Perhatikan Masalah Ganti Wiper Mobil Yang Perlu Diketahui

25/09/2018

Di beberapa tempat sudah diguyur hujan, di Indonesia memasuki musim penghujan. Meskipun belum merata namun persiapan sudah bisa dilakukan. Seperti memeriksa keadaan ban, apakah masih bagus atau tidak. Selain itu memeriksa wiper juga penting, mengingat tugasnya yang penting untuk menjaga visibilitas pengendara terhadap jalan. Lantas kapan waktu ganti wiper Mobil? apakah saat masuk musim hujan?

Pada saat musim hujan memang wiper memiliki tugas penting. Meskipun begitu tidak harus ganti wiper Mobil, karena belum tentu kondisinya jelek. Oleh sebab itu melakukan pengecekan terbilang cukup penting.

Untuk masalah waktu ganti wiper Mobil, sebaiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu. Supaya dapat diketahui kondisinya dan tentukan apakah perlu mengganti atau tidak.

 1. Bunyi decitan muncul pada wiper

Mungkin beberapa pemilik kendaraan pernah mengalami wiper berbunyi berdecit saat dinyalakan. Hal tersebut bisa saja ada masalah pada karet wiper.

Gambar ini menunjukkan kaca depan Mobil dan terlihat wiper di sana

Bunyi wiper yang berdecit saat bekerja bisa jadi kurang perawatan

“Kemungkinan karetnya sudah getas, sehingga kinerjanya sudah nggak bagus. Bisa juga kaca mobil kotor atau berjamur. Wiper yang bagus posisinya lurus, kalau dilihat melengkung maka harus diganti,” ucap Dhaniar Nursetyo Harmono selaku Coordinator Technical Area Auto2000 Permata Hijau, Jakbar.

2. Mengganti karet saja atau satu paket

Setelah diketahui kondisinya ternyata terdapat masalah, maka selanjutnya apakah ganti wiper Mobil atau karetnya saja. Dari pihak Dhaniar menuturkan bahwa hal tersebut tergantung dari kondisinya. Seperti yang diketahui, bahwa dipasaran juga ada yang menjual karetnya saja.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang karet wiper yang mengelupas

Dalam pergantian wiper bisa dilakukan hanya pada karetnya saja

“Tergantung kondisinya. Dipasaran memang ada yang menjual karetnya saja. Jadi tergantung kebutuhan. Penggantian karetnya saja, memang lebih efisien dari segi harga,” kata Dhaniar.

Namun tentu hal tersebut perlu memperhatikan ukuran bilah wiper. Karena saat kepanjangan maka perlu dilakukan pemotongan. Apabila tidak pas dan dipaksakan dapat mengalami masalah saat penggunaannya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

3. Pengaruh wiper diangkat setelah mencuci

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya mengenai masalah wiper yang diangkat setelah mencuci. Kenapa harus melakukannya? Ternyata hal tersebut berguna untuk membantu pengeringan. Ditambah lagi saat menempel pada kaca dalam kondisi basah, saat mengering karet akan menempel kaca dan debu yang menempel.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang wiper Mobil dan dibuatnya berdiri

Dengan mengangkat wiper setelah mencuci menghindari debu ddan kotoran yang menempel

“Kalau habis dicuci terus angkat wiper, tidak berpengaruh apapun. Kecuali ketika mobil parkir di bawah terik matahari, untuk menghindari debu yang menempel, maka wiper boleh diangkat,” terangnya.

>>> Lihat juga, Pentingkah Mengangkat Wiper Mobil Toyota Saat Parkir?

4. Wiper berminyak saat dipakai

Pada saat wiper digunakan bisa saja timbul minyak, hal tersebut memang cukup mengganggu. Apa penyebab masalah tersebut? “Rasanya kalau disebabkan oleh wiper tidak mungkin. Besar kemungkinan disebabkan oleh kaca mobil yang kusam. Bisa juga karena obat salon mobil yang tidak cocok, sehingga menimbulkan efek berminyak. Karet wiper tidak mengeluarkan minyak walau getas sekalipun,” ujarnya lagi.

Gambar ini menunjukkan wiper Mobil sedang bekerja membersihkan kotoran pada kaca depan Mobil

Kaca Mobil berminyak bisa dikarenakan obat untuk kaca tidak cocok

Tidak hanya itu, ternyata Mobil yang jarang dicuci menggunakan sabun juga beresiko berminyak. Hal tersebut bisa dikarenakan oleh asap knalpot kendaraan atau uap aspal yang terkena kaca Mobil.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

5. Usia pemakaian karet wiper

Setiap komponen mempunyai usia pakai sendiri-sendiri, begitu juga wiper. Setelah itu ganti wiper Mobil diperlukan supaya dapat kembali bekerja dengan maksimal. Lantas sebenarnya berapa lama usia pakai wiper?

Gambar ini menunjukkan wiper Mobil bekerja mengusap kaca dpean Mobil yang basah

Umur wiper Mobil tergantung pemakaian dan perawatannya

“Secara reguler, tak ada batasan usia pakai wiper. Namun sebaiknya setiap 10 ribu km periksa kondisinya. Kalau karetnya mengindikasikan getas sebaiknya diganti. Jadi patokannya bukan berdasarkan usia, tetapi kondisi kelainannya,” beber Dhaniar.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masalah waktu ganti wiper Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Makin Asyik, Ini Dia Fitur Toyota Voxy Buat Perjalanan Tambah Nyaman

    Makin Asyik, Ini Dia Fitur Toyota Voxy Buat Perjalanan Tambah Nyaman

    Abdul

    Perjalanan ke suatu tempat biasanya mementingkan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Dalam hal ini didukung oleh beragam fitur di dalam kendaraan. Semakin kesini fitur pada mobil telah menggunakan teknologi canggih dan modern. Salah satu kendaraan yang aman dan nyaman untuk dibuat bepergian adalah Voxy. Fitur Toyota Voxy cukup mumpuni sehingga perjalanan akan semakin asyik.

  • Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Ukuran Ban Toyota Avanza

    Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Ukuran Ban Toyota Avanza

    Franky Pratama

    Tips memilih ukuran ban Toyota Avanza berikut ini, lebih ditujukan pada mereka yang ingin memodifikasi bannya. Dalam artian, ingin mengganti dengan ukuran di luar versi pabrikan. Untuk selengkapnya, mari kita simak tips memilih ukuran ban Toyota Avanza.

  • Tips Memilih Lampu HID Mobil Toyota Yang Benar Dan Sesuai Kebutuhan

    Tips Memilih Lampu HID Mobil Toyota Yang Benar Dan Sesuai Kebutuhan

    Franky Pratama

    Merasa lampu kurang terang dan ingin ganti dengan yang baru? Maka tepatlah artikel kali ini yang membahas lengkap terkait tips memilih lampu HID mobil Toyota yang benar.