Proses Balik Nama Mobil Dan Biayanya di indonesia

16/05/2022

Selain menyiapkan dokumen lengkap proses balik nama mobil atau mutasi memerlukan biaya tidak sedikit, baik dilakukan sendiri maupun menggunakan jasa orang lain.

Memiliki mobil atas nama orang lain tidak dilarang sepanjang ada kesepakatan. Hanya saja hal itu berpotensi memunculkan masalah dan ketidaknyamanan. Selain itu legalitas kepemilikan juga tidak sekuat jika memiliki mobil atas nama sendiri. Dengan pertimbangan tersebut balik nama penting dilakukan.
 
Proses balik nama mobil merupakan serangkaian aktivitas yang harus dilakukan hingga mobil beralih atas nama dan alamat sendiri. Prosesnya bisa dilakukan sendiri maupun menggunakan jasa orang lain. Untuk pilihan kedua ini memerlukan biaya tambahan berupa ongkos jasa.

I. Proses Balik Nama Mobil Tidak Rumit

Proses Balik Nama Mobil Dan Biayanya di indonesia
Selesai membeli mobil bekas, segera lakukan balik nama

Perlu diketahui bahwa proses balik nama mobil atau mutasi tidak rumit. Hanya butuh upaya dan kesabaran karena waktu yang diperlukan tidak cukup satu dua hari, dari proses balik nama STNK lebih dahulu, lalu proses balik nama BPKB setelahnya.
 
Langkah yang harus ditempuh juga berbeda antara mutasi se-daerah (satu wilayah Samsat) dengan mutasi antar daerah (beda wilayah Samsat). Berikut proses balik nama mobil secara lebih detail.

II. Syarat Balik Nama Mobil

Tahap pertama adalah mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, yaitu:

  1. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB),
  2. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK),
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atas nama pemilik baru
  4. Bukti transaksi an bukti pembayaran bermaterai (nota / kwitansi / faktur / sejenisnya).

 

Seluruh berkas di atas disiapkan dalam bentuk asli dan fotocopy, lalu ditempatkan dalam satu wadah. Bila semua sudah siap, dilanjutkan pada tahapan berikutnya.

III. Balik Nama STNK

Sebelum balik nama BPKB terlebih dahulu dilakukan balik nama STNK. Prosedur ini dimulai dari Samsat tempat STNK diterbitkan.

  1. Datang ke Samsat tempat STNK diterbitkan,
  2. Lakukan cek fisik mobil meliputi cek nomor mesin dan nomor rangka,
  3. Serahkan bukti cek fisik yang berupa stiker khusus ke petugas di loket mutasi untuk diperiksa dan dilegalisir.
  4. Setelah dinyatakan lengkap, seluruh berkas bakal diserahkan kembali. Lalu petugas akan mengarahkan ke loket fiskal.
  5. Serahkan berkas ke petugas di loket fiskal untuk dilakukan pemeriksaan data pajak dan yang lain. Tunggu sampai nama dipanggil.
  6. Anda akan diarahkan ke kasir untuk melakukan pembayaran administrasi serta pajak (bila belum terbayar).
  7. Setelah semua beres, pindah ke loket mutasi. Lakukan pendaftaran mutasi dengan mengisi formulir yang telah disediakan.
  8. Serahkan semua berkas ke petugas untuk diperiksa. Setelah dinyatakan lengkap, Anda akan kembali diarahkan ke kasir untuk membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) pendaftaran mutasi.
  9. Petugas akan memberikan tanda terima yang akan digunakan pada saat pengambilan berkas. Adakalanya berkas bisa ditunggu hari itu juga, tapi adakalanya dijadwalkan pada hari yang berbeda.
  10. Di hari yang telah dijadwalkan, datang ke Samsat untuk mengambil berkas. Serahkan tanda terima yang telah diberikan sebelumnya, lalu tunggu sampai dipanggil petugas.
  11. Setelah berkas bisa diambil, prosedur berikutnya adalah pembuatan STNK baru atas nama sendiri.

Siapkan dokumen yang dibutuhkan saat ingin balik nama kendaraan bermotor
Siapkan dokumen yang dibutuhkan saat ingin balik nama kendaraan bermotor

IV. Pembuatan STNK Baru

  1. Datang ke Samsat wilayah yang dituju.
  2. Lakukan cek fisik mobil seperti cek nomor mesin dan nomor rangka.
  3. Serahkan bukti cek fisik berupa stiker khusus ke petugas untuk dilegalisir.
  4. Setelahnya, serahkan bukti cek fisik dan seluruh berkas ke petugas di loket mutasi. Petugas akan melakukan pemeriksaan.
  5. Bila dinyatakan lengkap, petugas bakal menyerahkan BPKB asli dan mengarahkan ke loket fiskal untuk membayar biaya penerbitan STNK baru.
  6. Setelah pembayaran beres, Anda akan diberi tanda terima yang akan digunakan pada saat pengambilan STNK baru. Seperti di atas, adakalanya STNK baru ini bisa ditunggu hari itu juga, adakalanya dijadwalkan pada hari yang berbeda. Ikuti saja sesuai arahan!
  7. Di hari yang telah dijadwalkan, datang ke Samsat untuk mengambil STNK baru. Serahkan tanda terima yang telah diberikan sebelumnya, lalu tunggu sampai dipanggil petugas.
  8. Setelah STNK baru diserahkan, proses berikutnya adalah mutasi atau balik nama BPKB.

V. Pembuatan BPKB Baru

Proses balik nama mobil dilanjutkan dengan pembuatan BPKB baru. Setelah menerima STNK baru, datangi loket Ditlantas bagian pelayanan BPKB.

  1. Serahkan seluruh berkas-berkas berupa BPKB asli dan fotocopy, STNK baru asli dan fotocopy, KTP asli dan fotocopy, fotokopi hasil cek fisik yang telah dilegalisir, dan fotokopi bukti jual beli.
  2. Anda akan diarahkan ke kasir untuk membayar biaya penerbitan BPKB balik nama atau ganti kepemilikan.
  3. Setelahnya petugas akan memberikan tanda terima yang akan digunakan pada saat pengambilan BPKB.
  4. Di hari yang telah dijadwalkan, datang kembali untuk mengambil BPKB. Serahkan tanda terima yang telah diberikan sebelumnya, lalu tunggu antrean.
  5. Anda dipanggil dan petugas akan menyerahkan BPKB yang sudah dibalik nama.

Dengan Anda menerima kembali BPKB, maka seluruh rangkaian proses balik nama mobil dinyatakan selesai. Lantas, berapa yang harus dikeluarkan untuk biaya mutasi dan balik nama mobil ini?

VI. Biaya Balik Nama Mobil

Proses mutasi dimulai dari mutasi STNKProses mutasi dimulai dari mutasi STNK

Kaitannya dengan proses balik nama mobil, berapa biaya yang harus dikeluarkan? Biaya balik nama mobil mencapai lebih dari satu juta rupiah, dihitung dari proses yaitu balik nama STNK hingga selesai. Rinciannya sebagai berikut:
 

  1. Biaya pendaftaran, sekitar Rp 75 ribu sampai Rp 100 ribu tergantung kebijakan masing-masing Samsat.
  2. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), yaitu 1% dari harga beli mobil.
  3. Administrasi STNK, sekitar Rp 50 ribuan.
  4. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sesuai yang tertera di lembar STNK.
  5. Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp 143.000.
  6. Biaya penerbitan STNK, TNKB, BPKB, dan Surat Mutasi. Secara rinci untuk biaya penerbitan STNK adalah Rp 200.000, TNKB Rp 100.000, BPKB Rp 375.000, dan Surat Mutasi Rp 250.000. Total biaya penerbitan yaitu Rp 925.000.

Jika ditotal jumlah biaya balik nama mobil mencapai lebih dari Rp 2,5 juta. Bahkan bisa lebih jika ditambahkan dengan biaya lain yang kecil-kecil, misalnya parkir, fotokopi, materai, dan lain-lain. Atau jika menggunakan jasa orang lain tambah lagi buat biaya jasa.

 

VI. FAQ "Proses balik nama mobil"

1. Berapa lama proses balik nama BPKB mobil?
Sekitar satu minggu hingga satu bulan 

2. Langkah Langkah BBN mobil?
Persiapkan dokumen - balik nama STNK – balik nama BPKB

3. Berapa biaya balik nama STNK dan BPKB?
Total sekitar Rp 2,5 juta
 

Fatchur Sag
 

Mungkin Anda ingin baca

International