Perhatikan, Mobil Bermesin Diesel Sebaiknya Tak Langsung Dimatikan

12/03/2019

Tangan biasanya otomatis mematikan mesin mobil saat sudah benar-benar berhenti di tempat parkir. Untuk mobil bermesin diesel sebaiknya cara ini tidak dilakukan. Menurut bengkel resmi cara ini akan menimbulkan dampak kurang baik pada mobil.

Foto tombol Start Stop pada mobil Toyota

Menghidupkan dan mematikan mesin mobil ada caranya sendiri

Soal mematikan mesin pada mobil bermesin diesel ketika mobil diparkir dan sudah benar-benar berhenti memang masih simpang siur. Ada yang menganggap kurang baik jika langsung dimatikan, ada pula yang langsung mematikan begitu saja dan tak terlalu mempermasalahkan. Bagaimana menurut bengkel resmi yang notabene sebagai ahli?

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna sebagaimana dikutip dari Auto2000 (3/3/2019), sebaiknya pengemudi tidak langsung mematikan mesin mobil saat mobil diparkir baik itu mobil bermesin bensin maupun mobil bermesin diesel. Tapi tunggu sekitar 20-30 detik agar sirkulasi pelumas, pendingin, dan lainnya normal kembali. "Apalagi mesin diesel yang mengadopsi turbo, kalau langsung mematikan mesin dikhawatirkan akan terjadi keausan, sehingga performa mesin menjadi tidak maksimal lagi nantinya," tutur Suparna.

>>> Ketahui Mesin Diesel Common Rail Pada Toyota Hilux, Bagaimana Cara Kerjanya?

Foto mesin diesel Toyota Kijang Innova

Toyota punya banyak model mobil bermesin diesel

Seperti diketahui Toyota memiliki banyak sekali varian mobil bermesin diesel yang dijual di Indonesia seperti Land Cruiser, Kijang Innova, Venturer, Fortuner, Hi-Lux, dan Hi Ace. Menurut Suparna, tidak ada perlakukan khusus untuk mobil-mobil tersebut selain mendiamkan sesaat sebelum mematikan mesin dan menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrik.

“Hanya itu perlakuan yang harus lebih diperhatikan oleh pengguna mobil Toyota bermesin diesel. Selebihnya tidak ada, selain memperhatikan juga penggunaan bahan bakar diesel yang sesuai rekomendasi pabrikan,” jelasnya.

Untuk hal-hal lain terkait permasalahan yang mungkin timbul pada mobil bermesin diesel, Suparna menyarankan untuk menyerahkan ke bengkel resmi agar mendapatkan penanganan yang tepat dari para teknisi yang ahli seputar mesin diesel.

>>> Penyebab Immobilizer Tidak Bekerja dan Cara Mengatasinya

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca