Tekanan Ban Mobil Innova Berapa Untuk Memastikan Keamanan?

10/08/2021

Memiliki mobil Innova selalu adalah impian banyak orang karena fitur-fiturnya yang menarik dan menjanjikan perjalanan yang nyaman dan menyenangkan. Namun, untuk memastikan keamanan mutlak, Anda pasti perlu mengetahui berapa banyak tekanan ban mobil Innova yang benar-benar pas.

Pada bagian mobil Innova, ban memegang peranan paling penting, bertanggung jawab atas hubungan antara kendaraan dan permukaan jalan. Mengisi angin untuk kendaraan yang tidak tepat akan berdampak buruk pada proses operasi, menjadi penyebab kecelakaan yang tidak terduga. 

Bagaimana cara tahu tekanan ban mobil Innova?

Cari tahu berapa banyak tekanan ban mobil Innova untuk memastikan perjalanan yang aman

Tekanan ban mobil Innova mengisi angin berapa itu bagus? 

Agar ban mobil Innova dapat beroperasi secara optimal, pengguna harus melakukan mengisi angin ban  sesuaikan apa  yang direkomendasikan oleh pabrikan.
Mengukur tekanan ban mobil saat ini menggunakan 2 unit pengukuran yang populer, PSI dan Bar. Jika PSI (1 Kg/cm2 = 14,2 Psi ) dengan pengukuran rata-rata itu sekitar 30 PSI/ban mobil. Kemudian Bar dihitung berdasarkan tekanan atmosfer dengan indeks biasanya mencapai 2,1 Bar atau setara dengan 30 PSI.
Tekanan ban mobil Innova yang dihitung di kiogram itulah 2.3kg/cm2, dihitung di Bar adalah 2.3 atau 228 KPa.

Ketahui tekanan ban mobil Innova dan cara efektif mengisi angin

Ban mobil yang terlalu muda atau terlalu kembung akan memiliki banyak potensi bahaya ketika digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu mengidentifikasi tekanan secara akurat beserta cara mengisi angin ban mobil Innova secara efektif, untuk memastikan keselamatan terbaik.

>>> Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

Identifikasi tekanan ban mobil Innova

Ketika ban terlalu kembung, sentuhan antara ban dan permukaan jalan akan meningkat, menyebabkan gesekan yang besar. Hal ini memaksa mesin mobil harus beroperasi dengan kapasitas yang lebih besar, mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Pada saat yang sama, mudah menyebabkan deformasi ban seperti pembengkakan, distorsi, korosi yang tidak merata.
Tekanan ban mobil Innova berapa adalah bagus? Mengisinya terlalu kencang bukanlah saran yang baik. Ketika ban mobil terlalu kembung, gesekan antara ban dan jalan akan berkurang. Dalam situasi di mana Anda perlu mengerem dengan cepat, mobil mudah tergelincir, berpotensi berbahaya untuk terjadi kecelakaan lalu lintas.
Anda lihatlah perubahan bentuk ban untuk menentukan tekanan sebenarnya. Ketika ban kurang angin, kelihatannya kempes, sedikit cekung di bagian tengah, sedangkan ban yang kelebihan angin akan terlihat tonjolan dan kebulatan.

Gambar seorang sedang mengecek tekanan ban mobil Innova

Patuhi peraturan mengisi angin ban mobil Innova sesuai petunjuk

Cara mengisi angin ban mobil Innova yang benar 

Setelah Anda telah paham dengan jelas tentang tekanan ban Innova, sekarang saatnya lakukan mengisi angin ban sendiri. Persyaratan untuk melakukannya adalah pilihlah tempat yang sejuk dan memantau jam tampilan dan mengikuti instruksi dari pabriknya.
Namun, jika Anda tidak ada jam pengukur tekanan ban untuk mengecek berapa banyak tekanan ban mobil Innova, silakan lakukan sebagai berikut:

+ Mengisi hingga tekanan ban mencapai 1,5kgf/cm2 lalu melihat perubahannya. Jika Anda melihat ban yang cacat atau retak, Anda harus segera membawanya ke bengkel terdekat untuk perbaikan serta pemeriksaan lebih detil. Dan jika ada masalah apa, mereka dapat mendukung dan memperbaiki tepat waktu.
+ Jika ban tidak ada perubahan apapun yang tidak normal, lanjutkan mengisi angin ban sampai tekanan yang sesuai.
Tekanan ban mobil Innova sangat penting untuk keselamatan berkendara. Risiko kecelakaan mobil akan meningkat hingga 3 kali lipat jika tekanan ban Innova lebih rendah 25% dari standar yang ditentukan. Namun faktanya, telah ada statistik yang menunjukkan bahwa hingga 28% mobil yang melaju di jalan raya tidak memenuhi standar tekanan ban dan ketika tekanan ban tidak memenuhi persyaratan, perbedaan tekanan antara bagian dalam dan luar akan membuat angin dapat merayap keluar dari lapisan karet. Saat berkendara di jalan raya, ban merupakan bagian dari kendaraan yang menahan beban, harus terus menerus elastis. Sehingga jika ban kurang angin, tekanan yang tidak cukup akan membuat proses deformasi akan terjadi, mengurangi daya tahan dan umur ban mobil Innova . Selain itu, ban yang tidak memenuhi syarat tidak akan sepenuhnya meningkatkan fungsinya sendiri untuk membantu kendaraan berkerja dengan lancar, keselamatan akan berkurang, menyebabkan bahaya bagi penumpang.
Semoga setelah membaca artikel dari Hargatoyota.com, Anda telah diperlengkapi dengan pengetahuan yang paling bermanfaat untuk mengetahui secara pasti berapa tekanan ban mobil Innova. Semoga Anda selalu persiapan yang matang sebelum mengendarai mobil di jalan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya dari Hargatoyota.com

Doris Elisa
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil Keluarga Toyota Paling Terjangkau

    Mobil Keluarga Toyota Paling Terjangkau

    Fatchur Sag

    Untuk keluarga besar mobil Toyota 7 seater adalah pilihan paling pas. Tidak perlu khawatir jika budget terbatas, inilah mobil keluarga Toyota paling terjangkau.

  • Proses Balik Nama Mobil Dan Biayanya di indonesia

    Proses Balik Nama Mobil Dan Biayanya di indonesia

    Fatchur Sag

    Selain menyiapkan dokumen lengkap proses balik nama mobil atau mutasi memerlukan biaya tidak sedikit, baik dilakukan sendiri maupun menggunakan jasa orang lain.

  • Cara Mengatasi Lampu Mobil Berembun

    Cara Mengatasi Lampu Mobil Berembun

    Fatchur Sag

    Lampu mobil berembun bisa menjadi masalah, dari merusak penampilan hingga memperburuk penerangan saat malam hari. Karenanya perlu untuk segera diatasi.

International