Putaran Mesin Toyota Agya Tidak Stabil, Begini Solusinya!

08/12/2018

Mempunyai sebuah mobil dengan performa yang baik serta nyaman tentu merupakan harapan pemilik. Akan tetapi kadang semuanya tidak seperti yang diinginkan, beberapa masalah kadang menghampiri. Salah satu masalah yang terjadi adalah putaran mesin Toyota Agya tidak stabil.

Toyota Agya merupakan kendaraan yang masuk dalam segmen LCGC. Kendaraan dalam segmen ini terkenal akan keramahan lingkungan dan keiritan bahan bakar yang dimiliki. Bahkan dari segi harga juga cukup terjangkau. Namun jika mengalami masalah putaran mesin Toyota Agya tidak stabil, tentu akan membuat pusing kepala.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Agya warna kuning tampak bagian depan

Toyota Agya mobil LCGC yang banyak diminati masyarakat

Dalam masalah tersebut sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Pasalnya setiap masalah tentu ada solusinya, sehingga permasalahan dapat teratasi. Begitupun  untuk Toyota Agya yang memiliki putaran mesin naik turun, ada cara untuk mengatasinya. Umumnya masalah tersebut terjadi karena kurangnya perawatan pemilik kendaraan terhadap mobil yang dimiliki.

Biasanya pemilik mobil lalai dalam melakukan perawatan seperti misalnya servis berkala yang memang sangat dianjurkan. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri, karena tidak melakukan servis berkala bisa saja lupa atau memang tidak ada masalah jadi enggan untuk melakukannya. Padahal merawat kendaraan bukan berarti harus rusak, perlu dilakukan pengecekan supaya kondisinya tetap maksimal.

>>> Baca juga, Bagian Kabin Toyota Agya Bising, Begini Solusinya!

Jadi saat pemilik kendaraan mengabaikan masalah servis berkala maka bisa saja timbul beberapa masalah yang mengganggu. Salah satu yang dapat terjadi adalah putaran mesin Toyota Agya tidak stabil.

Adapun penyebab putaran mesin yang tidak stabil dikarenakan terdapat masalah atau gangguan yang terjadi di bagian air induction system atau yang sering dikenal dengan sistem pemasok udara yang menuju ke mesin kendaraan. Jika hal tersebut terjadi maka akibatnya adalah laju kendaraan menjadi tidak stabil ketika sedang berada di putaran rendah.

Gambar ini menunjukkan saringan udara Toyota Agya dan bagian mesin lainnya

Membersihkan filter udara Toyota Agya dapat dilakukan 2 atau 3 bulan sekali

>>> Baca juga, Begini Cara Melepas Headlamp Toyota Agya Dan Memasangnya Dengan Mudah

Dalam mengatasi masalah putaran mesin yang naik turun dapat diatasi dengan membersihkan saringan udara atau air intake. Hal ini dijelaskan oleh Lucky Priambodo yang merupakan anggota Toyota Agya Club Chapter Bekasi.

"Air intake atau saringan udaranya harus dibersihkan. Semua mobil begitu, kalau enggak rutin dibersihkan akan ada tumpuk kotoran di air intake. Akibatnya, menyendat asupan udara. Kalau enggak dibersihkan, putaran mesin naik turun," tuturnya kepada salah satu media ternama di Indonesia.

Pihaknya juga memberikan saran untuk mencegah terjadinya putaran mesin Toyota Agya tidak stabil. Jadi ketika pemilik mobil melakukan penggantian oli, alangkah baiknya dibarengi dengan melakukan pembersihan pada saringan udaranya secara rutin. Setidaknya hal tersebut dilakukan setelah mobil mencapai jarak 2.000 sampai 3.000 kilometer. Jika dihitung berdasarkan bulan sekitar 2 atau 3 bulan sekali melakukan pembersihan saringan udara.

"Servis sekalian ganti oli paling enggak. Kalau di komunitas, saat ‘kopi darat’ ada teknisi pakai cleaner membersihkan karburator, sehingga tidak mengganggu," tambahnya.

>>> Mungkin Tertarik Dengan Daftar Harga Toyota Agya yang Ditawarkan Di Sini

Gambar ini menunjukkan mekanik bengkel resmi Toyota sedang melakukan servis rutin kendaraan

Melakukan servis secara berkala menjaga performa mobil tetap maksimal

Dengan melihat penjelasan tersebut dapat disimpulkan, bahwa melakukan perawatan rutin dan juga servis secara berkala sangatlah penting. Hal tersebut untuk mendukung kenyamanan dan performa mobil tetap prima. Ditambah lagi pada mobil yang melakukan perawatan rutin mempunyai umur yang lebih panjang. Bonusnya adalah saat berniat mengganti mobil dapat dihargai lebih tinggi dibandingkan mobil yang tidak dilakukan perawatan.

Demikianlah informasi mengenai tips mengatasi putaran mesin Toyota Agya tidak stabil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya tentang review mobil dan juga harga mobil terbaru.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Franky Pratama

    Dewasa ini, plat nomor mobil atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) bukan saja sebagai identitas kendaraan namun juga mampu menyiratkan kesuksesan dari pemiliknya. Ya, memang seperti itu kenyataannya. Di Indonesia misalnya, kita mengenalnya dengan sebutan ‘plat nomor cantik’ yang notabene harus membutuhkan biaya tambahan daripada plat nomor pada umumnya. Ingin tahu tarifnya? Berikut biaya memasang plat nomor cantik

  • Tips Modifikasi untuk Membuat Toyota Sienta Anda Semakin Garang dan Sporty

    Tips Modifikasi untuk Membuat Toyota Sienta Anda Semakin Garang dan Sporty

    Padli Nurdin

    Toyota Sienta adalah salah satu Multi-Purpose Vehicle (MPV) dengan tampilan khusus keluarga dan pengendaraan sehari-hari. Namun ada beberapa tips yang bisa Anda berikan untuk memberikan MPV ini tampilan yang lebih gahar dan menarik.

  • Nih, Cara Mudah Matikan Airbag Penumpang Depan Toyota Kijang Innova Reborn

    Nih, Cara Mudah Matikan Airbag Penumpang Depan Toyota Kijang Innova Reborn

    Arfian Alamsyah

    Meletakkan child seat di kursi penumpang depan perlu trik khusus, jika tidak akan berpotensi mencederai anak Anda ketika terjadi kecelakaan. Untuk itu Airbag penumpang depan perlu dimatikan. Nih, cara mudah matikan airbag penumpang depan Toyota Kijang Innova Reborn.