Pintu Mobil Sulit Ditutup, Ini Penyebab Dan Cara Mencegahnya

08/11/2018

Pintu mobil merupakan salah satu bagian yang merupakan jalan masuk atau keluar menuju dalam kabin. Apabila kondisinya tidak baik tentu akan mengurangi kenyamanan saat masuk atau keluar mobil. Salah satu hal yang sering dialami karena usianya sudah cukup lama yaitu lebih 5 tahun adalah pintu mobil sulit ditutup.

Pada saat usia kendaraan melebihi 5 tahun memang kadang ada masalah pada pintu. Meskipun hal ini tidak berlaku pada semua kendaraan, karena kadang ada yang masih bagus meskipun usianya lebih dari 5 tahun. Pintu mobil sulit ditutup berarti ada masalah, meskipun dalam menutupnya telah menggunakan cara keras seperti dibanting namun tetap tidak rapat.

“Beberapa kasus yang kami tangani menunjukkan pintu seolah mental saat pengguna mobil menutupnya. Bahkan tak jarang pintu kembali kendur beberapa saat setelah ditutup,” ujar Astamaji, spesialis pintu keliling yang beroperasi di kawasan jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Pihaknya menambahkan, bahwasanya saat ada gejala pada pintu mobil yang sulit ketika ditutup namun tidak segera dilakukan perbaikan dapat merambat ke bagian daun pintu. Jika sudah begitu maka hasilnya adalah rangkaian yang terdapat di dalamnya menjadi kendur. Oleh sebab itu apabila ada masalah atau gejala meskipun sedikit segera dilakukan pemeriksaan.

“Jadi biaya yang harus dikeluarkan pun bertambah banyak karena proses perbaikan juga semakin sulit,” kata dia.

Berikut ini merupakan penyebab pintu mobil sulit ditutup dan juga langkah untuk mengatasinya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

1. Doorlock atau pengait pintu mobil

Bagian ini mempunyai fungsi penting pada pintu mobil, yang mana tugasnya adalah setelah pintu mobil ditutup dengan cara hentakan maka akan sesaat mengait jangkar dari daun pintu. Oleh sebab itu apabila hentakan yang dilakukan terlalu keras dapat membuat door lock cepat aus meskipun umurnya baru 2 atau 3 tahunan.

“Akibat hentakan yang keras itu, doorlock cepat aus. Meskipun mobil masih tergolong relatif baru dengan usia tiga atau empat tahun,” kata Aji.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang door lock pada pintu mobil

Jika menutup pintu terlalu keras dapat membuat door lock cepat aus

Selain itu, air yang masuk ke bagian ini juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Sebagai contoh saat mencuci mobil dengan tekanan air cukup tinggi, ditambah lagi pintu mobil tidak tertutup rapat sehingga berakibat air masuk menuju door lock. Jika sudah begitu maka pintu mobil akan terasa seret saat akan ditutup setelah air yang masuk mengering.

Untuk mengatasi masalah pada door lock ini adalah dengan memperhatikan saat menutup pintu, jangan sampai terlalu keras. Selanjutnya menghindari air masuk ke bagian door lock dan yang terakhir adalah memberikan pelumas secara berkala.

>>> Baca juga, Penting, Merawat Hidrolik Pintu Bagasi Mobil Sangat Diperlukan

2. Engsel pintu telah turun

Penyebab pintu mobil sulit ditutup selanjutnya adalah engsel pintu telah turun. Umumnya masalah ini terjadi karena usia pemakaiannya yang telah habis atau bisa juga perlakuan pemilik yang kurang  tepat. Jadi walaupun usia mobil masih tergolong muda, akan tetapi pemilik kerap membiarkan pintu terbuka sehingga daun pintu menggantung yang membuat posisi engsel menjadi turun seiring berjalannya waktu.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kunci ditempelkan pada baut engsel pintu mobil

Engsel pintu mobil bisa saja turun saat pintu mobil terbuka cukup lama dan terlalu sering

Jadi walaupun hanya sedikit seperti seperempat atau setengah milimeter, namun jika terlalu sering dapat berakibat pergeseran engsel lama-kelamaan akan bertambah juga. “Engsel bergeser setengah milimeter saja, sudah berpengaruh terhadap kesempurnaan penutupan pintu,” kata Aji.

Untuk langkah pencegahan bisa dilakukan dengan tidak menggantung daun pintu dalam waktu yang cukup lama dan terlalu sering. Tidak hanya itu, pemilik juga perlu memberi pelumas pada engsel pintu supaya tetap bekerja dengan maksimal. Menghindari rembesan air masuk ke bagian engsel pintu juga perlu diperhatikan.

>>> Lihat juga, Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Mengenai Pintu Bagasi Mobil

3. Karet pintu

Umumnya bagian karet pintu beresiko mengeras akibat usia pemakaiannya yang telah habis. Namun ternyata tidak hanya itu, apabila posisi karet berubah bisa menyebabkan masalah seperti pintu mobil sulit ditutup.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang karet pintu pada mobil warna merah

Karet pintu mobil bisa saja mengeras seiring pemakaian

“Karet yang bergeser atau penggantian karet dengan ketebalan yang tidak tepat juga menjadi penyebab pintu sulit ditutup,” kata Aji.

Sebagai langkah pencegahan dapat melakukan pengecekan serta perawatan secara berkala dengan baik. Apabila telah aus segera dilakukan penggantian, pilih karet yang mempunyai kualitas paling baik. Meskipun harganya lebih mahal namun biasanya mempunyai usia pakai lebih lama.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ketahui Mesin Diesel Common Rail Pada Toyota Hilux, Bagaimana Cara Kerjanya?

    Ketahui Mesin Diesel Common Rail Pada Toyota Hilux, Bagaimana Cara Kerjanya?

    Abdul

    Sekarang sudah masuk zaman modern, yang mana teknologi semakin canggih. Begitupun pada mobil yang telah dilengkapi fitur dan mesin modern yang membuatnya bekerja lebih maksimal. Salah satunya adalah mesin diesel common rail pada Toyota Hilux.

  • Ingin Membeli Mobil Toyota Fortuner Bekas, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Kecewa

    Ingin Membeli Mobil Toyota Fortuner Bekas, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Kecewa

    Abdul

    Fortuner merupakan salah satu mobil besutan Toyota yang masuk dalam segmen SUV. Tampilannya yang tangguh dan gagah membuatnya digemari banyak orang. Apalagi mobil pada segmen tersebut sudah terkenal akan kehandalannya dalam melintasi jalanan segala medan. Nah bagi sobat yang mau membeli mobil Toyota Fortuner bekas, sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Beberapa Penyakit Yang Dapat Mengganggu Ketika Mengemudi Perlu Diwaspadai

    Beberapa Penyakit Yang Dapat Mengganggu Ketika Mengemudi Perlu Diwaspadai

    Abdul

    Mengemudi mobil diharapkan dalam kondisi fit supaya perjalanan tetap aman dan nyaman. Bahkan jika sedang terkena penyakit sangat tidak disarankan untuk mengemudi. Apalagi bagi orang yang punya penyakit kambuhan, tentunya lebih baik mencari sopir demi keamanan. Lantas apa saja penyakit yang dapat mengganggu ketika mengemudi?