Salah Satu LCGC Terpopuler Tanah Air, Berapa Biaya Perawatan Toyota Agya?

12/12/2019

Sebagai salah satu mobil terlaris Toyota, perawatan Toyota Agya cukup mudah. Bagi pemilik mobil ini, mari kita lihat berapa total biaya perawatan Toyota Agya Anda.

Toyota Agya bisa disebut sebagai salah satu model Low Cost Green Car (LCGC) terlaris di Indonesia. Berdasarkan data yang dihimpun hingga Agutus lalu, penjualannya tercatat lebih dari 2.400 unit. Selain harganya yang terbilang murah, ada beberapa hal yang membuat mobil ini begitu diminati. Salah satunya karena biaya perawatan Toyota Agya yang terbilang murah.

Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, perawatan Toyota Agya terbilang mudah dikarenakan jaringan bengkel dan suku cadangnya didistribusikan merata di seluruh Indonesia. “Pada intinya semua model Toyota dalam melakukan perawatan tidak sulit. Begitu juga Agya, sangat mudah dan relatif kompetitif.”

 mobil baru Toyota Agya berwarna merah
Selain harganya, biaya perawatan Toyota Agya bisa dibilang cukup murah

>>> Fitur Keselamatan Toyota Agya Lebih Lengkap Dibanding Pesaingnya, Apa Saja?

Perawatan cukup dilakukan dengan datang ke bengkel resmi Toyota atau langsung mengunjungi Auto2000. Dilansir dari Auto2000, hal yang paling penting dalam merawat Agya adalah memastikan untuk servis berkala setiap 10.000 km atau setiap enam bulan sekali. “Kalau selalu servis rutin sesuai dengan bengkel maka mobil pun tidak akan ada masalah,” jelas Suparna.

Beberapa waktu servis berkala yang patut diperhatikan untuk Toyota Agya adalah sebagai berikut,

1. 10.000 km

Untuk pemakaian hingga mencapai 10.000 kilometer perjalanan, Anda bisa mengganti oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), mengganti filter oli, gasket oli, serta melakukan balancing pada roda. Untuk perawatan tahap pertama ini, biaya yang perlu dikeluarkan untuk spare parts mulai dari Rp766 ribuan.

>>> Inilah 3 Tips Membeli Toyota Agya Bekas Yang Sering Diabaikan

2. 20.000 km

Untuk service berkala tahap kedua bisa Anda lakukan ketika kendaraan sudah mencapai 20.000 kilometer perjalanan. Hal yang perlu diganti sama ketika Anda melakukan service untuk 10.000 km. Tetapi kali ini, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti busi (4 buah). Total biayanya mencapai Rp874 ribuan.

petugas Auto2000 mengganti oli mobil Toyota

Jangan lupa untuk selalu menganti oli secara rutin

3. 40.000 km

Ketika memasuki 40.000 kilometer perjalanan, Anda perlu menambahkan penggantian minyak rem untuk perawatan berkala. Selebihnya, penggantian yang dilakukan sama dengan sebelumnya. Total biaya perawatan Toyota Agya kali ini bisa mencapai Rp924 ribuan. Perbedaanya terletak pada jumlh liter oli mesin; 3 liter untuk Agya 1.000 cc dan 4 liter untuk Agya 1.200 cc, tutup Suparna.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya hanya di Konsultan Mobil HargaToyota.com

Padli Nurdin
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Abdul

    Pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis sebuah mobil edisi terbatas pada 9 April 2021. Dimana kehadirannya untuk merayakan Toyota Indonesia yang sudah setengah abad. Melihat usianya tersebut, mobil Toyota Kijang Innova Limited Edition hanya dihadirkan sebanyak 50 unit saja.

  • Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Abdul

    Toyota Agya masuk dalam segmen Hatchback LCGC. Dimana mobil ini terbilang cukup banyak peminat dan siap digunakan untuk menemani aktivitas keseharian bersama keluarga tercinta. Memang kapasitasnya hanya untuk 5 orang penumpang saja, sehingga ditujukan untuk keluarga dengan anggota 5 orang ke bawah. Disamping hal tersebut, perawatan juga diperlukan seperti mengganti oli mesin Toyota Agya.

  • Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Abdul

    Tukar tambah dikenal juga dengan nama trade-in. Dimana hal ini menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan mobil baru dengan melepas mobil lama yang dimiliki. Di Auto2000 juga terdapat layanan tersebut, sehingga bagi konsumen mobil Toyota bisa mempunyai mobil lama dengan menukar mobil lama yang dimiliki. Apalagi terdapat keuntungan tukar tambah melalui Auto2000 Digiroom.

International