Perhatikan, Memasang Roof Rack Dan Roof Box Di Atap Mobil Ada Aturannya

12/06/2019

Membawa barang bawaan saat bepergian menggunakan mobil merupakan salah satu hal yang wajib bagi sebagian orang. Dalam hal ini tidak peduli liburan, mudik atau berkunjung ke rumah teman atau saudara. Bagi pemilik mobil dengan kabin yang lapang atau hanya diisi beberapa orang sebenarnya tidak masalah. Akan tetapi kalau hanya mempunyai mobil kecil atau penumpang penuh maka memasang roof rack dan roof box di atap mobil menjadi solusinya.

Tidak dipungkiri lagi kebutuhan di tempat tujuan tidak bisa diprediksi, sehingga persiapan kerap dilakukan dengan membawa barang bawaan yang tidaklah sedikit. Banyak pemilik yang memasang roof rack dan roof box di atap mobil untuk membuat kabin mobil lebih nyaman. Namun tahukah sobat, bahwa terdapat aturan dalam pemasangannya supaya bisa lebih nyaman dan juga aman.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil yang sudah dipasangi dengan roof box

Solusi terbaik barang bawaan agar tidak memenuhi kabin adalah di atap mobil

>>> Baca Juga, Melihat Kecelakaan Motor Saat Mengemudi, Lanjut atau Berhenti?

Sebelumnya akan kami berikan terlebih dahulu pengertian dari roof rack. Jadi untuk bagian ini merupakan dek tambahan yang letaknya di atas kendaraan yang menjadi penyangga agar barang bawaan dapat diletakkan di atap mobil. Sedangkan untuk roof box merupakan sebuah kompartemen penyimpanan tambahan yang peletakannya di atas roof rack. Alhasil barang bawaan yang dibawa dapat dimasukkan ke roof box dan tidak menyita kapasitas bagasi mobil.

Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua jenis kendaraan bisa dikondisikan dalam melakukan pemasangan kedua komponen di atas. Adapun yang ideal untuk dilakukan pemasangan adalah jenis mobil yang sudah dilengkapi roof rail standar bawaan pabrikan.

Jadi untuk memasang roof rack dan roof box di atap mobil diperlukan roof rail agar maksimal dan bisa terkondisi. Untuk roof rail sendiri merupakan sebuah dudukan  yang membujur dan menjadi tempat untuk dipasangi  roof rack yang nantinya sebagai tempat barang bawaan.

>>> Review mobil Toyota terlengkap dan terupdate hanya ada di sini

Gambar ini menunjukkan Roof Box warna hitam dengan desain menarik

Roof box memiliki desain yang aerodinamis

>>> Lihat Juga, Ini Dia Caranya Merawat Panel Interior Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

Akan tetapi untuk lebih amannya maka diperlukan pemasangan roof box yang telah terikat dengan roof rack sehingga potensi bahaya seperti terlepas ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Bentuk dari roof box sendiri terbilang aerodinamis sehingga tidak terlalu membebani laju kendaraan dan bentuknya juga sporty.

Pada mobil Toyota bisa memasang roof rack dan roof box jenis MPV atau pun SUV seperti Toyota Innova dan juga Rush. Hal tersebut dikarenakan telah dibekali dengan fitur roof rail. Banyak sekali produk aftermarket yang dijual dipasaran dengan harga berbeda. Sehingga pemilik harus bijak dalam memberi keputusan dan memilih yang benar-benar berkualitas.

Adapun faktor utama yang perlu didahulukan adalah keselamatan dan keamanan berkendara. Pertimbangkan juga kekuatan dari atap mobil serta desainnya agar tidak merusak serta mengganggu perjalanan dan tetap fungsional.

Perhatian selanjutnya adalah dalam hal posisi, karena jika terlalu tinggi dalam mengoreksi center of gravity yang menjadikan kestabilan mobil tereduksi, terutama saat melintasi tikungan dalam kecepatan tinggi. Untuk yang paling aman biasanya adalah dengan memasang roof rack yang telah dilengkapi dengan roof rail bawaan. Hal tersebut dikarenakan dari pihak produsen sudak melakukan perhitungan dalam hal teknis dan juga keamanannya.

>>> Simak juga harga mobil-mobil Toyota menarik lainnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil yang telah dilengkapi dengan roof rack

Roof rack dan roof box dipadukan dengan roof rail

Meskipun begitu terdapat batasan beban yang dapat dibawa oleh roof rail dan pemilik tidak dapat memaksakan untuk membawa barang terlalu banyak. Kalau ragu bisa berdiskusi dengan pihak tenaga service advisor di bengkel resmi Toyota mengenai hal tersebut.

Yang terakhir adalah saat ingin memasang roof rack dan roof box di atap mobil sebaiknya memilih yang berkualitas paling baik. Tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan saat berada di jalan.

>>> Simak juga tips otomotif dari Konsultan Mobil hanya di situs HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Fatchur Sag

    Mobil sport dua pintu Toyota Supra generasi terbaru rupanya akan segera hadir dan meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Meskipun informasi dan harga masih belum terungkap, namun TAM sudah benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya seiring dengan sudah terdaftarnya mobil tersebut di Permendagri dan informasi resmi Samsat DKI Jakarta sejak awal 2019.

  • Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Fatchur Sag

    Menjual mobil bekas menjadi alternatif bagi pemilik mobil yang sudah tidak ingin menggunakan mobilnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menyebabkan pemilik menjual mobilnya ke pihak lain. Namun sebagian pemilik mobil masih bingung harus menjual mobilnya ke mana. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak pilihan tempat menjual mobil, baik di diler mobil bekas, jejaring sosial, dan penjualan online.

  • Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Arfian Alamsyah

    Untuk memperbesar ruang bagasi mobil dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa menambah roof box, hingga melipat bangku. Salah satunya yang paling mudah dilakukan adalah melipat bangku baris ketiga New Toyota Avanza ini. Ini dia caranya