Power Mode Di Toyota Bikin Boros BBM? Apa Iya?

15/04/2019

Apa benar Power Mode di Toyota bikin boros BBM? Kami mencoba membuktikannya dengan melakukan serangkaian pengetesan.

Pabrikan menyediakan mode berkendara pada produk andalannya tentu saja untuk dapat dipergunakan dengan optimum. Dengan adanya pilihan mode berkendara pada mobil, Anda dapat dengan mudah untuk mengatur gaya berkendara pada mobil Anda. Anda hanya tinggal perlu menekan tombol saja untuk mengubahnya. Lantas apakah berkendara dengan Power Mode di Toyota akan membuat konsumsi BBM menjadi boros? 

>>> Nih, cara mudah mematikan airbag penumpang depan Toyota Kijang Innova Reborn

Tampak tombol pengatur mode berkendara

Apakah mode power lantas membuat konsumsi BBM menjadi rakus? Kami membuktikannya

Untuk membuktikannya kami melakukan serangkaian pengetesan. Sebuah Toyota Kijang Innova Reborn tipe 2.0 V  2016 bertransmisi manual kami jadikan kelinci percobaan. Kami mencoba berjalan dengan mode normal sejauh 50 kilometer. Konsumsi BBM dalam kota didapat pada angka 9,4 kilometer per liter. Lantas mode berkendara kami pindahkan ke mode eco dan kami jalankan mobil kami, dengan jarak dan gaya berkendara yang sama konsumsi bahan bakarnya sedikit membaik dengan mencatat 9,8 kilometer per liter.

>>> Begini cara mengoptimalkan audio Toyota Kijang Innova Reborn via remote

Tampak tuas transmisi Toyota Kijang Innova 2.0 V M/T 2016

Rev matching saat pindah gigi juga sangat menentukan kehematan konsumsi BBM mobil Anda

The moment of truth pun kami lakukan, dengan memilih power mode. Kami jalankan mobil milik kami ini dengan rute yang sama, mengarungi kepadatan dalam kota. Kecepatan rata-rata saat itu kami prediksi sekitar 21 kilometer per jam. Ternyata konsumsi bahan bakar yang diperoleh memang lebih boros di MID (Multi Information Display) yaitu sekitar 9,5 kilometer per liter. Kesimpulannya, power mode di Toyota bikin boros BBM adalah salah. Karena, itu semua kembali kepada 'kaki' pengemudinya.

>>> Mungkin Anda tertarik, inilah daftar Harga Mobil Toyota terbaru yang ditawarkan oleh Cintamobil.com

Tampak Emblem Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 V

Toyota Kijang Innova yang kami gunakan terbukti tetap hemat saat menggunakan mode power sekalipun

Lagipula, mode berkendara hanya mengatur perintah ke ECU untuk membuat respon pedal gas lebih responsif, dan memerintahkan injektor untuk segera menyemprotkan bahan bakar ketika pergerakan throttle position sensor lebih dari 25%. Jadi, semua tergantung dari cara mengemudinya. Jika Anda mengemudi eco driving dengan power mode sekalipun, maka konsumsi BBM akan tetap irit.

>>> Jangan lupa tips terlengkap dari konsultan mobil hanya di situs HargaToyota.com

Arfian Alamsyah
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Lelah Dipakai Mudik, Yuk Periksa Kaki-Kaki Mobil Di Bengkel Resmi

    Lelah Dipakai Mudik, Yuk Periksa Kaki-Kaki Mobil Di Bengkel Resmi

    Fatchur Sag

    Sudah lelah dipakai menempuh jarak jauh selama masa mudik, ada baiknya Anda memeriksakan mobil kesayangan di bengkel resmi (beres) untuk memastikan kondisi kendaraan masih oke, terutama bagian kaki-kaki mobil karena telah banyak menanggung beban.

  • Bisa Saja, Begini Cara Mematikan Alarm Toyota Calya Tanpa Remote

    Bisa Saja, Begini Cara Mematikan Alarm Toyota Calya Tanpa Remote

    Abdul

    Mobil di jaman sekarang sudah dibekali dengan beragam fitur canggih dan mumpuni, baik itu dari segi keselamatan maupun keamanan. Pada mobil Toyota Calya telah diberikan alarm dan juga kunci remote untuk memudahkan pengendara dalam mengoperasikan kendaraan dan juga menjaga keamanannya. Namun apakah bisa mematikan alarm Toyota Calya tanpa remote?

  • Ban Mobil Pecah Di Jalan, Ini Yang Harus Dilakukan!

    Ban Mobil Pecah Di Jalan, Ini Yang Harus Dilakukan!

    Abdul

    Ban mobil menjadi salah satu komponen terpenting pada kendaraan. Fungsinya sendiri membuat laju mobil bisa terjadi karena bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Salah satu resiko yang bisa terjadi di jalan adalah ban mobil pecah.