Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

21/07/2021

Toyota adalah merek mobil yang tidak asing lagi di pasar otomotif Indonesia. Khususnya dalam kisaran harga Rp 250 jutaan, pengguna dapat memilih satu dari 2 varian dari Toyota itulah Toyota Vios 5 kursi dan Toyota Avanza 7 kursi . Itulah keunggulan yang membuat mereknya bisa pesaing dengan kompetitornya.

Gambar menunjukkan mobil yang bisa Anda membeli dengan dana Rp 250 jutaan

Rp 250 jutaan lebih baik membeli Toyota Vios 5 kursi atau Toyota Avanza 7 kursi? 

Lini mobil Vios 5 kursi ini sangat populer dan sangat dicintai di pasar otomotif Indonesia. Namun dengan kemunculan Toyota Avanza 7 kursi jadi konsumen lebih bingung dalam ketentuannya. Jadi antara 2 model ini, pilih mana yang bagus? Nah bersama Hargatoyota.com kita bandingkannya biar keluarkan review terbaik. 

Harga Vios dan Avanza

Vios 5 kursi harganya berapa, apakah ada perbedaan dibandingkan dengan Avanza 7 kursi? Secara keseluruhan, Toyota Vios 5 kursi dan Avanza 7 kursi dari merek Toyota ini memiliki kisaran harga yang sama. Sebagai berikut:

  • Harga Toyota Vios 5 kursi:  Rp. 254.100.000 - Rp. 283.300.000
  • Harga Toyota Avanza 7 kursi: Rp. 187.600.000 - Rp. 216.500.000

Secara obyektif, model 7-seater Toyota juga lebih murah. Toyota Avanza menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari kendaraan transportasi murah. Sedangkan Vios adalah pilihan optimal bagi keluarga kecil atau yang mencari kendaraan pribadi dengan kriteria elegan dan tampan.

Gambar menunjukkan tampilan dari mobil Toyota Vios

Mobil Toyota Vios 5 kursi memiliki harga lumayan tinggi

>>> Dapatkan harga Toyota Avanza terbaru di sini

Mesin dari Toyota Vios 5 kursi dan Toyota Avanza 7 kursi

Banyak orang yang meragukan bahwa mobil 7 kursi yang dijual dengan harga Rp 250 jutaan pasti tidak akan bisa berinvestasi terlalu baik. Jadi apa kebenarannya? Mari kita bandingkan 2 versi dengan harga yang sama, merek yang sama.

Tentang mesin

Toyota Vios 5 kursi dilengkapi mesin 2NR - FE 1.5L. Tenaga maksimum 107 tenaga kuda, torsi maksimum 140 Nm. Opsional 2 jenis transmisi termasuk transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis CVT stepless. Pengemudi secara jelas dapat merasakan kelancaran dan keaslian saat berkendara.

Toyota Avanza memiliki mesin yang sedikit lebih rendah dalam hal parameter dibandingkan dengan Vios 5 kursi. Model mesin  bensin ini memiliki 2 versi, 1.3 MT dan 1.5 AT. Versi 1.3 MT berkapasitas maksimum 94 tenaga kuda dan torsi 102 tenaga kuda. Versi 1.5 AT berkapasitas 121 tenaga kuda dan torsi 136 Nm. Dua transmisi opsional adalah otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan. Saat perpindahan gigi cukup menyentak.

Gambar sebuah mobil berwarna silver sedang berjalan di jalan

Toyota Vios 5 kursi punya mesin lebih bagus dibandingkan dengan mobil 7 kursi walau harganya hampir sama

Sistem rem

  • Vios 5 kursi memakai rem cakram, suspensi depan/belakang torsion beam seperti model sedan biasa.
  • Avanza menggunakan rem cakram jenis cakram pendingin/tromol. Suspensi depan / belakang Macpherson / kemampuan multi-link bereaksi cukup cepat.

Konsumsi bahan bakar

  • Vios 5 kursi mempunyai konsumsi bahan bakar 4.85 - 5.92 - 7.74(L/100km), sesuaikan dengan jenis jalan: bermacam jenis jalan - luar kota - dalam kota.
  • Avanza mengonsumsi 5,82 - 6,87 - 8,67 (L/100km), sesuai dengan jenis jalan berikut: bermacam jalan - luar kota - dalam kota untuk jarak 100 km.

Sistem keamanan

Kedua model ini dilengkapi dengan sistem keamanan standar. Namun, Vios didukung dengan gaya pengereman darurat BA, keseimbangan elektronik VSC, 7 airbag dan beberapa fitur keselamatan lainnya. Dan Avanza belum dibekali fitur tersebut dan hanya memiliki 2 airbag saja.

Gambar sebuah mobil Toyota Avanza berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Tampilan Toyota Avanza 7 kursi

>>> Mengenal Perbedaan Tune Up Dan Servis Berkala & Biaya Tune Up Toyota Avanza

Bandingkan tentang eksterior- interior

Dicintai oleh masyarakat Indonesia karena desainnya yang indah, Vios selalu sangat kompetitif di pasar otomotif Tanah Air. Lalu bagaimana dengan Avanza 7 kursi?

Eksterior

Vios selalu diprioritas memilih karena tampilannya yang mewah, baru dan menarik. Dimensi panjang, lebar, dan tinggi masing-masing adalah 4425 x 1730 x 1475 mm, membawakan kenyamanan bagi penggunanya.

Avanza memiliki tampilan yang relatif agresif. Walau desain 7 kursi, ukurannya lebih rendah dari Vios dengan dimensi yang sesuai 4190 x 1660 x 1695 mm. Inilah kekurangan dari mobil baru ini karena membuat penumpangnya merasa cukup sesak saat duduk di dalam.

Interior

Toyota Vios 5 kursi: karena mempunyai wheelbase yang bagus jadi ruang kabin luas. Interior ditutupi dengan felt-upholstered, setir berlapis perak yang mewah. Fitur hiburan yang bagus, cerdas dan modern.

Toyota Avanza 7 kursi memiliki spasi yang tidak begitu luas, interior masih dibalut dengan felt dan basic entertainment system, manual air conditioner. Pada dasarnya, Vios masih "lebih baik" daripada Avanza 7 kursi dalam hal utilitas internal.

Gambar menunjukkan tampilan interior dari Toyota Vios

Interior Toyota Vios 5 kursi

Dapat  terlihat bahwa dari segala aspek, Toyota Vios 5 kursi lebih unggul dibandingkan Avanza 7 kursi. Meski demikian, Avanza tetap memiliki keunggulan tersendiri, terutama mampu menampung jumlah orang yang lebih banyak dibandingkan Vios dan harga juga adalah salah satu hal yang layak ditimbang. Sedangkan untuk memilih sedan yang bagus dan mewah untuk keluarga, Vios akan menjadi saran yang tepat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Doris Elisa
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International