemasan oli TMO yang asli atau palsu. Bahkan setiap produk oli menggunakan tutup botol dengan warna yang tidak sama. Untuk saat ini di pasaran produk TMO ada 7 yang dijual di pasaran. Sebagai contoh untuk mobil bensin yang menggunakan oli sintetik maka tutupnya adalah warna biru. Jadi warna juga bisa menunjukkan jenis mesin seperti diesel atau bensin, tipe oli dan juga nilai dari viskositasnya. Jadi ketika sobat memakai produk TMO yang menggunakan tutup dengan  warna biru, tapi ternyata tutupnya adalah hijau dengan spek yang sama, maka dapat dipastikan bahwa oli tersebut palsu dan perlu diwaspadai.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tips dan trik yang bermanfaat lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca