Perlukah Mengganti Oli Mesin Mobil Saat Ada Maklumat Tetap Di Rumah Aja

08/04/2020

Pemerintah memberikan anjuran untuk tetap di rumah saja guna mencegah penyebaran virus corona. Jika begitu maka secara otomatis mobil akan tetap berhenti di garasi rumah. Yang jadi pertanyaan adalah perlukah mengganti oli mesin mobil Toyota saat mobil berdiam di garansi?

Meskipun anjuran di rumah saja sudah diungkapkan oleh pihak pemerintahan, namun ada saja yang tetap melakukan aktivitas. Hal tersebut terbilang cukup lumrah, karena sifat orang berbeda-beda. Namun yang kita bahas kali ini yang memang tetap berada di rumah mengikuti anjuran yang diberikan. Jika begitu, perlukan mengganti oli mesin mobil Toyota ketika mobil berhenti beberapa hari.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan membawa derijen  mengisi mesin mobil

Lakukan pengisian oli mesin sesuai rekomendasi pabrikan

>>> Inilah Teknik Toyota Agar Oli TMO Tidak Dipalsukan

Walaupun begitu, ternyata penggantian oli perlu dilakukan sesuai rekomendasi. Jadi apabila memang sudah waktunya maka perlu dilakukan penggantian. Untuk lebih jelasnya berikut ini informasinya mengenai oli mesin mobil.

Alasan Harus Mengganti Oli Mesin Mobil Toyota

Dari pihak Toyota telah menetapkan untuk pemilik mobil melakukan penggantian oli setiap 6 bulan sekali atau sekitar 10.000 km. Tinggal mana yang dapat dicapai lebih dahulu. Hal tersebut perlu diperhatikan, mengingat tugas oli yang sangat penting dan bekerja pada seluruh bagian pada mesin mobil yang bergesekan dan juga menghasilkan panas.

Meskipun perlahan namun pasti, oli yang terus bekerja akan menjadikan struktur senyawa kimia oli mengalami perubahan. Seiring pemakaian bisa menjadikan kemampuannya menurun dalam menjalankan tugasnya. Bahkan terdapat efek buruk jika sampai telat mengganti oli yakni performa mesin akan mengalami penurunan seperti mesin mudah panas, tenaga loyo dan BBM lebih boros  akibat oli mesin yang sudah tidak bekerja dengan maksimal.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan membuka tutup pembuangan oli

Penggantian oli menggunakan oli sesuai standar yang bisa dilihat di buku panduan pemilik

>>> Baca Juga, Ketahui 5 Jenis Oli Pada Mobil Toyota Yang Perlu Diperhatikan

Jika pelumasan tidak maksimal maka gesekan antar komponen akan mengalami peningkatan dan residu yang ditinggalkan cukup banyak. Apabila dibiarkan saja maka kinerja mesin mobil Toyota jadi terhambat dan komponen pada mesin mengalami kerusakan.

Mobil Diam Di Garasi Rumah

Ketika sedang lama di rumah bukan berarti tidak mengganti oli mesin mobil Toyota. Jadi terdapat resiko apabila oli mesin didiamkan saja dan tidak melakukan penggantian ketika sudah waktunya. Senyawa kimia yang terdapat pada oli mesin akan berubah, namun hal tersebut wajar karena terjadi proses oksidasi secara alami. Bahkan proses oksidasi tersebut bisa beresiko menimbulkan karat di bagian ruang mesin mobil.

Oleh sebab itulah meskipun mobil didiamkan di garasi rumah namun tetap disarankan melakukan pemanasan mesin setiap seminggu 2 kali. Tujuannya adalah agar komponen di dalam mesin tetap terlumasi oleh oli. Apalagi untuk proses oksidasi dapat membuat kandungan air meningkat pada oli mesin dengan level yang tidak diharapkan. Jadi pada saat mesin dinyalakan maka air juga ikut bercampur dengan oli sehingga kemampuan dari oli mesin mengalami penurunan.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota tampak bagian belakang

Mobil berdiam di garasi rumah, manfaatkan Toyota Home Service untuk servis di rumah

Ditambah lagi risiko lainnya yakni karat yang juga ikut terbawa oleh air menuju ke bagian sistem distribusi oli. Jika sudah begitu tinggal menunggu waktu saja hingga akhirnya mesin bermasalah saat akan digunakan.

Jadi penggantian oli dilakukan seperti saran pabrikan yakni setiap 6 bulan sekali atau setiap sudah menempuh jarak 10.000 km. Untuk itu tinggal Sobat menghitung waktu saja kapan terakhir mengganti. Jika sudah saatnya maka mengganti oli mesin mobil Toyota perlu dilakukan. Apabila tidak bisa keluar rumah tenang saja, karena pihak Toyota memiliki layanan Toyota Home Service yakni mekanik yang datang ke rumah.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca