Servis Berkala 1 Bulan Pertama Di Bengkel Resmi Toyota Pentingkah?, Ini Alasannya

02/12/2019

Membeli mobil baru memang sesuatu yang membanggakan, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti servis berkala 1 bulan pertama. Kadang muncul sebuah pertanyaan mengenai hal tersebut, mobil baru kenapa harus servis di bulan pertama?

Bagi yang sudah pernah membeli mobil tentunya sudah paham akan hal tersebut. Namun untuk pemilik baru mobil Toyota maka pertanyaan-pertanyaan akan bermunculan. Untuk menghilangkan rasa tersebut, kami akan memberikan informasi mengenai alasan melakukan servis berkala 1 bulan pertama.

Gambar ini menunjukkan 2 orang sedang bersalaman

Membeli mobil baru ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

>>> Lihat Juga, Melirik Fitur Keselamatan Toyota Yaris Terbaru Yang Lebih Lengkap

Pemilik mobil baru Toyota diharapkan membaca buku manual kendaraan supaya dapat mengoperasikan fitur dengan baik dan benar. Apalagi teknologi yang diberikan saat ini semakin modern sehingga banyak yang bingung dalam pengoperasiannya. Dengan melakukan servis tersebut nantinya akan diketahui, selama satu bulan pertama atau 1.000 km apakah ada masalah atau tidak pada mobil yang dimiliki.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan alasan mobil baru Toyota perlu dilakukan servis 1 bulan pertama:

1. Memastikan bagian-bagian kendaraan bekerja dengan optimal usai penyerahan dan berjalan satu bulan. Dengan servis 1 bulan pertama maka jika ada masalah akan segera diperbaiki atau misalnya ada komponen yang butuh penyetelan.

2. Servis 1 bulan pertama juga menjadi salah satu media yang sangat penting guna memastikan kondisinya dalam keadaan prima pada mobil baru yang telah dipakai 1 bulan.

3. Untuk mendeteksi sejak dini apakah kondisi mobil ada kerusakan atau tidak. Dengan begitu saat ada kerusakan kecil dapat segera ditangani dan tidak berubah menjadi besar atau menjalar ke bagian lain kendaraan.

4. Servis berkala 1 bulan pertama juga menjadi salah satu pertimbangan berkaitan dengan garansi mobil baru. Mengingat salah satu syarat utama dari warranty adalah melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi Toyota. Sebagai contoh adalah saat ada masalah pada mobil tapi tidak melakukan servis pada 1 bulan pertama karena malas atau lupa. Hasilnya kerusakan bertambah besar dan perlu melakukan penggantian sparepart dengan biaya yang cukup mahal. Jika sudah begitu maka klaim warranty ada potensi untuk ditolak. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu yang merugikan diri sendiri.

5. Saat servis 1 bulan pertama maka komponen bergerak pada kendaraan akan diperiksa oleh mekanik secara mendetail. Pada umumnya pengecekan dilakukan pada komponen yang terdapat di interior dan juga ruang kemudi mobil, kelistrikan, head unit, AC dan juga sistem keamanan. Pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, seperti bodi dan fitur penunjang lain seperti wiper dan lampu-lampu pada kendaraan.

Bahkan tidak sampai disitu saja, pengecekan juga ke bagian mesin kendaraan seperti kondisi oli mesin, volume air radiator, tegangan fan belt, minyak rem dan cairan fluida lain yang terdapat pada kendaraan. Bahkan pada sistem transmisi, rem mobil, shock absorber  dan juga kopling tidak luput dari pengecekan.

6. Apabila ada kerusakan yang butuh penggantian komponen, maka saat servis 1 bulan pertama akan mendapatkannya secara gratis. Dalam hal ini adalah komponen yang mendapatkan jaminan dari garansi Toyota, bukan komponen yang kerusakannya disebabkan oleh kesalahan pengoperasian dari pemilik kendaraan.

7. Servis berkala 1 bulan pertama yang meliputi pemeriksaan komprehensif tidak ada biaya yang perlu dibayar oleh konsumen.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 buah mobil sedang di servis di bengkel resmi

Servis rutin 1 bulan pertama diperlukan untuk keuntungan sendiri

Dengan melihat beberapa alasan yang telah disebutkan tersebut, harapannya pemilik mobil baru tidak melupakan servis berkala yang perlu dilakukan setelah 1 bulan pertama.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Abdul

    Di Indonesia pasar LSUV (Low Sport Utility Vehicle) sudah dimulai sejak tahun 1980. Hanya saja untuk Toyota Rush dihadirkan pertama kali pada tahun 2006. Sampai saat ini sudah dilakukan beberapa pembaruan sehingga tampil semakin modern dan juga menarik. Lantas apa yang baru pada Toyota Rush 2019?

  • Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Abdul

    Memasuki musim hujan tentu akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada saat kondisi tersebut akan ada potensi yang bisa membahayakan seperti pohon yang tumbang atau objek lain yang ukurannya besar. Apalagi kondisinya dibarengi dengan angin yang kencang, maka resikonya jadi semakin tinggi. Bagi pengendara mobil sebaiknya menghindari pohon tumbang untuk keamanan.

  • Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

    Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

    Franky Pratama

    Melihat penjualan mobil bekas yang kian meningkat, tentu pembaca setia juga harus tahu tips membeli mobil bekas supaya tidak tertipu. Akan dijelaskan banyak hal sehingga Anda tidak salah memilih dan merasa puas merasakannya. Untuk selengkapnya, berikut kita simak tips membeli mobil bekas.