Tanda-tanda Sudah Waktunya Mengganti Kampas Rem

20/12/2019

Sistem pengereman harus dalam kondisi terbaik demi pengereman maksimal. Salah satu yang harus diperhatikan adalah mengganti kampas rem secara berkala. Kapan waktunya?

Sistem keselamatan mobil Toyota-mu tak bisa terpisah dari sistem pengereman yang baik. Sistem ini akan menjaga mobil kendaraan dari beragam risiko kecelakaan seperti menabrak, terperosok, hingga terjun ke dalam jurang. Sayangnya, beberapa orang kadang mengabaikan sistem yang satu ini dan kurang perhatian. Baru merasa menyesal saat hal buruk terjadi.

Foto Rem Toyota Supra dengan kaliper Brembo

Sistem pengereman jadi yang terpenting bagi mobil

Ada banyak yang harus diperhatikan agar performa rem terjaga dan bisa berfungsi maksimal. Salah satunya mengecek kondisi rem lalu mengganti kampas rem secara berkala saat habis atau mulai menipis. Hanya saja tidak setiap saat kalian selalu punya waktu mengecek kondisi kampas dan bisa melakukannya sendiri. Terlebih lagi kampas umumnya tersembunyi di balik ban atau pelek sehingga tidak bisa terlihat langsung.

Auto2000 berbagi tips penting buat kalian untuk mengetahui tanda-tanda sudah waktunya mengganti kampas rem tanpa harus melihatnya lebih dulu.

1. Rem bergetar

Kalian merasakan getaran saat mengerem baik di kecepatan tinggi maupun di kecepatan rendah. Itu pertanda kampas rem mulai habis. Terlebih bila getaran sudah sampai ke setir, bisa diyakini itu sudah waktunya mengganti kampas rem mengingat kampas sudah benar-benar habis sehingga cakram bergesekan dengan permukaan tidak rata.

2. Rem berbunyi

Terkadang saat mengerem, kalian mendengar bunyi berdecit. Kemungkinan besar itu karena kampas sudah habis sehingga cakram bergesekan dengan besi dan menimbulkan bunyi. Jangan biarkan kondisi ini sebab makin dibiarkan makin kencang bunyi berdecit saat mengerem. Bukan hanya tidak aman, tapi juga mengganggu kenyamanan.

>>> Mobil Toyota Dibekali Lampu Rem Ketiga, Apa Fungsinya?

Gambar ilustrasi pengemudi melakukan pengereman tajam

Terkadang berdecit saat pengemudi melakukan pengereman

3. Injak pedal rem terlalu dalam

Dalam kondisi normal dan ideal, rem akan berfungsi hanya dengan sedikit tekanan. Bila kemudian kalian harus menginjak pedal dalam-dalam agar rem berfungsi atau merespon, itu pertanda sudah waktunya mengganti kampas rem sebab bisa jadi mulai menipis.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

4. Rekomendasi bengkel resmi

Terkadang kalian tidak mengalami ketiga hal di atas. Namun ada rekomendasi dari bengkel resmi untuk mengganti kampas rem karena alasan-alasan tertentu yang masuk akal seperti recall dan yang lain. Untuk yang satu ini opsional, yang lebih baik kalian mengikuti rekomendasi tersebut.

Solusi keempat hal di atas adalah memeriksa kondisi kampas dan menggantinya bila memang sudah menipis atau habis. Kalau kalian memiliki skill soal sistem pengereman mobil dan yang berkaitan, serta memiliki peralatan yang dibutuhkan kalian bisa memeriksa sendiri di rumah. Bila tidak, lebih baik bawa ke bengkel resmi Toyota. Biar pihak bengkel yang melakukan pemeriksaan dan penanganan.

>>> Jangan Takut, Pengguna Mobil Hibrida Toyota Bisa Lakukan Servis di Bengkel Auto2000

Foto kampas rem Toyota original

Ganti kampas rem, pilih produk original

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International