Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Toyota Yaris Bekas

30/12/2018

Mobil bekas menjadi salah satu alternatif dari masyarakat untuk bisa mendapatkan kendaraan idaman dengan lebih cepat. Hal tersebut sangatlah disarankan jika keuangan bulanannya tidak pasti. Jadi sobat menabung terlebih dahulu sampai cukup untuk membeli Toyota Yaris bekas. Namun jika keuangan bulanan lancar maka bisa membeli baru dengan sistem kredit, tapi harus menyiapkan DPnya terlebih dahulu.

Toyota Yaris dihadirkan di Indonesia sejak tahun 2005 dan menjadi salah satu mobil yang banyak dicari oleh masyarakat. Dengan menggunakan desain bodi yang sporty dan mengandalkan teknologi VVT-I menjadikannya dapat melaju dengan maksimal dan irit bahan bakar. Untuk membeli Toyota Yaris bekas  seseorang harus menyiapkan dana sekitar Rp. 90 juta sampai Rp. 100 jutaan.

Apabila berniat membeli mobil bekas Toyota Yaris keluaran tahun 2015 maka dana yang harus dipersiapkan mulai Rp. 100 juta sampai Rp. 150 jutaan. Akan tetapi bukan hanya dana saja yang perlu persiapan, beberapa hal lain juga harus diperhatikan supaya tidak ada kekecewaan di kemudian hari.

Berikut ini merupakan beberapa tips sebelum membeli Toyota Yaris bekas yang bisa dijadikan referensi buat sobat otomotif semua.

1. Mencari Informasi Mobil Bekas

Gambar ini menunjukkan website hargatoyota.com yang memberikan informasi mobil bekas dijual

Sobat bisa mencari mobil bekas Toyota Yaris di Hargatoyota.com

Setelah dana terkumpul untuk membeli mobil bekas selanjutnya adalah mencari informasi dimana bisa mendapatkan Toyota Yaris bekas. Mungkin di jaman dahulu hal tersebut cukup sulit, karena harus mengunjungi showroom mobil bekas yang masih sedikit, melihat iklan di koran atau mencari ke penjualnya langsung dengan bertanya pada teman. Untuk bisa mendapatkan informasi saja membutuhkan waktu berhari-hari.

Sangat berbeda dengan jaman sekarang yang semuanya sudah dipermudah. Sobat bisa mencari di internet melalui website jual beli ataupun media sosial. Jadi caranya tinggal memasukkan keyword Toyota Yaris tahun 2015, maka sudah ada banyak pilihan dengan beragam harga yang ditawarkan. Bahkan untuk showroom mobil bekas saja sudah tersebar di banyak daerah. Tinggal sobat mau memilih yang mana untuk bisa mendapatkan mobil Yaris idaman.

>>> Baca Juga, Ternyata Memberi Pelumas Karet Support Toyota Yaris Itu Penting!

2. Menentukan Penjual

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Yaris warna putih tampak dari samping kanan

Jangan terburu-buru, cari penjual yang memberikan informasi secara lengkap

Setelah mencari ke iklan koran, internet, media sosial ataupun showroom mobil bekas maka sobat akan dihadapkan dengan banyak pilihan. Dalam hal ini saatnya sobat menentukan penjual mana yang akan didatangi. Untuk memilih penjual mobil Toyota Yaris jangan sembarangan, pilih profil yang lengkap dan memberikan informasi mobil secara lengkap dan rinci. Apabila penjelasannya tidak jelas maka lebih baik mencari yang lain.

Tidak hanya itu saja, sobat juga bisa melihat komentar yang ada pada website atau media sosial mengenai penjual mobil yang diincar. Untuk memutuskan mana yang akan didatangi lebih disarankan mulai yang terdekat terlebih dahulu. Bahkan kalau bisa membeli Toyota Yaris milik teman atau saudara sehingga akan terhindar resiko penipuan yang kadang terjadi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

3. Mendatangi Penjual Dan Melakukan Test Drive

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan bersalaman dan menyerahkan kunci mobil

Pastikan mobil bekas benar-benar dalam kondisi yang baik dan sesuai selera

Setelah menentukan beberapa penjual untuk membeli Toyota Yaris bekas, maka selanjutnya adalah mendatanginya atau membuat janji untuk bertemu. Lakukan satu demi satu penjual untuk bisa mendapatkan yang benar-benar berkualitas baik. Dalam hal ini sangat diharapkan mengetahui seluk beluk kendaraan, jika tidak maka disarankan mengajak teman, saudara atau mekanik terpercaya. Dengan begitu akan diketahui kondisi sebenarnya dari Toyota Yaris apakah masih bagus atau ada kerusakan yang butuh biaya mahal saat diperbaiki.

Lakukan pengecekan mulai eksterior, interior dan mesinnya. Jika dirasa semuanya aman dan masih bagus maka jangan melupakan untuk test drive. Hal ini sangat penting karena bisa merasakan langsung kenyamanan mobil yang akan dibeli. Bahkan bisa saja kerusakan yang belum diketahui saat pengecekan sebelumnya dapat terasa saat test drive.

>>> Lihat Juga, Melirik Fitur Keselamatan Toyota Yaris Terbaru Yang Lebih Lengkap

4. Periksa Kelengkapan Dokumen

Gambar ini menunjukkan dokumen kelengkapan mobil berupa BPKB dan STNK

Pastikan juga dokumen kendaraan masih berlaku dan tidak mati pajak

Setelah semuanya dirasa baik dan kondisi mobil bekas masih bagus, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memeriksa dokumen. Pastikan semuanya lengkap seperti STNK dan juga BPKB. Lakukan pengecekan antara nomor pada STNK dan BPKB dengan mobil yang dijual. Jangan sampai ada perbedaan nomor rangka, mesin antara mobil dengan dokumennya. Karena hal tersebut akan merugikan  calon pembeli.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli Toyota Yaris bekas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Mencari tahu mengapa Toyota Yaris E 2013 dalam kondisi bekas masih layak dibeli, klik video berikutnya

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Franky Pratama

    Dewasa ini, plat nomor mobil atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) bukan saja sebagai identitas kendaraan namun juga mampu menyiratkan kesuksesan dari pemiliknya. Ya, memang seperti itu kenyataannya. Di Indonesia misalnya, kita mengenalnya dengan sebutan ‘plat nomor cantik’ yang notabene harus membutuhkan biaya tambahan daripada plat nomor pada umumnya. Ingin tahu tarifnya? Berikut biaya memasang plat nomor cantik

  • Ini Dia Caranya Memahami Kode Aki Mobil Toyota Anda

    Ini Dia Caranya Memahami Kode Aki Mobil Toyota Anda

    Hafizh

    Dengan memahami kode tertera di aki mobil, membuat Anda lebih bisa merawat sekaligus menjaga usia aki mobil lebih lama.

  • Lampu LED Toyota Avanza 2019 Cepat Rusak, Mitos atau Fakta?

    Lampu LED Toyota Avanza 2019 Cepat Rusak, Mitos atau Fakta?

    Padli Nurdin

    Toyota Avanza 2019 akhirnya mendapatkan lampu LED baru. Namun mitos yang berkembang saat ini menyebutkan bahwa lampu berjenis LED memiliki usia pakai yang lebih sedikit. Benarkah demikian?