Tanda-Tanda Sudah Saatnya Ganti Ban Ala Auto2000

20/10/2019

Menjadi salah satu komponen mobil paling berperan terhadap keselamatan, ban mobil harus selalu dalam kondisi terbaik. Namun ada masanya ban harus diganti dengan baru manakala sudah muncul tanda-tanda tertentu.

Ban mobil menjadi salah satu komponen paling penting dan bertanggung jawab terhadap keselamatan pengendara baik penumpang maupun pengemudi. Oleh karena itu kondisinya harus selalu baik, layak digunakan serta tidak berpotensi membahayakan. Pada kenyataannya akibat sering dipakai, ban mobil akan mengalami penurunan kualitas dan harus diganti. Lantas, selain faktor umur apa saja tanda-tanda mobil sudah saatnya ganti ban?

Auto2000 membagikan saran penting yang harus diperhatikan buat Toyota lovers maupun yang lain berkaitan dengan tanda-tanda ban mobil harus diganti.

1. Ban sering kempes

Foto ban mobil kempes

Ban kempes bisa saja karena kena paku atau pecahan kaca

Ban kempes terjadi karena berkurangnya angin di dalam ban yang disebabkan banyak faktor, salah satunya bocor kena benda-benda tajam seperti paku, pecahan kaca dan yang lain. Untuk satu dua kali ditambal mungkin tidak masalah, tapi jika terjadi sangat sering dan berulang sebaiknya ban diganti dengan yang baru karena kekuatan ban menanggung beban kendaraan dan penumpang makin berkurang.

Menambal kembali ban tidak akan mengembalikan kekuatan ban sebagaimana ban yang belum 'terluka', selain menghabiskan banyak uang juga memperbesar potensi kecelakaan bila dibiarkan.

>>> Ban Mobil Pecah Di Jalan, Ini Yang Harus Dilakukan!

2. Permukaan ban retak-retak

Foto salah satu bagian ban mobil terlihat sudah retak

Retak-retak, awas ban bisa meletus

Kondisi ini sering terjadi manakala ban terlalu kering, tidak pernah dicuci dan tidak pernah diberi cairan khusus untuk menjaga kelenturan. Intinya ban tidak benar-benar dirawat. JIka sudah demikian itu menandakan sudah saatnya ganti ban. Sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar tidak membahayakan.

>>> Ingin lebih mengerti mobil buatan Toyota ditawarkan di sini sebelum beli mobil baru impian Anda

3. Muncul benjolan sisi-sisi ban

Foto ban mobil yang benjol karena kawat struktur di bagian dalam ada yang putus

Kawat putus, ban jadi benjol

Benjolan ban muncul karena kawat kontruksi ban ada yang putus. Penyebabnya bermacam-macam seperti menghantam lobang di jalan dengan kecepatan tinggi atau yang lain. Potensi terburuk dari ban benjol adalah ban pecah secara tiba-tiba saat mobil sedang dikendarai dan itu jelas membahayakan. Jadi, kalau sudah terlihat ada benjolan jangan tunggu lama-lama segera ganti dengan ban yang lebih layak.

>>> Mengenali 5 Jenis Keausan Ban, Pernahkah Terjadi Pada Anda?

4. Permukaan ban terlihat halus atau makin menipis

Foto indikator keausan pada ban mobil

Ban dianggap aus kalau menyentuh indikator

Produsen ban menyertakan satu indikator pada ban buatannya, namanya TWI (Tread Wear Indicator) atau indikator batas keausan. Biasanya berupa segitiga kecil di area bawah kembangan ban dan tonjolan kecil di bagian telapak ban di sela-sela kembangan. Sebelum permukaan ban menyentuh indikator tersebut artinya ban masih dikatakan tebal dan layak pakai.

Tapi kalau sudah menyentuh TWI menandakan ban sudah mulai aus dan membutuhkan perhatian lebih. Sebaiknya Toyota lovers mengganti dengan ban yang lebih layak bila sudah dalam kondisi ini. Terlebih kalau permukaan ban terlihat gundul, mengganti ban hukumnya 'wajib'.

5. Sudah berumur 3 tahun atau menempuh jarak 40 ribu km

Foto Odometer Toyota Hilux sudah mencapai lebih dari 40000 km

Lama dipakai sudah saatnya ganti ban

Usia kendaraan atau jarak tempuh bisa jadi acuan saatnya ganti ban bagi Toyota lovers. Idealnya adalah 3 tahun karena pada masa itu ban mulai berkurang kelenturannya sehingga mengurangi daya cengkeram terhadap permukaan jalan.

Tapi ada kalanya ban sebaiknya diganti sebelum 3 tahun dikarenakan pemakaian yang intens dan jarak yang ditempuh sudah mencapai 40 ribu km. Misalnya mobil digunakan untuk taksi online atau travel yang setiap hari menempuh perjalanan panjang.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya hanya di Konsultan Mobil HargaToyota.com

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Bisa Dicoba, Berikut Tips Menjaga Harga Jual Toyota Kijang Innova Tetap Tinggi

    Bisa Dicoba, Berikut Tips Menjaga Harga Jual Toyota Kijang Innova Tetap Tinggi

    Abdul

    Toyota Kijang Innova merupakan salah satu mobil dalam segmen MPV yang menjadi salah satu pilihan bagi keluarga di Indonesia. Harga jual kembalinya juga cukup lumayan tinggi sehingga dapat dijadikan salah satu pilihan buat Sobat semua. Disamping hal tersebut, harga jual Toyota Kijang Innova yang tinggi juga dipengaruhi oleh kondisinya yang prima.

  • Cara Gunakan Fitur Bluetooth Buat Telepon & Putar Lagu Di Mobil Toyota

    Cara Gunakan Fitur Bluetooth Buat Telepon & Putar Lagu Di Mobil Toyota

    Abdul

    Mengemudi mobil perlu fokus terhadap jalan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pasalnya melakukan kegiatan lain selama mengemudi bisa membuat konsentrasi terhadap jalan jadi terganggu. Jika sudah begitu resiko terjadi kecelakaan jadi besar. Menanggulangi hal tersebut ada fitur Bluetooth buat telepon.

  • Awas Sarang Bakteri, Ini Dia Cara Jaga Kebersihan Setir Mobil Toyota!

    Awas Sarang Bakteri, Ini Dia Cara Jaga Kebersihan Setir Mobil Toyota!

    Hafizh Fauzan

    Area interior mobil yang paling banyak di genggam oleh pengemudi adalah setir, yang mana jika tidak dirawat bisa menjadi sarang bakteri. Bagaimana caranya untuk menjaga kebersihan setir mobil Toyota?