Penyebab Indikator 4WD Toyota Hilux Menyala Berkedip-Kedip

18/11/2018

Setiap kendaraan pastinya pernah menemui masalah dari mulai yang kecil ataupun yang besar. Jika tidak berarti pemilik selalu melakukan perawatan secara rutin dan mengetahui tanda awal kerusakan sehingga dapat segera ditangani. Salah satu masalah yang perlu diperhatikan adalah indikator 4WD Toyota Hilux Menyala Berkedip-kedip.

Jadi masalah yang bisa saja terjadi pada Hilux adalah indikator 4WD yang menyala berkedip-kedip pada saat kunci kontak diposisi ON. Tidak hanya itu saja, kada ketika fungsi 4WDF atau dobel gardan diaktifkan masalah tersebut terjadi. Lantas apa sebenarnya penyebab indikator 4WD Toyota Hilux menyala berkedip-kedip. Mari kita simak ulasannya.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Hilux warna putih terlihat bagian depan

Lampu indikator 4WD menyala berarti menandakan ada masalah pada actuator 4WD atau bagian lainnya

>>> Baca juga, Ketahui Mesin Diesel Common Rail Pada Toyota Hilux, Bagaimana Cara Kerjanya?

Penyebab Indikator 4WD Toyota Hilux Menyala Berkedip-Kedip

Adapun penyebab pertama yang bisa saja terjadi dikarenakan soket actuator 4WD pada Hilux double gardan depan yang tidak terpasang dengan baik. Hal  tersebut bisa saja terjadi akibat telah mengalami kerusakan pada yang diakibatkan oleh benturan pada bagian bawah seperti menabrak batu. Dengan begitu actuator 4WD menjadi rusak dan tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan melakukan penggantian actuator 4WD.

Penyebab selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah terjadi kemacetan pada actuator 4WD yang diakibatkan oleh kebocoran as roda. Untuk penyebab kebocoran as roda bisa dikarenakan oleh oli gardan yang terlalu lama tidak dilakukan penggantian. Jika begitu maka oli gardan depan berubah jenis menjadi seperti lumpur sehingga tidak dapat melumasi gardan depan dengan baik. Akibatnya adalah terjadinya kebocoran pada bagian as roda dan olinya semakin lama akan habis.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

Gambar ini menunjukkan lampu indikator pada dashboard dan terdapat beberapa lampu yang menyala

Jangan lupa perhatikan lampu indikator pada dashboard supaya dapat mengetahui kondisi mobil

Tentunya jika actuator 4WD yang mengalami masalah berakibat indikator 4WD Toyota hilux menyala berkedip-kedip. Perlu dilakukan penanganan supaya dapat kembali bekerja dengan semestinya. Untuk mengatasi masalah tersebut atau memperbaiki actuator 4WD yang bermasalah akibat hal yang telah dijelaskan di atas bisa melihat di bawah ini:

>>> Baca juga, Ingin Membeli Toyota Hilux D-Cab Bekas? Cek Pada Bagian Ini

1. Membersihkan bagian aktuator WD dan daerah sekitarnya dari kotoran dan juga lumpur yang menempel. Karena jika tidak akan menghambat kinerjanya yang membuat indikator 4WD akan berkedip-kedip.

2. Selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada kinerja dari motor DC, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk melakukan pengecekan dapat dilakukan dengan mengaliri arus listrik dengan daya 12 Volt yang dihubungkan langsung dengan terminal motor. Pastikanlah motor dapat berputar dengan baik ketika sedang dialiri arus listrik.

3. Melakukan pengecekan pada bagian gear yang bahannya dari telfon. Untuk caranya bisa menggunakan tangan yakni dengan memutarnya. Pastikan dapat berputar dengan baik dan tidak macet. Karena saat macet menandakan bagian ini sedang mengalami masalah.

4. Melakukan pengecekan dan memastikan bahwa gardan depan bekerja dengan lancar terutama bagian yang didorongnya ke arah kanan dan juga kiri. Bagian ini saat bekerja akan didorong oleh actuator 4WD, oleh sebab itu memastikannya bekerja dengan baik sangatlah penting. Setelah semuanya telah diperiksa dan dilakukan pengecekan saatnya memperbaiki penyebab dari kebocoran yang berasal dari as roda depan.

Gambar ini menunjukkan actuator 4WD pada Mobil toyota dan terlihat beberapa bagian di bawah kendaraan

Actuator 4WD yang bermasalah membuat indikator 4 WD menyala kedip-kedip

Apabila salah satu bagian yang dicek bermasalah, maka bisa jadi itulah yang membuat indikator 4WD Toyota Hilux menyala berkedip-kedip. Namun jika ragu dalam melakukan perbaikan atau pengecekan bisa membawanya ke bengkel resmi Toyota atau ke bengkel terpercaya. Supaya hasil yang didapat lebih maksimal dan meminimalisir adanya kerusakan lain pada mobil kesayangan sobat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International