Tak Perlu Susah, Begini Cara Merawat Lampu Kabut Toyota Anda

27/03/2019

Baru saja diperkenalkan awal tahun lalu, New Avanza dan New Veloz sudah dilengkapi dengan foglamp atau lampu kabut untuk menambah visibilitas berkendara. Karena itu, lihat lagi bagaimana cara merawat lampu kabut mobil Toyota Anda untuk masa pakai yang lebih baik.

Foglamp atau lampu kabut memiliki tugas untuk membantu pencahayaan mobil ketika berkendara dalam kondisi hujan atau di wilayah berkabut. Lampu kabut penting jika Anda berkendara di malam hari atau berkendara ke luar kota. Namun masih banyak pengemudi yang belum mengetahui bagaimana cara penting merawat lampu kabut mobil Toyota.

bagian depan Toyota Avanza Veloz berwarna putih

Lampu kabut Toyota Avanza Veloz yang baru diperkenalkan

>>> 6 Tips Merawat Mobil Toyota Dari Auto2000

Salah satu cara perawatan agar lampu kabut bisa digunakan dengan optimal adalah dengan memperhatikan jamur yang tercipta pada mika atau kaca pelindung lampu kabut. Untuk membersihkannya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan sikat gigi bekas, kuas, pasta gigi, dan tisu kering.

Anda hanya perlu melepas foglamp dari dudukannya dan bersihkan bagian depan mika foglamp dan menyikatnya dengan sikat gigi bekas yang sudah diolesi pasta gigi. Lap dan keringkan mika dengan kuas serta masukan potongan tisu kering untuk membersihkan bekas pasta gigi yang masih menempel di mika foglamp.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Yang terpenting dalam merawat foglamp adalah memperhatikan jenis lampu yang dipakai. Jika Anda termasuk orang-orang yang sering memodifikasi mobil, hindari menukar lampu kabut dengan sinar berwarna putih. Pasalnya, foglamp berwarna putih akan kehilangan sinarnya ketika menghadapi cuaca hujan atau kabut dan foglamp akan kehilangan fungsinya.

Sebagaimana dijelaskan oleh Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat ketika diwawancarai oleh Kompas, penggantian lampu perlu diperhatikan, terutama jika memakai lampu aftermarket dan dalam pemasangannya. Salah pemasangan bisa mengakibatkan korslet dan dalam kondisi tertentu bisa menyebabkan kebakaran pada mobil.

>>> Kenali Fungsi Cruise Control Pada Mobil Toyota

kendaraan menggunakan lampu kabut di jalanan berkabut

Hati-hati dalam memasang lampu kabut karena bisa mengakibatkan korslet

Dalam keterangannya, Sapta menjelaskan, "Pemasangan aksesoris elektronik pun tidak bisa sembarangan, karena apabila salah wiring bisa menyebabkan komputer pada mobil mengalami malfungsi, aki pun menjadi drop bahkan beberapa sensor ikut tidak berfungsi dengan maksimal.”

Selain merawat lampu kabut, yang sering dilupakan oleh pengendara adalah kapan menghidupkan lampu kabut. Karena fungsinya untuk membuat visibilitas terjaga ketika berkendara di cuaca buruk, hindari untuk menyalakan lampu kabut pada siang hari. Menyalakan lampu kabut pada kondisi tidak hujan maupun tidak berkabut bisa mengganggu pandangan pengemudi lain.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tips dan trik yang bermanfaat lainnya

Padli Nurdin
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Abdul

    Pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis sebuah mobil edisi terbatas pada 9 April 2021. Dimana kehadirannya untuk merayakan Toyota Indonesia yang sudah setengah abad. Melihat usianya tersebut, mobil Toyota Kijang Innova Limited Edition hanya dihadirkan sebanyak 50 unit saja.

  • Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Abdul

    Toyota Agya masuk dalam segmen Hatchback LCGC. Dimana mobil ini terbilang cukup banyak peminat dan siap digunakan untuk menemani aktivitas keseharian bersama keluarga tercinta. Memang kapasitasnya hanya untuk 5 orang penumpang saja, sehingga ditujukan untuk keluarga dengan anggota 5 orang ke bawah. Disamping hal tersebut, perawatan juga diperlukan seperti mengganti oli mesin Toyota Agya.

  • Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Abdul

    Tukar tambah dikenal juga dengan nama trade-in. Dimana hal ini menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan mobil baru dengan melepas mobil lama yang dimiliki. Di Auto2000 juga terdapat layanan tersebut, sehingga bagi konsumen mobil Toyota bisa mempunyai mobil lama dengan menukar mobil lama yang dimiliki. Apalagi terdapat keuntungan tukar tambah melalui Auto2000 Digiroom.

International