Solusi Pedal Kopling Toyota Calya Berat,Bisa Pakai Tambahan Alat Ini

06/04/2020

Toyota Calya menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Namun salah satu hal yang kadang terjadi adalah pedal kopling Toyota Calya berat. Tentunya hal tersebut ada solusinya supaya masalah bisa teratasi dan kendaraan kembali maksimal.

Pemilik kadang mengeluhkan mengenai pedal kopling Toyota Calya berat. Biasanya masalah tersebut terjadi pada versi manualnya. Apalagi saat digunakan untuk mendukung pekerjaan seperti taksi online atau untuk pergi ke kantor sehari-hari. Sehingga penanganan perlu segera dilakukan, berikut ini merupakan solusi bagi pedal kopling milik Toyota Calya yang berat.

Gambar ini menunjukkan Toyota Calya putih tampak depan

Toyota Calya memiliki banyak penggemar di Indonesia

>>> Tips Toyota, Mengetahui Masalah Kopling Mobil Selip Dan Cara Cek Kondisi

PKC Otoparts menawarkan solusi yang dapat dilakukan untuk membuat pedal kopling Calya jadi ringan. Perlu diketahui, bahwa perangkat yang digunakan ini merupakan buatan dalam negeri mempunyai fungsi lain yakni membuat tuas kopling lebih ringan dan umurnya jadi lebih panjang. Untuk alat tambahan ini sifatnya plug and play sehingga pemasangannya tidak perlu melakukan pengubahan ataupun merusak tuas yang asli.

Cara Kerja PKC Otoparts

Adapun cara kerja dari alat yang digunakan untuk membuat pedal kopling ringan yang menggunakan label PKC Otoparts tersebut yakni dengan sistem membuat tuas kopling jadi lebih panjang. Sementara untuk konsepnya mengandalkan prinsip tuas pengungkit beban, jadi apabila tuasnya lebih panjang maka gaya yang dibutuhkan jadi lebih kecil dalam mengangkat beban.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan 2 kaki menekan pedal gas dan kopling

Pedal kopling berat ada solusi yang bisa dilakukan

>>> Baca Juga, Penting Untuk Keselamatan, Berapa Biaya Servis Kopling Mobil Toyota?

Cara Pemasangan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sifat dari PKC Otoparts adalah plug and play. Sehingga untuk memasangkan alatnya terbilang mudah dan pengerjaannya dapat dilakukan sendiri. Untuk harganya belum termasuk ongkos kirim adalah Rp. 155 ribu. Peralatan yang dibutuhkan dalam pemasangan peralatan untuk mengatasi pedal kopling Toyota Calya berat adalah kunci pas. Adapun ukuran kuncinya adalah 10, 12 dan juga 17, jadi terbilang cukup mudah.

Berikut ini adalah panduan dalam proses pemasangan alat tersebut :

  1. Kendorkan kabel kopling dengan cara memutar ke kiri setelan koplingnya
  2. Ujung pengait kabel kopling dilepaskan dari tuas dan mengeluarkannya dari dudukannya
  3.  Selanjutnya adalah memasang alat tersebut dengan dikunci menggunakan baut pada pengait tuas kopling. Untuk bautnya adalah 10 dan juga 12
  4. Apabila diperlukan bisa memasangkan dudukan tambahan pada bagian lubang kabel kopling yang lama
  5. Memasukkan kabel kopling ke bagian dudukan tambahan, setelah itu dikaitkan kembali ke bagian ujung kabel kopling
  6. Yang terakhir adalah menyetel kopling pada Toyota Calya sesuai keinginan

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan komponen tambahan PKC Otoparts

PKC Otoparts menggunakan sistem plug and play dalam pemasangannya

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, jika alat yang dipasang untuk meringankan pedal kopling Toyota Calya berat bisa bekerja dengan optimal apabila komponen utamanya tidak bermasalah. Untuk komponen utamanya tersebut seperti kampas kopling, dekrup dan juga matahari. Jadi kadangkala pedal kopling yang berat disebabkan oleh plat kopling, dekrup ataupun matahari sudah bermasalah atau telah mengalami keausan.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca