Penyebab Keyless Entry Tidak Berfungsi Normal

12/08/2019

Fitur keyless entry pada mobil memberi kemudahan para pengendara untuk masuk dan menghidupkan mesin kendaraan. Namun bukan berarti tanpa kelemahan, karena suatu sebab keyless entry tidak berfungsi dan membuat pengendara repot sendiri. Berikut penyebab keyless entry tidak berfungsi normal!

Keyless entry atau smart key jadi fitur unggulan mobil-mobil terkini. Fitur ini memungkinkan pengedara mengakses interior mobil dan menghidupkan mesin tanpa harus menyentuh anak kunci. Cukup dengan dikantongi lalu menekan tombol start stop engine, mesin mobil bakal menyala. Menyenangkan!

Foto menunjukkan Keyless Entry mobil Toyota

Keyless Entry jadi fitur unggulan mobil-mobil terkini

Keyless entry mobil mengandalkan gelombang radio untuk bisa berfungsi, dengan frekuensi yang berbeda-beda di setiap mobil. Dengan begitu keyless entry tidak bisa digunakan pada mobil yang berbeda karena modul penerimaannya (receiver) juga berbeda. Dan artinya mobil dengan fitur keyless entry memiliki keamanan lebih tinggi dibanding yang lain.

Meski memberi kemudahan bukan berarti keyless entry mobil tanpa kekurangan. Fitur ini bisa sangat merepotkan bagi pengendara saat kehilangan kemampuannya secara tiba-tiba. Berikut penyebab keyless entry tidak berfungsi secara maksimal atau bahkan mati total.

Baterai lemah

Umumnya usia baterai keyless entry mobil sekitar 3 tahun, namun seringkali kurang disadari oleh si pemilik meski tanda-tandanya sudah terlihat seperti lampu indikator yang mulai meredup dan respon melambat dari biasanya.

Solusinya; ganti baterai di bengkel resmi agar keyless entry kembali bekerja normal.

>>> Fitur Keyless Entry Toyota New Veloz 2019, Begini Fungsi Dan Cara Kerjanya!

Gangguan frekuensi

Foto Smart Key Toyota Mirai, mobil listrik andalan Toyota paling digemari

Ada keyless entry, akses kendaraan jadi makin mudah

Karena mengandalkan gelombang radio, keyless entry rentan tidak berfungsi saat berada di lokasi-lokasi tertentu seperti di dekat tower BTS (Base Transceiver Station) provider ponsel, dekat pemancar radio dan yang lain.

Solusinya; buka pintu secara manual menggunakan anak kunci, lalu dekatkan keyless entry mobil ke tombol start/stop engine sambil menginjak pedal rem hingga lampu indikator menjadi hijau. Baru tekan tombol untuk menghidupkan mesin.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Baca review mobil terbaru di sini

Rolling code kadaluarsa

Penyebab keyless entry tidak berfungsi berikutnya seperti dikutip dari Seva yaitu Rolling code kedaluarsa. Rolling Code disebut juga hopping code, Ini merupakan bagian dari smart key yang berfungsi untuk mengirimkan gelombang radio ke tuner mobil. Rolling code punya masa aktif sekitar 5 tahun dan setelahnya kadaluarsa. Tentu saja karena kadaluarsa keyless entry juga tidak bisa mengirim gelombang radio ke tuner.

Solusinya, datang ke bengkel resmi untuk melakukan penggantian rolling code.

>>> Mengenal Manfaat Fitur Smart Key Pada Mobil Toyota Dan Penggunaannya

Terendam air

Foto menunjukkan Smart Key disimpan di kantong celana

Jangan lupa keluarkan keyless entri dari kantong saat di rumah

Yang ini umumnya karena faktor kelalaian. Karena keyless entry hanya dikantongi, pengendara terkadang lupa mengeluarkannya saat sampai di rumah dan langsung merendam celana untuk dicuci. Akibatnya, keyless entry mobil ikut terendam air bersama celana.

Solusinya, pakai kunci darurat yang diberikan diler saat pembelian dan bawa keyles entry ke bengkel resmi untuk ditangani.

Dengan Anda mengetahui penyebab keyless entry tidak berfungsi paling tidak Anda bisa lebih berhati-hati dan tidak panik manakala hal itu terjadi pada Anda.

>>> Dapatkan informasi tips merawat mobil terbaru hanya di HargaToyota.com

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Abdul

    Di Indonesia pasar LSUV (Low Sport Utility Vehicle) sudah dimulai sejak tahun 1980. Hanya saja untuk Toyota Rush dihadirkan pertama kali pada tahun 2006. Sampai saat ini sudah dilakukan beberapa pembaruan sehingga tampil semakin modern dan juga menarik. Lantas apa yang baru pada Toyota Rush 2019?

  • Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Abdul

    Memasuki musim hujan tentu akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada saat kondisi tersebut akan ada potensi yang bisa membahayakan seperti pohon yang tumbang atau objek lain yang ukurannya besar. Apalagi kondisinya dibarengi dengan angin yang kencang, maka resikonya jadi semakin tinggi. Bagi pengendara mobil sebaiknya menghindari pohon tumbang untuk keamanan.

  • Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

    Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

    Franky Pratama

    Melihat penjualan mobil bekas yang kian meningkat, tentu pembaca setia juga harus tahu tips membeli mobil bekas supaya tidak tertipu. Akan dijelaskan banyak hal sehingga Anda tidak salah memilih dan merasa puas merasakannya. Untuk selengkapnya, berikut kita simak tips membeli mobil bekas.