Pilihan Mobil Toyota Irit Bahan Bakar Dapat Dijadikan Andalan

06/09/2021

Mobil Toyota irit bahan bakar bisa dijadikan pilihan ketika berniat membeli mobil. Jaringan dealer dan bengkel resminya juga telah tersebar di Indonesia sehingga tidak perlu khawatir soal perawatannya. Nama Toyota sendiri sudah terpercaya di hati masyarakat Indonesia, apalagi untuk Toyota Avanza yang kerap disebut sebagai mobil sejuta umat.

Saat seseorang ingin membeli mobil salah satu yang kerap jadi pertimbangan adalah konsumsi bahan  bakar. Hal tersebut disebabkan ada hubungannya dengan pengeluaran harian ataupun bulanan ketika mobil digunakan berkendara. Sobat bisa memilih mobil Toyota irit bahan bakar, karena terdapat beberapa pilihan.

Mobil Toyota Irit Bahan Bakar

Berikut ini merupakan beberapa mobil Toyota yang mempunyai konsumsi bahan bakar yang hemat.

1. Toyota Rush

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Rush tampak bagian depan dan belakang

Mobil SUV tangguh dan gagah siap memuaskan para pemiliknya

Toyota Rush mempunyai mesin yang memiliki kode 2NR-VE dengan katup variable Dual VVT-i. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mesin adalah 102 Hp dengan torsi maksimal 136 NM. Penggunaan teknologi tersebut bahan bakar yang dikonsumsi lebih baik dan tenaganya juga merata.

Torsi dan tenaga disalurkan ke bagian roda belakang yang menjadikan mobil besutan Toyota ini memiliki ketangguhan dalam melintasi jalanan. Hanya saja dengan sistem penggerak tersebut terdapat power losses lebih besar bila dibandingkan dengan sistem penggerak roda depan. Hal tersebut dikarenakan perlu melewati gardan terlebih dahulu sebelum sampai ke roda.

Adapun konsumsi bahan bakar Toyota Rush disebutkan dalam mode eco driving bisa mencapai 20,5 km/liter dan rute kombinasi mencapai 12,1 km/liter. Agar penggunaan tetap hemat bisa memanfaatkan fitur eco indicator yang ditunjukkan di layar MID.

>>> Mau cara instan agar Toyota Rush lawas Anda punya bantingan suspensi nyaman? Ikuti trik ini

2. Toyota Raize

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Raize 1.0 Turbo tampak sisi depan

Mesin kecil dengan turbo yang membuat penasaran saat pertama diluncurkan

Mobil Toyota Raize menggunakan mesin 1,0L turbo dan 1.2 L. Untuk konsumsi bahan bakar yang dimiliki pada mesin 1.0L turbo mencapai 5,6 liter/100 km. Jika angka tersebut dikonversikan dalam per liter maka berada di angka kisaran 17,8-18 km/liter.

Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh mesin adalah 96,6 Hp dan torsi puncaknya adalah 140 Nm. Berkaitan dengan hal tersebut dari pihak Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT TAM (Toyota Astra Motor menyebutkan bahwa prediksinya bisa lebih dari 1:15 km/liter untuk penggunaan bahan bakar Raize dengan mesin 1.0L turbo.

>>> Baca Juga, Mengetahui Fitur Keselamatan TSS Pada Toyota Raize Dan Tugasnya

3. Toyota Calya

Gambar ini menunjukkan Toyota Calya tampak depan

MPV yang bisa dijadikan pilihan untuk Sobat dan keluarga

Calya menggunakan mesin 3NR-FE 4 silinder yang memiliki kapasitas 1.197cc. Dimana mesin tersebut dipadukan dengan teknologi Dual VVT-i sehingga bisa mencapai tenaga maksimal sebesar 86,7 Hp dan torsi nya 107,8 Nm. Transmisinya mengandalkan otomatis 4 speed dan manual 5 speed bisa dipilih sesuai selera.

Pengujian yang telah dilakukan beberapa orang menunjukkan bahwa konsumsi BBMnya 13,5 km/liter pada rute kombinasi. Untuk angka tersebut didapatkan dengan dilakukan pengetesan yang menggunakan perbedaan tingkat kecepatan dan jaraknya adalah 400 km.

Pada transmisi matic, Toyota Calya bisa mencapai 13,9 km untuk penggunaan 1 liter bahan bakar.  Ternyata untuk transmisi manual konsumsi bahan bakarnya juga sama yaitu 13,9 km untuk penggunaan 1 liter bahan bakar. Namun pada pengetesan rute kombinasi yang berjarak 40 km dengan penggunaan mode Eco Driving bisa  mencapai 25 km/ liter. Untuk kecepatan maksimal yang digunakan adalah 100 km/jam.

>>> Baca Juga, Solusi Pedal Kopling Toyota Calya Berat,Bisa Pakai Tambahan Alat Ini

4. Toyota Sienta

Gambar ini menunjukkan Toyota Sienta kuning  tampak depan

Desain menarik dan siap menemani aktivitas sehari-hari

Mobil besutan Toyota satu ini menggunakan mesin 2NR-FE 4 cylinder In-Line 16 katup DOHC. Teknologi yang diberikan adalah Dual VVT-i dengan kapasitas mesinnya yaitu 1.497 cc. Menggunakan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 105 Hp dan torsi maksimalnya 140 Nm.

Pada rute dalam kota penggunaan bahan bakarnya adalah 14,5 km/liter. Sementara untuk penggunaan di jalan tol, bahan bakar yang digunakan bisa mencapai 17,5 km /liter.

>>> Inilah beberapa kelebihan Toyota Sienta dibandingkan dengan pesaingnya 

5. Toyota Avanza

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza tampak sisi depan

Mobil sejuta umat yang banyak dipilih semua kalangan

Pilihan mobil Toyota irit bahan bakar yang terakhir adalah mobil sejuta umat yang sudah dikenal banyak kalangan. Ya benar Toyota Avanza, mesin yang digunakan ada dua pilihan. Yang pertama berkapasitas 1.329 cc dengan 4 silinder berpadu teknologi dual VVT-i. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan adalah 95,1 hp dan torsi puncaknya mencapai 12,3 Nm.

Mesin yang kedua berkapasitas 1.496 cc dengan 4 silinder berpadu teknologi VVT-i yang bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 102 Hp. Berhubungan dengan konsumsi BBM nya sebenarnya perbedaan tidak terlalu jauh.

Seperti yang beredar di pasaran, data terkait penggunaan BBM nya adalah 8 km/liter hingga 10 km/liter untuk penggunaan dalam kota pada mesin 1.3L. Sementara pada rute luar kota dapat mencapai 13-15 km/liter. Kemudian pada mesin 1.5L bisa  mencapai 17-18 km/liter pada penggunaan luar kota dan 8,9-11,8 km/liter pada penggunaan dalam kota.

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

International