Penyebab Awal dari Kebakaran Mobil yang Bisa Terjadi (Bagian 2)

09/02/2018

Karena banyaknya komponen listrik dan mesin yang ada pada mobil, bukan tidak mungkin sebuah mobil bisa terbakar. Penyebab kebakaran mobil bisa bermacam-macam, mulai dari kesalahan produksi sampai kesalahan perawatan pengguna mobil itu sendiri.

Sebelumnya kita sudah membahas 5 penyebab kebakaran mobil pada artikel terdahulu. Sekarang, kami akan menjelaskan beberapa penyebab lain yang bisa membuat mobil terbakar secara tiba-tiba.

1. Mesin yang terlalu panas

Mesin yang terlalu panas dan menyebabkan mobil terbakar adalah contoh yang sangat tepat tentang bagaimana satu masalah dapat terjadi pada hal yang lain. Mesin mobil mungkin tidak akan terlalu panas sehingga bisa terbakar dengan sendirinya.

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang terbakar di jalanan

Mesin bisa menjadi penyebab utama kebakaran pada mobil 

Tapi apa yang bisa terjadi, mesin bisa terlalu panas dan membuat cairan internal, seperti oli dan pendingin, naik ke suhu berbahaya dan mulai tumpah dari daerah sirkulasi yang ditentukan. Ketika itu terjadi, mereka menetes, merembes dan melesat ke teluk mesin dan masuk ke sistem pembuangan, mendarat di bagian panas lainnya, di mana mereka dapat dengan mudah terbakar dan menyebar.

2. Cairan tumpah

Rata-rata mobil atau truk memiliki sejumlah cairan yang mudah terbakar dan sangat berbahaya di bawah kap mesin: bensin atau solar, oli mesin, cairan transmisi, cairan power steering, cairan rem dan bahkan pendingin mesin. Semua cairan itu beredar saat mobil menyala, dan semuanya bisa terbakar dengan mudah jika saluran, selang atau waduknya terkena benturan.

Gambar yang menunjukan cairan yang tumpah di jalanan pada sebuah mobil

Banyak cairan pada mobil yang bisa mengakibatkan kebakaran 

3. Kegagalan Sistem Listrik

Baterai standar mobil mampu menyebabkan banyak masalah. Siklus pengisian baterai dapat menyebabkan gas hidrogen dapat meledak pada bagian teluk mesin, dan arus listrik yang disediakan baterai (bersama dengan kabel yang longgar) dapat menghasilkan percikan api yang dapat dengan cepat menyalakan tetesan cairan atau uap yang bocor.

Gambar yang menunjukan seorang mekanik sedang memeriksa baterai mobil

Hati-hati dengan sistem listrik terutama baterai 

Bahaya sistem kelistrikan juga tidak terbatas pada area di bawah kap mobil. Kabel listrik berjalan disepanjang mobil; melalui saluran, masuk ke dalam pintu, di bawah karpet dan melalui kursi elektrik dengan pemanas, hanya untuk memberi nama beberapa tempat di mana kabel menyimpang yang tidak disengaja, bisa menimbulkan malapetaka.

4. Kebocoran Bahan Bakar

Seperti yang telah kita lihat, sejumlah faktor yang menyulitkan dapat menyebabkan kebocoran bahan bakar, tapi sangat sulit karena kebocoran bahan bakar juga bisa timbul dengan sendirinya dan dengan sangat sedikit peringatan. Kebocoran sistem bahan bakar benar-benar berbahaya. Banyak cairan mobil memiliki sifat korosif, beracun dan mudah terbakar, namun bensin termasuk yang terburuk.

Gambar yang enunjukan mobil yang terbakar pada sebuah pom bensin di Brazil

Banyak kebakaran terjadi di pom bensin karena kebocoran bahan bakar 

Bensin pada suhu hanya 45 derajat Fahrenheit (7,2 derajat Celcius) atau diatasnya bisa cepat terbakar akibat percikan api sederhana. Bagaimanapun, itu selalu terjadi di mobil yang sedang melaju. Dan bensin yang mencapai 495 derajat Fahrenheit (257,2 derajat celcius) akan menyala dengan sendirinya.

Sangat mudah untuk melihat bagaimana bahan bakar menetes ke logam panas dan bagian plastik dapat menyebabkan api yang menyebar dengan cepat.

Cara terbaik untuk mengurangi kemungkinan kebakaran sistem bahan bakar adalah memastikan mobil dipelihara dengan benar dan menjauhkannya dari situasi yang telah kita jelaskan. Dan jika Anda pernah mencium bau gas di dalam atau di sekitar mobil Anda, temukan dan perbaiki kebocorannya segera! Hentikan penyebab kebakaran mobil di atas sehingga memberikan perasaan aman bagi Anda dalam megemudi.

Padli Nurdin
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Perhatikan Ini Dulu Sebelum Membeli Mobil Keluarga

    Perhatikan Ini Dulu Sebelum Membeli Mobil Keluarga

    Abdul

    Sebuah keluarga yang mempunyai anggota baru seperti misalnya sang buah hati, membutuhkan tunggangan yang nyaman untuk bepergian. Tujuannya adalah supaya tidak kepanasan ataupun kehujanan dan perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Dalam hal ini Mobil keluarga menjalankan perannya. Banyak sekali kendaraan dengan berbagai merek yang dapat digunakan bepergian bersama keluarga. Oleh sebab itu jika ingin membeli Mobil keluarga, membutuhkan pertimbangan yang matang.

  • Mengenal Jenis Freon AC Mobil Yang Penting pada Sistem Pendinginan Kabin Mobil

    Mengenal Jenis Freon AC Mobil Yang Penting pada Sistem Pendinginan Kabin Mobil

    Abdul

    Mempunyai sebuah kendaraan roda 4 tentunya suatu kebanggaan tersendiri. Dengan begitu saat bepergian bersama keluarga akan lebih menyenangkan. Salah satu pendukung kenyamanan dalam perjalanan adalah AC Mobil, apalagi saat musim panas yang kerap membuat gerah sekujur tubuh. Oleh sebab itu penggunaan AC yang maksimal sangat diperlukan. Dalam hal ini terdapat freon AC Mobil yang juga memiliki peran dalam kinerja sistem pendingin tersebut.

  • Pentingkah Mengangkat Wiper Mobil Toyota Saat Parkir?

    Pentingkah Mengangkat Wiper Mobil Toyota Saat Parkir?

    Abdul

    Kebiasaan mengangkat wiper Mobil saat parkir kerap dilakukan pengendara. Memang hal tersebut kerap ditemukan dan juga tidak dianggap suatu kesalahan. Sebagian orang berpendapat bahwa melakukan hal tersebut tidak memiliki pengaruh apa-apa. Hal itu disebabkan diangkat atau tidak wiper ketika parkir tetap disarankan untuk melakukan pergantian setiap 6 bulan sekali.