Solusi Untuk AC Toyota Calya Yang Tidak Sampai Baris Belakang

06/12/2018

Toyota Calya merupakan mobil LCGC yang irit bahan bakar dan juga terkenal akan ramah lingkungan. Selain itu harganya yang terjangkau membuatnya banyak diminati. Fitur di dalamnya memang terbatas, seperti AC yang tidak terlalu terasa untuk penumpang baris kedua dan juga ketiga. Akan tetapi jangan risau, terdapat solusi untuk mengatasi AC Toyota Calya yang tidak sampai baris belakang.

Setiap permasalahan tentu ada solusinya, hal tersebut juga berlaku pada AC Toyota Calya yang tidak sampai baris belakang. Jadi dari pihak Toyota membekali mobil LCGC tersebut dengan sistem pendingin air sirkulasi atau fan. Salah satu hal yang dapat dilakukan agar perjalanan menjadi lebih nyaman adalah dengan memasang double blower.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Calya warna merah tampak bagian depan

Toyota Calya merupakan mobil LCGC yang ramah lingkungan serta irit bahan bakar

Untuk kipas atau fan yang dimiliki Toyota Calya hanya mempunyai fungsi untuk menghisap udara yang berasal dari kabin bagian depan. Setelah itu dilanjutkan dengan menyalurkannya ke bagian belakang yakni baris kedua dan ketiga. Jika dilihat dari hasilnya tentu masih tidak maksimal dan hasilnya sangat berbeda dengan penggunaan double blower.

Untuk mengatasi AC Toyota Calya yang tidak sampai baris belakang, salah satu pemilik Toyota Calya ada cara tersendiri. Pemilik mobil ini juga merupakan anggota Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI) yakni Agus Setiadi. Pihaknya juga merupakan seorang ahli AC yang berpengalaman sehingga tidak heran jika mempunyai ide untuk  melakukan perubahan agar lebih nyaman saat dikendarai.

>>> Baca juga, Daftar Harga Toyota Calya Terupdate dan spesifikasi lengkap

Jadi pihak Agus Setiadi melakukan perubahan sistem pendingin yang sebelumnya menggunakan air sirkulasi menjadi double blower. Sehingga hasil yang didapat lebih maksimal dan perjalanan juga lebih nyaman.

Gambar ini menunjukkan system air sirkulasi dari AC mobil Toyota Calya

Penggunaan system fan atau air sirkulasi pada Toyota Calya menjadikan bagian belakang kurang dingin

>>> Baca juga, Begini Cara Mengaktifkan Fitur Panic Mode Toyota Calya Untuk Mencegah Pencurian

“Saya membuat ac double blower ini untuk kenyamanan. Dan sudah test jalan keliling Jawa Tengah, bahan bakar tidak terlalu signifikan berubah. Biasanya kalau saya jalan ke Yogyakarta konsumsi BBM 20 km/liter, pakai double blower ini 18 km/liter,” kata Agus.

Pihaknya juga menambahkan, bahwasanya untuk double blower yang digunakannya adalah Denzo. Untuk jenis tersebut umumnya berada pada Mobil Suzuki APV Arena dan juga Suzuki Ertiga. Dengan begitu saat pemasangannya tidak ada perubahan yang terlalu signifikan. Pihaknya juga mengatakan, bahwasanya untuk biayanya berkisar sekitar Rp. 3 jutaan dan membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 6 jam.

“Kita mencopot fan (kipas) yang ada di atap tengah dan menggantinya dengan double blower lengkap dengan evaporatornya juga. Dan yang saya modifikasi itu viping, wiring, cover ventilasi dan untuk kedudukan double blower saya bor sedikit untuk kedudukan di plafon,” tambah Agus.

Istimewanya lagi adalah, saat melakukan penggantian sistem pendingin tersebut bisa dikembalikan ke bentuk standarnya. Jadi hanya dengan melakukan penggantian plafon baru saja sudah bisa membuat sistem pendingin sesuai pabrikan. Untuk plafonnya bisa dibeli di bengkel resmi dengan biaya yang cukup terjangkau.

>>> Baca juga, Performa Toyota Calya tetap Terjaga Dengan Beberapa Langkah Mudah

Gambar ini menunjukkan Syatem AC Toyota Calya yang telah dilakukan ubahan dengan double blower

Dengan mengubah sistem pendingin Toyota Calya menjadi double blower kenyamanan akan didapatkan

Jadi untuk mengatasi masalah AC Toyota Calya yang tidak sampai baris belakang adalah dengan menggantinya menggunakan sistem double blower. Perjalanan menjadi lebih nyaman dan tidak merasa jenuh karena suhu yang didapat ideal baik untuk penumpang depan maupun belakangnya.

Apabila sobat merasa belum puas dengan pendingin bawaan Toyota Calya bisa mencoba cara ini. Itulah beberapa informasi buat sobat mengenai tips mengatasi masalah AC Toyota Calya yang tidak sampai belakang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Inilah Fungsi Fitur Follow Me Home Light Pada Toyota New Avanza & New Veloz 2019

    Inilah Fungsi Fitur Follow Me Home Light Pada Toyota New Avanza & New Veloz 2019

    Abdul

    Mobil terbaru yang baru saja diluncurkan adalah Toyota New Avanza dan juga New Veloz 2019. Yang mana mobil tersebut menarik perhatian banyak orang karena didesain baru dan tampilannya lebih sporty. Saat melihat bagian depan akan tampak jelas perubahan yang dilakukan oleh pihak Toyota. Bahkan di bagian fiturnya juga terdapat upgrade, salah satunya adalah fitur Follow Me Home Light.

  • Mengenal Varian Toyota New Avanza 2019

    Mengenal Varian Toyota New Avanza 2019

    Abdul

    Pada awal tahun 2019 ini para pecinta otomotif dikejutkan dengan hadirnya mobil besutan Toyota yakni New Avanza. Hadirnya mobil ini dibarengi dengan New Veloz dan juga Daihatsu Grand New Xenia. Kali ini kami akan membahas mengenai varian Toyota New Avanza 2019.

  • Bisa Saja, Begini Menghilangkan Lecet Pada Bumper Toyota Agya Dengan Mudah

    Bisa Saja, Begini Menghilangkan Lecet Pada Bumper Toyota Agya Dengan Mudah

    Abdul

    Berkendara menggunakan mobil tidak sepenuhnya mulus tanpa hambatan. Kadang kita temui kondisi yang tidak terduga seperti kemacetan ataupun jalanan yang rusak. Umumnya yang bikin geram adalah terjadi kemacetan yang panjang dan jarak antara kendaraan yang minim. Resiko yang kadangkala terjadi adalah bersenggolan antar kendaraan. Tentunya hal tersebut bisa berakibat lecet pada bumper mobil. Bagi pemilik Agya jangan khawatir, terdapat beberapa tips untuk menghilangkan lecet pada bumper Toyota Agya.