Performa Toyota Calya tetap Terjaga Dengan Beberapa Langkah Mudah

04/12/2018

Kebanyakan masyarakat di Indonesia banyak yang melakukan pertimbangan ketika ingin membeli sebuah kendaraan, salah satunya masalah bahan bakar. Adapun mobil yang mempunyai konsumsi bahan bakar lebih irit adalah dalam segmen LCGC. Memang pada segmen ini sudah terkenal, ditambah lagi harganya relatif lebih terjangkau, Toyota Calya misalnya. Akan tetapi menjaga performa Toyota Calya juga diperlukan, supaya dapat bekerja dengan baik dan maksimal.

Beberapa fitur keamanan yang disematkan seperti Dual SRS Airbag yang terdapat pada bagian depan untuk pengemudi dan penumpang depan. Selain itu terdapat pula 3 point seatbelt pada setiap kursi, jadi baik pengemudi atau penumpang akan terasa terlindungi saat berada di dalam mobil. Begitu juga untuk performa Toyota Calya yang sudah tidak diragukan lagi.

Gambar ini menunjukkan Mobil Toyota Calya warna merah melaju di jalan dan terdapat beberapa mobil di belakangnya

Toyota Calya mobil irit bahan bakar dengan fitur yang mumpuni

Bagi sobat yang mencari kendaraan dengan desain modern bisa memilih mobil ini. Begitu juga dengan bagian interiornya yang telah diberikan konsep floating central dashboard dan juga multi-layer cockpit. Bahkan Toyota Calya ini merupakan pertama di kelasnya yang telah diberikan kursi depan yang menggunakan armrest serta power outlet yang lokasinya berada di bagian tengah. Fungsinya adalah untuk mengisi daya baterai pada ponsel atau gadget. Jadi saat berada di dalam mobil tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai.

Dengan adanya fitur di dalam kendaraan yang mendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara yang mumpuni, tentunya perlu juga dilakukan perawatan. Tujuannya adalah supaya performa Toyota Calya tetap terjaga dan mobil dalam kondisi baik dan sehat. Dalam melakukan perawatan juga tidak perlu biaya mahal, karena untuk caranya sendiri cukup mudah.

Dalam menjaga kondisi mesin kendaraan dapat dilakukan dengan melakukan penggantian oli secara berkala. Selain itu jangan lupa untuk melakukan servis di bengkel resmi Toyota, dengan begitu akan diketahui jika ada masalah yang kecil untuk menghindari masalah yang lebih besar.

>>> Baca juga, Daftar Harga Toyota Calya Terupdate dan spesifikasi lengkap

Untuk menjaga performa mobil selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan air radiator, jangan sampai kehabisan. Hal tersebut dikarenakan fungsi radiator yang penting yakni mendinginkan suhu mesin mobil. Jika radiator tidak bekerja dengan baik, maka mesin bisa cepat mengalami kerusakan. Gunakan air khusus radiator untuk kinerja yang lebih maksimal.

Gambar ini menunjukkan 2 buah mobil sedang di servis di bengkel resmi Toyota dan terdapat beberapa mekanik di bawahnya

Lakukan servis secara berkala di bengkel resmi agar kondisinya tetap prima

>>> Mungkin tertarik, Cara Mengatasi Remote Toyota Calya Yang Tidak berfungsi

Selanjutnya dalam menjaga performa Toyota Calya adalah dengan melakukan pembersihan pada bagian filter udara. Apalagi pada kendaraan yang sering digunakan sehari-hari, tentunya hal ini harus benar-benar diperhatikan. Apabila filter dalam kondisi kotor beresiko mesin susah saat distarter.

Jangan lupa pula membersihkan bagian bawah kendaraan atau kolong mobil. Saat musim penghujan bagian ini sering sekali kotor saat diajak menempuh perjalanan. Sebaiknya semprot bagian ini dan seluruh eksterior mobil supaya tetap terjaga kebersihan dan keawetannya.

Ketika musim penghujan, perawatan harus lebih sering dilakukan. Mengingat kandungan asam yang terdapat pada air hujan dapat merusak cat bodi mobil. Jadi setelah  menempuh perjalanan dan kehujanan bisa melakukan pencucian mobil. Namun apabila tidak bisa melakukannya, sebaiknya melakukan penyemprotan dengan air bersih setelah sampai tujuan. Dengan begitu air hujan tidak mengering pada bagian-bagian mobil dan kekusaman akan dapat dihindarkan.

>>> Baca juga, Beberapa Bagian Dan Fitur Di Dalam Toyota Calya Yang Mungkin Belum Anda Tahu

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang busa ditempelkan pada bodi mobil yang berbusa

Pencucian kendaraan membuat tampilan mobil tetap bersih dan terlihat menarik

Pada saat melakukan pencucian mobil sebaiknya menggunakan sabun khusus untuk mobil dan gunakan  kain microfiber. Penggunaan kain microfiber menghindari terjadinya goresan apabila terdapat kotoran debu atau kerikil kecil yang menempel pada bodi. Jangan gunakan kanebo dahulu karena bisa menempel dan beresiko menyebabkan goresan. Apabila tahap pencucian telah selesai, barulah menggunakan kanebo untuk tahap pengeringan.

Itulah beberapa cara mudah dalam menjaga performa Toyota Calya tetap terjaga. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama asal Jepang yang memasarkan produk-produknya di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Pihaknya mengutamakan keselamatan dan keamanan untuk para pemilik mobil Toyota dengan memberikan fitur berteknologi mumpuni. Beberapa teknologi yang berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal adalah VSC dan HSA pada mobil Toyota.

  • Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Abdul

    Berkendara menggunakan mobil tentu menginginkan selamat sampai tujuan tanpa ada masalah. Apalagi kecelakaan yang bisa menimbulkan cedera parah ataupun kematian. Oleh sebab itu dari pihak produsen memberikan fitur SRS Airbag pada Toyota Fortuner. Dengan adanya fitur ini menjadikan pengendara lebih tenang selama perjalanan.

  • Ternyata Memberi Pelumas Karet Support Toyota Yaris Itu Penting!

    Ternyata Memberi Pelumas Karet Support Toyota Yaris Itu Penting!

    Abdul

    Beberapa masalah pada kendaraan tentu ada penyebabnya. Seperti misalnya pada ban kempes, itu bisa disebabkan karena ada kebocoran baik lubang yang kecil atau besar. Bisa juga karena lama tidak digunakan sehingga angin pada ban menjadi hilang sedikit demi sedikit. Seperti halnya pada mobil hatchback satu ini, yang mana karet support Toyota Yaris mengalami masalah.