Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Perlu Diwaspadai

05/10/2020

Pada saat knalpot mobil keluar asap putih dan air maka tidak boleh diabaikan. Hal tersebut dikarenakan untuk mobil normal, asap yang keluar harusnya tidak mempunyai warna. Dengan begitu saat asap berwarna putih maka ada penyebabnya.

Knalpot adalah salah satu bagian kendaraan yang terhubung dengan sistem pembakaran mobil. Bagian ini menjadi tempat keluar gas buang hasil pembakaran. Apabila knalpot mobil keluar asap putih dan air tentunya terdapat penyebab yang harus diperhatikan. Mengingat untuk normalnya asap yang keluar tidak  mempunyai warna.

Akan tetapi berbeda dengan mesin diesel, asap yang keluar umumnya mempunyai warna pekat. Hal tersebut disebabkan oleh bahan bakar yang digunakan yakni solar. Akan tetapi bila bahan bakar kendaraan adalah bensin maka saat keluar asap menjadi salah satu hal yang tidak semestinya dan menjadi tanda ada masalah di bagian mesin mobil.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil tampak belakang dengan knalpot keluar asap putih

Asap putih dari knalpot menandakan ada masalah pada mesin mobil

>>> Baca Juga, Ketahui 5 Jenis Oli Pada Mobil Toyota Yang Perlu Diperhatikan

1. Oli Yang Bocor Ke Bagian Ruang Pembakaran

Pada saat asap keluar dari knalpot dengan warna putih, maka pemilik diharapkan untuk berhati-hati. Karena bisa saja ada masalah pada ruang pembakaran yaitu oli mobil bocor sehingga masuk ke bagian tersebut. Hal inilah yang membuat knalpot mengeluarkan asap berwarna putih.

Bila mengalaminya jangan biarkan terlalu lama, karena bila dibiarkan begitu saja maka volume oli bisa habis. Jika sudah begitu maka resikonya adalah mobil dapat mogok saat berada dalam perjalanan dan perlu dilakukan turun mesin.

Ada beberapa hal yang membuat oli menuju ke ruang bakar yakni silinder mesin aus, klep bocor, gasket bocor atau bisa juga dinding silinder mengalami retakan. Bahkan hal tersebut juga bisa menyebabkan mesin susah dinyalakan saat pagi hari.

2. Air Pendingin Yang Bocor

Kebocoran pada bagian air pendingin bisa disebabkan oleh adanya retakan pada dinding silinder. Jika hal tersebut terjadi maka bisa menimbulkan muncul asap berwarna putih di knalpot mobil. Bahkan kebocoran tersebut juga membuat suhu mesin mengalami kenaikan karena air pendingin berkurang. Tidak hanya itu, saat mesin bertambah panas maka asap putih akan keluar dari knalpot. Jadi saat keluar asap putih segera mobil dibawa ke bengkel.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan knalpot mobil yang keluar asap putih

Penyebab keluar asap putih dari knalpot ada beberap hal

>>>  6 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Wajib Diketahui

4. Ada Sisa Air Pada Knalpot

Selain beberapa hal di atas, penyebab knalpot mobil keluar asap putih dan air adalah terdapat genangan air di bagian knalpot. Jika terjadi maka air bisa menguap dan membentuk asap dengan sedikit memiliki warna putih. Memang kalau masalah ini tidak berlangsung lama, karena saat air di dalam knalpot habis maka akan kembali normal. Namun jangan dibiarkan saja dan knalpot terus kemasukan air karena bisa menjadi penyebab knalpot cepat keropos.

4. Terjadi Pengembunan Pada Gas Buang

Ketika pembakaran yang terjadi lancar dan sempurna  maka masalah asap putih keluar dari knalpot tidak akan terjadi. Pada saat teknologi mengalami kemajuan, campuran bahan bakar dan udara menjadi sesuatu yang penting pada mesin mobil. Alhasil pembakaran yang terjadi lebih sempurna, jika Sobat menemukan air bening yang keluar dari knalpot tanpa asap tidak perlu khawatir. Hal tersebut menandakan bahwa mesin mobil kondisinya masih sangat baik.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang diservis di bengkel

Segera bawa ke bengkel saat ditemukan ada asap putih keluar dari knalpot

Adapun tanda yang perlu diwaspadai adalah knalpot mobil keluar asap putih dan uap air. Jika Sobat mengalaminya segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan dan dilakukan penanganan secepatnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International